Halo, Alan Lovers! Penting bagi Anda untuk mengetahui karakteristik utama landing page. Dengan begitu, Anda bisa membuat landing page dengan tepat sesuai dengan strategi bisnis yang telah ditentukan.
Secara singkat, landing page merupakan halaman yang pertama kali dilihat oleh pengunjung saat meng-klik sebuah link dari pencarian organik atau berbayar. Biasanya, landing page dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan konversi dari produk yang ditawarkan.
Lantas, seperti apa karakteristik utama landing page? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas ya!
Apa Saja Karakteristik Utama Landing Page?
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah 5 karakteristik utama landing page yang wajib untuk Anda ketahui:
1. Tujuan yang Jelas
Karakteristik yang pertama, setiap landing page harus memiliki tujuan tindakan yang jelas sesuai dengan target yang ingin dicapai. Misalnya, menghasilkan lead, menjual produk, atau bahkan mengunduh konten.
2. Fokus pada Penawaran
Selanjutnya, landing page harus berisi konten yang berfokus pada penawaran khusus ataupun promosi produk yang akan ditawarkan kepada pengunjung.
3. Desain yang Persuasif
Tidak selalu tentang konten, landing page juga harus memiliki desain yang menarik dan mudah dipahami. Selain itu, landing page juga harus dilengkapi dengan gambar atau video yang persuasif.
Baca Juga: Cara Membuat Landing Page di WordPress dengan Mudah
4. Formulir
Berikutnya, landing page biasanya menyertakan formulir yang meminta informasi pengunjung seperti nama, alamat email, atau nomor telepon. Adapun, formulir bisa digunakan untuk mengumpulkan lead atau data pengunjung.
5. CTA (Call-To-Action) yang Jelas
Yang paling penting, landing page harus memiliki CTA yang menonjol dan jelas yang mengarahkan pengunjung ke tindakan yang diinginkan. Sebagai contoh, ‘Daftar Sekarang’ atau ‘Beli Sekarang’.
Tips untuk Membuat Landing Page yang Efektif
Jika telah memahami karakteristiknya, berikut adalah beberapa tips membuat landing page yang efektif:
1. Pahami Target Audiens
Pertama, pahami siapa target audiens Anda. Setelah itu, sesuaikan pesan dan penawaran dengan kebutuhan dan keingingan mereka.
2. Desain yang Menarik
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda harus membuat landing page dengan desain yang menarik serta elemen-elemen yang persuasif.
Baca Juga: 5 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik di 2023
3. Teks yang Meyakinkan
Selain itu, gunakan teks persuasif yang menjelaskan manfaat produk Anda dengan jelas.
4. Sederhana dan Jelas
Tips lainnya, pertahankan landing page agar tetap sederhana agar pengunjung tetap fokus pada tindakan yang diinginkan.
5. Pengujian A/B
Jika perlu, lakukan A/B Testing untuk mengidentifikasi elemen mana yang paling efektif dalam meningkatkan konversi.
6. Optimasi Kecepatan Halaman
Di lain sisi, Anda juga harus memastikan landing page dapat memuat dengan cepat. Hal ini dikarenakan, landing page yang membutuhkan waktu lama untuk memuat bisa membuat pengunjung menunggu, hingga akhirnya mereka menutup landing page tersebut.
Tak hanya itu, landing page juga harus responsif agar dapat diakses dan dilihat dengan baik di berbagai macam perangkat.
Baca Juga: Apa itu WordPress Staging? Pengertian dan Cara Menggunakannya
7. Analisis
Terakhir, Anda juga harus memantau kinerja landing page secara teratur dan melakukan perbaikan berdasarkan data analisis yang didapat.
Kesimpulan
Nah, itu tadi merupakan karakteristik utama landing page serta tips membuatnya. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan landing page sesuai dengan strategi yang tepat untuk meningkatkan konversi penjualan.
Ingin punya landing page tapi gak mau ribet? Serahkan semuanya ke Alan Creative!
Sebagai Software House dan Digital Agency di Jakarta, Alan Creative menyediakan layanan pembuatan website untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Mau yang lebih? Alan Creative punya jaminan support & maintenance berkelanjutan, lho!
Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!