fbpx
user experience pada e-commerce

Bagaimana Cara Meningkatkan User Experience (UX) Pada E-commerce?

Hi Alan Lovers, pada era digital yang semakin berkembang, e-commerce atau perdagangan elektronik menjadi salah satu sektor bisnis yang semakin diminati. Namun, dengan semakin banyaknya pelaku bisnis yang mengadopsi model bisnis ini, persaingan pun semakin ketat. Oleh karena itu, penting bagi sebuah perusahaan e-commerce untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna pada User Experience (UX) yang optimal.

Faktor UX pada E-Commerce

Dalam menjalankan bisnis e-commerce, faktor User Experience (UX) sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah perusahaan. Faktor-faktor tersebut adalah:

  1. Desain website
    Pengguna akan merasa nyaman saat menggunakan website dengan desain yang bersih, mudah dibaca, dan mudah dipahami.
  2. Kecepatan loading website
    Pengguna cenderung meninggalkan jika website tersebut membutuhkan waktu loading yang lama.
  3. Responsif dan mobile-friendly
    Kebanyakan pengguna e-commerce mengakses website melalui perangkat mobile. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa website mereka responsif dan mobile-friendly agar pengguna dapat dengan mudah mengakses website dari perangkat mobile mereka.
  4. Kemudahan navigasi
    Pengguna harus mudah menemukan produk atau layanan yang mereka cari dengan menggunakan navigasi yang mudah dipahami dan intuitif.
  5. Kualitas konten
    Konten yang informatif dan menarik dapat meningkatkan kepercayaan pengguna pada perusahaan dan produk atau layanan yang mereka tawarkan.
  6. Sistem pembayaran yang mudah
    Pengguna harus mudah memahami proses pembayaran dan percaya bahwa informasi kartu kredit mereka aman saat melakukan pembayaran.

Baca Juga: 5 Cara Optimasi SEO untuk Ecommerce dan Web Bisnis

user experience pada e-commerce
Ilustrasi User Experience pada E-Commerce | Sumber: Unsplash

Tips meningkatkan UX pada E-commerce

  • Menjaga desain yang bersih dan simpel
    Pastikan desain website mereka bersih dan simpel agar mudah dipahami oleh pengguna. Desain yang terlalu ramai atau kompleks dapat mengganggu pengalaman pengguna.
  • Meningkatkan kecepatan loading website
    Kamu bisa melakukan dengan meminimalkan ukuran gambar, mengoptimalkan kode website, dan memanfaatkan teknologi caching.
  • Responsif dan mobile-friendly
    Pastikan bahwa website mereka responsif dan mobile-friendly agar pengguna dapat mengakses website dari perangkat mobile dengan mudah.
  • Memperbaiki sistem navigasi
    Perbaiki sistem navigasi pada website mereka agar pengguna dapat dengan mudah menemukan produk atau layanan yang mereka cari.
  • Menambahkan konten yang berkualitas
    Gunakan konten pada website mereka berkualitas dan relevan dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan.
  • Meningkatkan kemudahan proses pembayaran
    Pilih sistem pembayaran pada website mudah dipahami dan terpercaya. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pengguna pada perusahaan dan meningkatkan konversi penjualan.
  • Memperhatikan customer feedback
    Feedback dari pelanggan dapat memberikan informasi berharga tentang apa yang harus diperbaiki pada website atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Dalam beberapa tahun terakhir, e-commerce telah berkembang dengan sangat pesat. Dalam masa depan, e-commerce akan terus tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, perusahaan e-commerce harus terus berupaya meningkatkan UX mereka untuk memenangkan persaingan pasar yang semakin ketat. Teknologi dan inovasi terbaru dapat membantu perusahaan e-commerce meningkatkan UX mereka secara lebih baik.

Ingin tingkatkan customer feedback yang baik untuk e-commerce kamu? Pastikan dengan menggunakan user experience yang baik. Kamu bisa menggunakan jasa layanan pada Alan Creative. Disini kamu akan mendapatkan website yang mobile-friendly dan desain yang menarik. Jadi tunggu apa lagi? Gunakan kesempatan ini sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Apa Itu Marketing Mix?

Halo, Alan Lovers! Siapa yang mau bangun atau ngembangin bisnis? Kayaknya sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk bangun bisnis ya? Itu pertanda bagus lho,

Larevel vs Codeigniter: Apa Perbedaanya?

Laravel vs Codeigniter: Apa Perbedaanya?

Halo, Alan Lovers! Laravel vs Codeigniter menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Pasalnya, kedua framework tersebut merupakan teknologi yang saat ini sedang populer untuk digunakan.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative