Halo, Alan Lovers! Social media marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan platform digital seperti media sosial yang sesuai dengan produk dan target pasarnya. Sebagai para pemilik Usaha Menengah Kebawah (UKM) pastinya pernah berfikir, kira-kira bagaimana cara memulai social media marketing bagi bisnis mereka? Jika kamu sebagai UKM pernah berpikir begitu, artikel ini cocok untukmu! Jadi simak dari awak hingga akhir ya Alan Lovers.
Langkah-Langkah Memulai Social Media Marketing
Untuk memulai social media marketing, kamu harus mempunyai rencana baik dalam bidang promosi maupun pemasaran. Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat kamu gunakan untuk memulai social media marketing.
Baca juga: Apa Itu Social Media Marketing?
1. Tentukan Tujuan Bisnis yang Jelas
Sebelum memulai social media marketing, pastikan untuk memiliki tujuan bisnis UKM yang jelas. Setelah membuat tujuan yang jelas secara detail, kamu perlu menentukan bagaimana cara yang tepat untuk memanfaatkan promosi di media sosial.
Kamu perlu membuat cara strategi yang baik hingga nantinya masyarakat dapat melirik keberadaan brand atau UKM-mu. Kamu juga perlu memberikan jawaban yang menarik mengenai alasan mengapa mereka harus memiliki produk yang kita jual dan apa kelebihannya dibanding milik pesaing. Dengan begini kamu dapat meningkatkan brand awereness merek atau UMK-mu.
2. Pahami Audiens yang Kamu Miliki
Sebagai pebisnis UKM, kamu perlu memahami siapa saja audiens yang kamu miliki dan bagaimana cara yang tepat untuk mengambil hati mereka. Kamu perlu memperhatikan bagaimana cara mereka berinteraksi dan berbelanja dengan brand.
Data yang perlu kamu perhatikan ialah Demografi. Dalam data ini, nantinya kamu akan memperoleh data dari berbagai macam kelompok yang menggunakan media sosial. Setelah mengetahui gender hingga umurnya, kamu dapat menyesuaikan strategi yang tepat bagi sosial media marketing UKM-mu.
3. Memilih Channel Promosi
Dengan memahami tujuan social media marketing untuk UKM dengan baik, kamu akan berhasil dalam menentukan channel media sosial mana yang tepat bagi bisnis UKM-mu.
Jika kamu bergerak dalam B2B, maka kamu lebih cocok menggunakan cara promosi di LinkedIn atau Facebook. Hal itu disebabkan karena platform ini merupakan tempat berkumpulnya berbagai jenis bisnis. Jika bisnismu bergerak dalam B2C kamu dapat menggunakan platform X, Facebook, Pinterest, Instagram hingga TikTok sebagai tempat langsung untuk melayani calon konsumen.
Sebagai pemilik bisnis UKM di era digital sekarang ini, memang sudah waktunya untuk menggunakan internet sebagai media pemasaran. Dengan menggunakan social media marketing, kamu dapat memperkenalkan produk kepada calon pelanggan dan membuat mereka mengenal lebih dekat dengan brand.Ā
Untuk kamu yang masih bingung platform sosial media mana yang tepat bagi bisnismu, kamu dapat berdiskusi dengan Alan Creative atau hubungi kami sekarang juga! Kami siap membantu dan menjawab seluruh kebingungan kalian dalam pemasaran di sosial media.
Baca juga: Peran Penting Jasa Sosial Media untuk UMKM dan Panduan Memilihnya