fbpx
Pemasaran Konten Startup

Tips Pemasaran Konten yang Efektif untuk Startup Baru

Halo, Alan Lovers! Bikin startup itu memang susah. Awalnya semangat, penuh ide, tapi lama-lama mulai kerasa susahnya gimana caranya bikin orang tahu ada startup kita? Nah, di sinilah pentingnya sebuah content marketing alias pemasaran konten. Bukan cuma sekadar bikin tulisan atau unggah foto saja, tapi gimana caranya bikin orang tuh ngeh sama startup kamu dan akhirnya percaya. Nah, buat kamu yang baru mulai bangun startup, yuk simak tips pemasaran konten berikut ini!

Pemasaran Konten Startup
Pemasaran Konten Startup | Source pict by Unsplash

1. Pahami Siapa Audiensnya

Langkah pertama dan paling penting adalah kenal siapa yang mau kamu ajak ngobrol. Apakah target audiens kamu anak sekolahan? Mahasiswa? Ibu rumah tangga? Bapak-bapak? Pebisnis muda? Setiap rentang umur tertentu punya gaya bicara dan kebutuhan yang beda-beda. Kalau kamu belum tahu, coba ngobrol langsung dengab beberapa orang yang sekiranya cocok jadi target market kamu. Dari sana, kamu bisa mulai memahami konten seperti apa yang mereka cari-cari.

2. Mulai dari Masalah

Banyak startup baru yang langsung banget promosiin produknha. Padahal orang-orang belum tentu peduli karena mereka belum ngerti kenapa produk itu penting. Coba mulai dari masalah dulu. Misalnya nih kamu jual aplikasi keuangan, jangan langsung ngomongin fitur-fiturnya. Coba pikir mengapa aplikasi keuangan itu harus ada? Karena sebagai wadah untuk orang-orang yang tidak bisa mengatur keuangan atau pusing dalam mengatur oengekuaran. Nah, dari masalah itulah aplikasi manajemen keuangan diciptakan. Untuk mempermudah bagi kaum siapapun yang mau belajar manage uang.

3. Konsisten

Kamu enggak harus tiap hari upload konten, tapi coba buat jadwal yang konsisten. Misalnya seminggu dua kali update blog atau tiga kali posting di instagram. Konsistensi itu bikin audiens kamu pelan-pelan sadar akan kehadiran brand kamu. Jangan kaget kalau sepi. Pemasaran konten itu kayak nanem pohon, butuh waktu buat tumbuh.

4. Jangan Takut Eksperimen

Konten itu luas banget bentuknya. Ada artikel blog, video pendek, infografis, podcast, dan lainnya yang bisa banget kamu buat. Coba kamu eksplorasi beberapa bentuk konten dan lihat mana yang paling cocok buat audiens kamu. Jangan takut gagal. Justru dari situ kamu bisa belajar gaya konten ala yang paling efektif buat menyampaikan pesan.

5. Manfaatkan Platform Gratis

Untuk startup yang belum punya budget besar, jangan khawatir. Banyak loh platform yang bisa kamu pakai tanpa bayar. Mulai dari blog gratisan, media sosial, sampai tools desain seperti canva untuk menunjang kebutuhan konten kamu. Kalau orang lain menggunakan tools yang mahal, yang murah juga enggak apa-apa yang penting kamu kreatif menggunakannya.

Pemasaran konten memang bukan cara instan buat dapat pelanggan, tapi kalau dilakukan dengan tepat, efeknya bisa bertahan lama. Apalagi kalau kamu bisa bangun kepercayaan lewat konten yang jujur, bermanfaat, dan konsiten. Kamu bisa banget bikin media sosial kamu sebagai wadah untuk bisnis kamu bisa berkembang.

Buat kamu nih yang lagi cari-cari cara promosi konten media sosial, yuk bisa banget tengok Alan Creative. Di sana terdapat banyak layanan yang bisa banget kamu pilih, dimulai dari pembuatan konten, desain visual, hingga strategi marketingnya. Lengkap, komplit, dan pastinya berkualitas.

Yuk, tunggu apalagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Baca juga: Strategi Digital Marketing Buat UMKM Biar Nggak Kalah Saing!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi dengan Expert Alan Creative biar OMZETmu meroket!!!

Konsultasi sekarang bersama Alan Creative mengenai pembuatan website agar omzetmu meroket.