fbpx
image

Tips Mengatur Budget TikTok Ads agar Hemat dan Optimal

Halo, Alan Lovers! Memiliki jumlah pengguna terbanyak di posisi keempat, membuat TikTok menjadi salah satu platform yang menjanjikan untuk beriklan. Sebelum memulai, penting untuk merencanakan dan mengatur anggaran secara cermat. Jika kamu masih bingung bagaimana cara mengelola anggaran iklan di TikTok agar tetap efektif, berikut adalah beberapa langkah dan strategi yang dapat kamu terapkan. 

Membuat Tujuan Sebelum Beriklan

Ilustrasi gambar

Sebelum kamu memutuskan beriklan di TikTok dan berapa besar budget iklan yang harus kamu keluarkan, pastikan kamu sudah menentukan tujuan dari iklanmu. Terdapat tiga jenis tujuan dalam beriklan, yaitu: 

  1. Awareness 

Iklan jenis ini berfokus pada memperkenalkan produk atau layanan kepada pasien secara lebih luas. Tujuannya ialah menciptakan adanya kesadaran merek.

  1. Consideration

Jenis iklan ini justru lebih mempertimbangkan produk atau layanan yang kamu tawarkan, seperti mengarahkan pada situs atau aplikasi tertentu.

  1. Conversion 

Jenis iklan terakhir justru lebih berfokus pada pengguna untuk melakukan tindakan, seperti menambahkan produk ke dalam keranjang.

Lalu, Berapa ROAS yang digunakan dalam Ikaln TikTok Ads?

Roas atau Return on Ad Speend merupakan indiktaro kunci keberhasilan dalam kampanye iklan. Pada TikTok sendiri, ROAS yang dianggap efektif sebesar 200% hingga 300%. Hal itu berarti, setiap 1 Rupiah yang kamu keluarkan, nantinya diharapkan dapat kembali sebesar 2 hingga 3 Rupiah.

Budget Minimum yang Harus Kamu Keluarkan dalam Beriklan di TikTok

Ilustrasi gambar

Terdapat dua jenis pengaturan anggaran yang dapat kamu gunakan, yaitu Ad Group Budget Optimization (ABO) dan Campaign Budget Optimization (CBO). 

  • ABO: TikTok menetapkan minimum budget sebesar Rp.200.000 per hari, kamu memiliki kendali penuh atas penentuan berapa banyak pengeluaran yang akan diberikan pada setiap ad group.
  • CBO: TikTok sendiri menetapkan minimum budget sebesar RP. 500.000 per hari, yang mana TikTok secara otomatis akan mengalokasikan anggaran ini ke ad group yang memiliki biaya konversi murah namun performa terbaik.

Untuk menjalankan iklan ini, kamu tidak perlu melakukannya di setiap hari. Kamu dapat menjalankan iklan sesuai dengan kebutuhan dan momen penting seperti libur tahun baru, natal, promo hari raya dan tanggal kembar.

Strategi Pengeluaran TikTok Ads

Ilustrasi gambar

Sebelum beriklan di TikTok, pastikan kamu memiliki perencanaan yang matang agar budget yang telah kamu kerjakan tidak sia-sia. Berikut beberapa langkah yang dapat kamu gunakan: 

  • Media Plan: Media plan sendiri berfungsi untuk membantumu dalam menghitung dan mengalokasikan budget ikan secara tepat.
  • Pahami Target Audiens: Sebelum beriklan, pastikan kamu sudah memilih target audiens-mu. Terdapat dua target yaitu audiens utama dan audiens tambahan.
  • Setelah membuat target audiens, selanjutnya kamu dapat menyusun strategi kampanye yang meliputi budget, konten kreatif dan durasi iklan.

Gimana? sekarang sudah ada gambarkan seberapa besar anggaran yang harus kamu keluarkan untuk beriklan di TikTok? Apakah kamu sudah siap untuk mulai melakukan iklan di platform TikTok Alan Lovers? 

Jika kamu membutuhkan jasa digital advertising dengan pengalaman yang terpercaya, Alan Creative adalah solusi terbaik! Dengan rekam jejak kerja sama bersama berbagai brand ternama, kami siap memberikan hasil yang optimal untuk kebutuhan promosi-mu. Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera hubungi kami sekarang untuk penawaran spesial!

Baca Juga: Perhatikan, Ini Dia Hal-Hal Penti Sebelum Memasang Ads TikTok!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative