fbpx
Apa itu Email Marketing? Pengertian, Keuntungan dan Kerugian

Apa itu Email Marketing? Pengertian, Keuntungan dan Kerugian

Halo, Alan Lovers! Anda perlu mengetahui apa itu email marketing. Pasalnya, email marketing dapat membantu pelanggan untuk mengetahui informasi terkait produk atau penawaran terbaru.

Tak bisa dipungkiri, digital advertising memiliki peranan penting dalam membangun citra sebuah brand di masa sekarang. Terlebih lagi, digital advertising juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Akan tetapi, menjaga komunikasi dengan pelanggan juga tak kalah penting. Karena, hal ini dapat meningkatkan kemungkinan pelanggan membeli kembali produk yang ditawarkan. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan email marketing.

Lantas, apa itu email marketing? Apa saja keuntungan dan kerugiannya? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!

Apa itu Email Marketing?

Apa itu Email Marketing? Pengertian, Keuntungan dan Kerugian
Apa itu Email Marketing? Pengertian, Keuntungan dan Kerugian (Sumber: Unsplash)

Apa itu email marketing? merupakan salah satu jenis digital advertising yang menggunakan email untuk mempromosikan produk atau jasa. Dengan menggunakan email marketing, pelanggan bisa mendapatkan informasi terbaru terkait produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Apa itu Display Ads? Bisa Meningkatkan Brand Awareness!

Biasanya, email marketing juga digunakan untuk meningkatkan brand awareness, memberikan informasi diskon khusus, hingga survei kepuasan pelanggan terkait produk atau jasa yang telah ditawarkan.

Keuntungan Email Marketing

Adapun, berikut adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan email marketing:

Biaya yang Murah

Dibandingkan dengan digital advertising lainnya, email marketing terbilang cukup murah. Karena, Anda hanya perlu mengirimkan email secara massal dengan tools yang lebih murah daripada beriklan di media online lainnya.

Konten yang Dipersonalisasi

Selain itu, email marketing juga memungkinkan Anda untuk membuat konten yang dipersonalisasi. Sebagai contoh, Anda bisa mencantumkan nama pelanggan di subejek email seperti ‘Hai, Alan!’.

Menurut Hubspot, email yang menyertakan nama pelanggan di subjek email dapat menghasilkan CTR yang lebih tinggi. Selain itu, hal ini juga mampu menarik pelanggan untuk membuka email tersebut.

Kampanye Terjadwal

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengirimkan kampanye yang terjadwal sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda ingin memberikan promo khusus di hari merdeka. Maka, Anda bisa menjadwalkan pengiriman email di hari-hari sebelumnya.

Dengan begitu, penawaran akan sampai kepada pelanggan di waktu yang tepat.

Meningkatkan Traffic Website

Hal yang tak kalah penting dari email marketing adalah mampu meningkatkan traffic website bisnis. Dengan konten email yang dilengkapi tautan ke website, pelanggan dapat dengan mudah diarahkan untuk mengetahui penawaran khusus terkait produk atau jasa.

Meningkatkan Penjualan

Terakhir, keuntungan email marketing juga dapat meningkatkan penjualan. Caranya, Anda hanya perlu menyelipkan kata-kata persuasif yang bisa mendorong pelanggan untuk mengklik website penjualan.

Kekurangan Email Marketing

Akan tetapi, email marketing juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan. Berikut di antaranya:

Spam dan Filtering

Dalam beberapa kasus, banyak email marketing yang berakhir di folder spam atau terfilter secara otomatis oleh layanan email. Dengan begitu, pesan-pesan penting yang Anda buat tidak tersampaikan kepada pelanggan.

Unsubscribers

Jika konten yang Anda buat tidak relevan dan cenderung menggangu, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan berhenti untuk berlangganan email (unsubscribers). Tentunya, ini dapat mengganggu upaya pemasaran Anda.

Tertutupi Email Lain

Selain itu, email marketing yang dikirim kepada pelanggan juga bisa tertutupi oleh email lain. Sehingga, konten yang Anda buat tidak dapat menjangkau pelanggan.

Kesimpulan

Nah, Anda sudah tahu kan apa itu email marketing? Kini, saatnya Anda untuk meningkatkan performa bisnis dengan menggunakan layanan digital ads di Alan Creative.

Kenapa harus Alan Creative? Karena sudah berpengalaman membuat campaign yang sukses selama 7 tahun. Lebih dari itu, Anda juga bisa menggunakan beragam digital ads seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, Youtube Ads, hingga Google Ads.

Menarik bukan? Tunggu apa lagi, hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative