fbpx
kebijakan-baru-twitter-api-hentikan-layanan-gratis

Twitter API Hentikan Layanan Gratis, Auto Base Terancam?

Halo Alan Lovers, sudah tahu kabar terbaru kalau Twitter API hentikan layanan gratis? Meski desas-desus ini sudah muncul sejak lama, namun kali ini resmi akan dihentikan mulai 9 Februari 2023. Para pengguna akan ditagih pembayaran jika ingin menggunakan API. Kabar tersebut telah resmi dirilis melalui cuitan dari @TwitterDev pada Kamis (2/2/2023) siang.

Sejak Elon Musk membeli Twitter, kebijakannya memang banyak menuai pro-kontra nih. Hal ini dikarenakan Twitter mulai melakukan perubahan besar-besaran terkait monetisasi platform. Kabarnya, Elon Musk bahkan berencana menjadikan Twitter sebagai alat pembayaran loh.

Baru saja selesai dengan pro-kontra netizen tentang centang verified Twitter, kini justru ada kebijakan kontroversial lagi. Pada salah satu menfess yang beredar, terdapat lebih dari 11 ribu orang berkomentar tentang kebijakan baru Twitter API yang menghentikan layanan gratis. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Twitter API?

Application Programming Interface (API) merupakan sarana pihak ketiga untuk mengambil dan menganalisis data Twitter publik. Biasanya para pengembang memanfaatkan layanan API gratis ini untuk membuat akun bot. Tentunya, hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil dan keuntungan.

Twitter API Hentikan Layanan Gratis

“Mulai tanggal 9 Februari 2023, akses API secara gratis akan diakhiri masa dukungannya, baik API v2 atau v1.1. Apabila ingin menggunakannya, akan ada biaya penggunaan yang ditagihkan,” informasi ini disampaikan melalui cuitan resmi dari @TwitterDev.

Munculnya kebijakan baru ini disinyalir akan membuat banyak akun autobase berguguran. Memangnya apa sih autobase Twitter ini? Istilah ini mengacu pada sebuah akun yang digunakan sebagai wadah para followers untuk mengirim submisi melalui direct message (DM). Nah, selanjutnya kiriman tersebut otomatis ditayangkan ke publik secara anonim.

Padahal, autobase ini menjadi salah satu fitur Twitter yang ramai digunakan di Indonesia. Biasanya, autobase dimanfaatkan untuk penyebarluasan informasi terbaru, cerita seru, curhatan dan lain sebagainya. Apabila Twitter API hentikan layanan gratis, pastinya banyak penyedia bot berpikir ulang untuk menjalankan akun autobase mereka.

Nah, itulah tadi informasi mengenai kebijakan baru Twitter API akan menghentikan layanan gratis yang perlu Anda ketahui. Mulai diberlakukan pada 9 Februari 2023, apakah Anda siap untuk menghadapinya? Meskipun belum merilis berapa tagihan pastinya, tapi Elon Musk sudah memberikan kisaran sebesar 100 USD atau setara 1,5 jutaan per bulan.

Media sosial memang sarana paling ampuh untuk promosi bisnis. Ingin bisnis Anda berkembang? Yuk gunakan jasa social media marketing dari Alan Creative. Mulai dari pembuatan konten, analisis SEO hingga optimasi siap untuk membantu pengembangan bisnis Anda. Masih ragu? Hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

5 Website Membuat CV Paling Praktis di 2023

5 Website Membuat CV Paling Praktis di 2023

Halo, Alan Lovers! Beberapa rekomendasi website membuat CV (Curiculum Vitae) berikut ini sayang sekali untuk dilewatkan. Pasalnya, beberapa website tersebut bisa membuat CV dengan cepat

Apa Itu Social Media Marketing?

Halo Alan Lovers, pernah dengar tentang social media marketing? Salah satu strategi pemasaran yang marak digunakan oleh para pebisnis di era digital. Efektivitas dari social

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative