fbpx
OIP (13)

8 Software Pembuat Game Gratis yang Dapat Kalian Gunakan

Halo, Alan Lovers! Industri game terus mengalami perkembangan yang pesat, memikat banyak orang dengan imajinasi dan minat yang sama untuk menciptakan game sendiri. Namun, untuk mengembangkan game seringkali membutuhkan perangkat lunak mahal dan kompleks yang hanya bisa diakses oleh para profesional.

Namun, jangan khawatir! Sekarang ini, terdapat sejumlah software pembuat game gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Melalui software ini, pengguna dengan keterampilan pemrograman yang terbatas dapat mewujudkan imajinasi mereka dalam bentuk game yang interaktif dan menarik.

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan kalian pada 8 software pembuat game gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan karya-karya kreatif Anda sendiri. Software-software ini menyediakan berbagai macam fitur dan alat yang memudahkan proses pembuatan game, serta mendukung pengembang dari berbagai tingkat keahlian.

1.Construct 3

Construct 3 adalah software pengembangan game gratis terbaik yang dapat digunakan jika kalian belum pernah menulis kode sekalipun.

Alat pengembangan game ini sepenuhnya berbasis GUI (Graphical User Interface), yang berarti semuanya dapat dilakukan dengan drag-and-drop. Logika game dan variabel diimplementasikan menggunakan fitur desain yang disediakan oleh software pembuat game itu sendiri.

Keunggulan Construct 3 adalah kemampuannya untuk mengekspor ke puluhan platform dan format yang berbeda, dan kalian tidak perlu mengubah apapun dalam game untuk menyesuaikan berbagai pilihan ini.

Setelah Anda selesai membuat game, kalian dapat mengekspornya ke HTML5, Android, iOS, Windows, Mac, Linux, Xbox One, Microsoft Store, dan masih banyak lagi.

Asset Store

Sebagian besar programmer hanya memiliki kemampuan dasar dalam membuat seni game, musik, atau animasi. Namun, hal itu tidak menjadi masalah dengan Construct 3 karena Anda selalu dapat mencari dan membeli asset yang telah siap digunakan dari Game Developer Asset Store.

Sebagian besar paket asset hanya membutuhkan beberapa dolar atau lebih sedikit, tetapi model-model berkelas profesional bisa mencapai $30 atau lebih. Kalian juga dapat membeli game contoh beserta kode sumbernya, yang dapat membantu dalam mempelajari dan memperoleh tips dan trik baru.

Versi gratis memiliki semua fitur inti, namun dibatasi hingga 25 event, dua layer objek, dua efek khusus, satu jenis font, tanpa fungsionalitas multipemain, hanya dapat mengekspor ke HTML5, dan tidak termasuk izin untuk menjual game.

Lisensi Personal seharga $99/tahun menghilangkan semua batasan tersebut.

Download: Construct 3

2. GameMaker Studio 2

Seperti Construct 3, GameMaker Studio 2 memungkinkan kalian untuk membuat seluruh game hanya dengan antarmuka seret-dan-jatuhkan untuk variabel dan logika game.

Namun, berbeda dengan Construct 3, GameMaker Studio 2 memberikan kekuatan lebih melalui Game Maker Language, yang merupakan bahasa scripting mirip dengan bahasa C dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Ketika kalian telah menyelesaikan game kalian, kalian dapat mengekspornya ke berbagai platform dan format tanpa perlu menyesuaikan kode kalian: Windows, Mac, Linux, HTML5, Android, iOS, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, dan lainnya. Sayangnya, versi gratis tidak memungkinkan ekspor ke platform manapun.

GameMaker Studio 2 adalah versi yang dibuat ulang dari Game Maker: Studio, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1999. Saat ini, software pengembangan game ini merupakan salah satu yang paling populer dan aktif yang tersedia.

Built-in Advanced Features

GameMaker Studio 2 adalah pilihan yang bagus karena mendukung banyak fitur berkualitas yang menunjang pengalaman pengembangan game, seperti kemampuan untuk menambahkan pembelian dalam aplikasi pada game kalian, analitik waktu nyata tentang cara pengguna bermain game kalian, kontrol sumber, jaringan multipemain, dan kemampuan untuk memperluas fungsionalitas melalui ekstensi pihak ketiga. GameMaker Studio 2 juga dilengkapi dengan editor bawaan untuk gambar, animasi, dan shader.

Kalian dapat menggunakan versi gratis secara tidak terbatas, tetapi ada batasan pada tingkat kompleksitas game yang dapat kalian buat. Paket Creator memiliki biaya $39/tahun dan memungkinkan ekspor ke Windows dan Mac.

Download: GameMaker Studio 2

3. Unity

Unity mulai sebagai mesin 3D pada tahun 2005 dan akhirnya menambahkan dukungan 2D resmi pada tahun 2013. Sangat cocok untuk membuat game dengan berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari game 2D kasual untuk perangkat mobile hingga karya grafis yang memukau, ada kemungkinan besar kalian pernah memainkan game yang dibuat dengan Unity.

Desain berbasis komponen Unity bukanlah pencetus desain komponen-entitas, tetapi berperan besar dalam mempopulerkannya. Secara singkat, segala sesuatu dalam game adalah objek, dan kalian dapat melampirkan berbagai komponen ke setiap objek, di mana setiap komponen mengontrol beberapa aspek perilaku dan logika objek.

Untuk memaksimalkan pemrograman Unity, kalian perlu menggunakan bahasa pemrograman C#. Kabar baiknya, Unity begitu banyak digunakan oleh pengembang game hobi maupun veteran, sehingga kalian akan menemukan ribuan tutorial Unity yang bagus di seluruh web untuk membantu kalian memulai.

Asset Store

Ingin memiliki sistem peta mini dalam game kalian? Bagaimana dengan solusi jaringan dengan kualitas komersial? Mungkin kalian membutuhkan model 3D, grafik HUD, dan tekstur lingkungan? Bagaimana dengan sistem dialog untuk RPG petualangan aksi kalian?

Kalian dapat memperoleh semua itu dan lebih banyak lagi di Unity Asset Store, dengan kemungkinan besar ada yang gratis.

Paket Personal benar-benar gratis dan tidak membatasi fitur mesin apa pun, selama kalian menghasilkan pendapatan kurang dari $100.000 per tahun dari game kalian.

Paket Plus diperlukan hingga pendapatan tahunan sebesar $200.000, dan juga membuka “tema gelap” yang diidamkan untuk editor. Setelah itu, kalian akan membutuhkan paket Pro, yang memungkinkan pendapatan tak terbatas.

Download: Unity

4. Godot Engine

Seperti Unity, mesin Godot juga mendukung pembuatan game 2D dan 3D. Aspek 2D pada pembuat game gratis ini dirancang secara hati-hati sejak awal, yang berarti kinerja yang lebih baik, lebih sedikit bug, dan alur kerja yang lebih bersih secara keseluruhan.

Scene Based Design

Pendekatan Godot terhadap arsitektur game adalah unik karena segalanya dibagi menjadi scene—tetapi kemungkinan bukan jenis “scene” yang kalian pikirkan. Dalam Godot, sebuah scene adalah kumpulan elemen seperti sprite, suara, atau skrip.

Kalian dapat menggabungkan beberapa scene menjadi scene yang lebih besar, dan kemudian menggabungkan scene tersebut menjadi scene yang lebih besar lagi. Pendekatan desain hierarkis ini membuatnya sangat mudah untuk tetap terorganisir dan memodifikasi elemen-elemen individual kapan pun kalian mau.

Custom Scripting Language

Godot menggunakan sistem drag-and-drop untuk menjaga elemen-elemen scene, tetapi kalian dapat memperluas setiap elemen tersebut melalui sistem scripting bawaan, yang menggunakan bahasa kustom mirip Python yang disebut GDScript.

Mudah dipelajari dan menyenangkan digunakan, jadi kalian sebaiknya mencobanya bahkan jika kalian tidak memiliki pengalaman pemrograman.

Download: Godot Engine

5. Unreal Engine 5


Unreal Engine 5 dari Epic Games diumumkan pada Juni 2020; tersedia untuk pengembangan akses awal pada Mei 2021, dan versi lengkapnya dirilis pada April 2022.

Dari semua alat dalam daftar ini, Unreal Engine 5 (UE5) adalah yang paling profesional. Engine ini dibuat dari awal oleh para jenius di balik franchise Unreal—orang-orang yang tahu apa yang dibutuhkan dalam sebuah engine kelas atas dan apa yang diperlukan untuk memberikan fitur generasi mendatang. Mereka tahu persis apa yang mereka lakukan.

Salah satu prinsip utama UE5 adalah memungkinkan kalian untuk mengiterasi dan mengembangkan dengan cepat, sehingga kalian mendapatkan fitur-fitur seperti debugging langsung, hot reloading, alur kerja aset yang efisien, pratinjau game instan, serta ratusan aset dan sistem yang disertakan seperti kecerdasan buatan, alat sinematik, efek pascaproses, dan lainnya.

Tidak Perlu Kode

Salah satu poin penjualan unik UE5 adalah sistem Blueprint-nya, yang memungkinkan kalian membuat logika game tanpa perlu menyentuh kode apapun.

Sistem ini cukup canggih sehingga kalian dapat membuat seluruh game, bahkan yang kompleks, tanpa pernah membuka editor sumber. Namun, jika kalian ingin mengkode Blueprint kalian sendiri, kalian juga dapat melakukannya.

Download: Unreal Engine 5

6. Defold

Gunakan editor kode Defold untuk menambahkan logika kustom atau editor visual dan scene untuk menambahkan asset langsung ke dalam game kalian.

Defold menjadi salah satu software pembuat game gratis terbaik memungkinkan ekspor ke berbagai platform. Publikasikan game kalian ke Nintendo Switch, Android, iOS, macOS, Linux, Windows, Steam, HTML5, dan Facebook.

Seperti GameMaker Studio 2, Defold mendukung berbagai fitur canggih tanpa konfigurasi tambahan yang diperlukan.

Mesin ini memiliki dukungan 3D yang sangat baik, tetapi paling dioptimalkan untuk pembuatan 2D. Dengan menggunakan sistem berbasis komponen, kalian akan memiliki akses ke editor sprite dan peta 2D, model dan penggabungan 3D, serta berbagai efek partikel.

Ini hanya sebagian kecil dari fitur dan teknologi yang tersedia, kalian harus mencobanya sendiri untuk memahami kemampuan penuh Defold.

Download: Defold

7. RPG Maker MZ

RPG Maker MZ adalah software pembuat game gratis yang hebat bagi mereka yang ingin membuat game tanpa perlu belajar pemrograman. Gunakan editor peta, generator karakter, dan database untuk membuat RPG apa pun yang terlintas dalam imajinasi kalian.

Jika kalian ingin menggabungkan kode kustom, kalian dapat melakukannya menggunakan plugin. Namun, kalian dapat mengimplementasikan sebagian besar logika menggunakan sistem Acara yang tidak memerlukan kode tambahan yang ada di RPG Maker MZ.

Kalian akan memiliki ratusan paket asset untuk dipilih di Market Place selain tekstur yang disertakan dengan instalasi gratis RPG Maker kalian. Kalian dapat mencari musik, sprite karakter, dan desain level lengkap; segala sesuatu yang kalian butuhkan untuk membangun sebuah RPG ada di sini.

Ada waktu trial selama 30 hari sebelum kalian perlu membayar lisensi sebesar $80.

Download: RPG Maker MZ

8. Cerberus X


Jika kalian mencari pembuat game 2D yang ringan, Cerberus X (CX) adalah pilihan yang tepat. Meskipun bukan klien yang paling canggih dalam daftar ini, ini adalah pilihan yang bagus bagi pemula untuk mempelajari dan mencoba bahasa pemrograman.

Gunakan Cerberus X IDE bersama dengan API grafis yang kuat dan kerangka kerja Mojo untuk merancang game dan mengekspornya ke Windows PC, macOS (10.15.x dan sebelumnya), Linux, Android, iOS (13.x dan sebelumnya), dan HTML5.

API dan kerangka kerja Mojo ini berarti kalian tidak perlu banyak menulis kode untuk membuat game yang berfungsi; kalian hanya perlu mengisi kekurangan yang ada.

Download: Cerberus X

Tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya? Ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing.

Cari semua kebutuhan konten digital hingga teknologi untuk bisnis dan pemerintah hanya di Alan Creative! Termasuk pembuatan website profesional dengan harga terjangkau!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

5 Tips Belajar Flutter Untuk Pemula

Halo, Alan Lovers! Dalam dunia mobile apps development, Flutter menjadi salah satu framework yang banyak diperbincangkan karena kemudahan dan kecepatannya dalam membangun aplikasi. Kemampuannya untuk

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative