fbpx
Mengenal Perbedaan UI dan UX

Mengenal Perbedaan UI dan UX

Halo Alan Lovers, apakah kalian sering mendengar istilah UI/UX? Memiliki keterkaitan yang erat, ternyata terdapat beberapa perbedaan UI dan UX loh. Hal ini yang membuat perancangnya pun kadang harus dibedakan karena membutuhkan keahlian yang berbeda. Kalian dapat mengetahui apa saja perbedaan UI dan UX lewat informasi dalam artikel yang satu ini.

UI/UX designer sendiri saat ini menjadi salah satu profesi yang paling banyak dibutuhkan loh. Kok bisa? Perusahaan, instansi atau lembaga bahkan perorangan tentunya mulai menyadari bahwa UI dan UX penting untuk aplikasi atau website mereka. Apabila salah satu yaitu UI ataupun UX tidak berjalan sempurna secara bersamaan, maka akibatnya bisa merusak aksesibilitas aplikasi dan website loh.

Baca juga: Mengenal Apa Itu UI dan UX, Jadi Bidang Karir Menjanjikan

Apa Saja Perbedaan UI dan UX?

UI (User Interface) dan UX (User Experience) adalah dua hal yang berbeda namun saling terkait dalam desain produk digital. Berikut ini merupakan perbedaan UI dan UX yang penting untuk diketahui.

1. Pengertian

User Interface (UI) adalah segala hal yang berhubungan dengan tampilan visual dari sebuah produk digital. Hal ini meliputi elemen-elemen seperti layout, warna, font, gambar, dan ikon.

Lalu apa itu UX? User Experience (UX) adalah tentang keseluruhan pengalaman pengguna dalam menggunakan sebuah produk digital. UX mencakup aspek-aspek seperti fungsi, interaksi, kegunaan, dan kenyamanan pengguna saat menggunakan produk tersebut. 

2. Tujuan

Tujuan utama dari UI adalah untuk membuat produk terlihat menarik dan mudah digunakan oleh pengguna. Dalam hal ini, desainer fokus pada tampilan visual yang memikat dan membuat produk terlihat profesional dan mudah dimengerti oleh pengguna.

Sedangkan tujuan utama dari UX adalah membuat produk tersebut mudah digunakan, menyenangkan, dan membantu pengguna dalam mencapai tujuan mereka. Dalam hal ini, desainer fokus pada bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk dan bagaimana produk dapat memberikan pengalaman yang memuaskan dan bernilai bagi pengguna.

Mengapa UI dan UX Diperlukan Secara Bersamaan?

UI dan UX adalah dua hal yang saling terkait dalam desain produk digital. Desainer UI bertanggung jawab untuk membuat tampilan visual yang menarik dan mudah dimengerti oleh pengguna. Sedangkan, desainer UX bertanggung jawab untuk membuat pengalaman pengguna yang nyaman dan membantu pengguna dalam mencapai tujuan mereka.

Oleh karena itu, dalam desain produk digital yang baik, kedua hal tersebut harus dipertimbangkan secara bersamaan. Desain UI yang bagus tanpa UX yang tepat dapat menyebabkan frustasi bagi pengguna, sedangkan UX yang bagus tanpa desain UI yang menarik dapat membuat produk tersebut tidak menarik bagi pengguna.

Nah, itulah tadi perbedaan UI dan UX serta hubungan antara keduanya yang perlu Anda ketahui. UI dan UX penting untuk berjalan beriringan agar mendapatkan hasil maksimal. Jangan ragu untuk menggunakan layanan profesional dalam perancangan aplikasi dan juga website.

Alan Creative sendiri menyediakan layanan UI/UX yang siap membantumu. Ingin menggunakan layanan profesional tapi takut mahal? Tenang, kami punya banyak promo menarik khusus untukmu. Butuh informasi lebih lengkap? Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative