Halo, Alan Lovers! Pentolan Golkar yang baru saja mengundurkan diri, Airlangga Hartarto lagi senter dibicarakan. Kali ini, kita juga akan membicarakan mengenai personal branding yang dilakukan Hartarto melalui digital marketing. Kira-kira apa ya?
Simak artikel ini sampai tuntas untuk temukan jawabannya, ya…
Siapa Airlangga Hartarto?
Airlangga Hartarto merupakan Mentri Koordinasi Bidang Perekonomian Indonesia dengan periode 2019-2024. Beliau salah satu politikus yang berasal dari partai Golkar dan baru-baru ini baru saja mengundurkan diri dari kursi ketum Golkar.
Alasan kemunduran Airlangga disebutkan dalam sebuah video, bertujuan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dan kestabilitasan transisi pemerintahan dari Pemerintah Jokowi ke pemerintahan Probowo.
Sebelumnya dalam dunia politik, Airlangga memulai kariernya sebagai Ketua Komisi VII DPR RI (2006-2009). Kemudian, pada tahun 2016-2019, Airlangga dipercaya menjadi Menteri Perindustrian dalam Kabinet Kerja Presiden Jokowi.
Cara personal branding Airlangga Hartarto melalui Digital Marketing
Personal branding melalui digital marketing mencangkup strategi pemasaran melalui media sosial, iklan digital, email marketing dan lainnya, dalam menarik penilaian masyarakat terhadap citra diri yang ingin dibangun.
Berikut cara personal branding yang Hartato lakukan.
1. Melalu Media Sosial
Airlangga menerapkan personal branding digital marketing dengan memanfaatkan peran media sosial seperti Twitter, Website, Instagram dan Facebook.
Melalui akun-akun tersebut, Airlangga secara konsisten membagikan pencapaian sebagai Menteri, progam-program yang dijalankan, sampai membicarakan pandangannya seputar isu-isu politik terkini.
Salah satu contoh akunnya yaitu akun Twitter @airlangga_hrt, beliau sangat aktif dalam membagikan foto, video dan beragam pikiran di akunnya tersebut.
2. Konten video dan live streaming
Airlangga memanfaatkan beragam platform yang menyediakan fitur live streaming yang disediakan Instagram, yang berguna untuk bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat.
Sedangkan, konten video yang beliau unggah di Instagram berguna untuk menyampaikan informasi pada masyarakat sekaligus menarik perspektif masyarakat terhadap keilmuan yang beliau miliki. Konten yang beliau buat biasanya membicarakan atau menangapi isu-isu yang tengah hangat dibicarakan.
Baca juga: Pengertian Digital Marketing, Metode Baru UMKM
3. Website Pribadi dan SEO
Airlangga memiliki website resmi yaitu Airlanggahartarto.id yang akan menjadi pusat informasi seputar biografi, kegiatan, program yang beliau jalankan. Dengan memanfaatkan teknis SEO, website pribadi yang beliau miliki akan lebih mudah muncul di hasil pencarian mesin pencari, terkait informasi mereka.
Hal ini sangat membantu dalam memperkuat citra beliau sebagai tokoh yang kredibel dan mudah diakses oleh publik.
So, jadi itulah beberapa cara personal branding melalui digital marketing ala Airlangga Hartarto. Gimana, kamu tertarik untuk mengikuti strategi ini untuk meningkatkan personal brandingmu?
Buat kamu yang suka artikel informatif, jangan lupa mampir ke Alan Creative, di website ini ada banyak artikel menarik yang akan menemani kamu dalam menambah wawasan.