fbpx
Screenshot_20240924_150549_Chrome

Cara Meningkatkan Performa Website Kamu dengan Nginx

Halo, Alan Lovers! Seperti yang kita ketahui, Nginx merupakan layanan web server dengan keunggulan yang dapat  meningkatkan performa website. Nginx juga sangat cocok untuk digunakan website yang memiliki traffic yang tinggi dan menjadi lebih optimal.

Lantas gimana sih untuk bisa menyetel performa Nginx agar jadi lebih optimal?

1. Pahamin cara kerja Nginx

Cara Meningkatkan Performa Website Kamu dengan Nginx
Ilustrasi gambar

Dengan mengetahui cara kerja Nginx, kamu jadi lebih mudah untuk mengoptimalkan kinerja Nginx di tahap awal. Nginx bekerja untuk mengatur dan mengelolah HTTP dari konsumen.

Nginx dilengkapi dengan event-driven architecture yang membuatnya mampu mengatur banyak koneksi secara bersamaan. Selaim itu, Nginx tidak membutuhkan adanya sumber daya tambahan. Selain itu, Nginx juga dapat menyajikan konten statis secara langsung yang berasal dari sistem file, yang kemudian ke backend server dan PHP-FPM.

2. Optimalkan pengaturan konfigurasi 

Cara Meningkatkan Performa Website Kamu dengan Nginx
Ilustrasi gambar

Dilansir dari Cloudpanel, performa nginx dapat ditingkat dengan cara menambahkan jumlah koneksi secara maksimum, buffering, dan proses pekerja. Kamu juga harus melakukan penyesuaian konfigurasi nginx default dengan cara mengedit berkas konfigurasi menjadi /etc/nginx.

Baca juga: Manfaat Lazy Load, Bantu Optimalkan SEO Website!

3. Manfaatkan fitur caching dan load balancing 

Cara Meningkatkan Performa Website Kamu dengan Nginx
Ilustrasi gambar

Memanfaat fitur caching dan load balancing dapat membantu kamu untuk meningkatkan performa website. Caching dapat membantu untuk mengurangi waktu respon dan beban server. Konten yang sering diakses akan disimpan salinannya. Simpelnya cara kerja fitur cache yaitu dengan menyajikan langsung data ke backend.

Untuk fitur Load Balancing, dapat memberikan distribusi lalu lintas ke server backend, yang dapat mencegah server untuk mengalami overload dan mengurangi peningkatan performa. Simpelnya, Nginx akan mengarahkan permintaan ke server palu sedikit benan. Dengan cara ini, pengguna tetap akan mendapat pengalaman yang optimal. Mengkombinasikan kedua fitur ini dapat membantu meningkatkan performa pada website kamu.

So, itulah cara meningkatkan performa website kamu dengan Nginx. Gimana? Tertarik buat mencobanya?

Btw, kamu suka artikel informatif seperti ini? Cocok banget nih, di website Alan Creative ada banyak sekali artikel menarik dan tentunya informatif, mulai dari teknologi sampai digital marketing. Pokoknya, pas banget buat temenin kamu belajar. So, buruan mampir sekarang ya, besty…

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Apa Itu Marketing Mix?

Halo, Alan Lovers! Siapa yang mau bangun atau ngembangin bisnis? Kayaknya sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk bangun bisnis ya? Itu pertanda bagus lho,

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative