fbpx
perbedaan antara firmware dan software

Perbedaan Antara Firmware dan Software: Apa yang Harus Kamu Ketahui

Hi Alan Lovers, Firmware dan software adalah dua istilah yang sering digunakan secara bergantian dalam dunia teknologi. Namun, meskipun keduanya terdengar serupa, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara firmware dan software, serta mengapa penting untuk memahami perbedaan tersebut.

Sebelum kita membahas perbedaan antara firmware dan software, kita perlu memahami apa itu firmware dan software.

Apa itu Firmware?

Firmware adalah program yang tertanam dalam sebuah perangkat keras. Firmware bertanggung jawab untuk mengontrol fungsi dasar dari sebuah perangkat, seperti bagaimana perangkat berinteraksi dengan perangkat lunak atau bagaimana perangkat berkomunikasi dengan perangkat lain.

Apa itu Software?

Software adalah program yang diinstal di atas perangkat keras. Software dapat berupa program aplikasi, seperti Microsoft Word atau Adobe Photoshop, atau sistem operasi seperti Windows atau mac OS.

Perbedaan antara Firmware dan Software

Sekarang bahwa kita memahami apa itu firmware dan software, mari kita lihat beberapa perbedaan utama antara keduanya.

Perbedaan 1: Tempat Penyimpanan

Salah satu perbedaan utama antara keduanya adalah tempat penyimpanannya. Firmware disimpan secara permanen dalam chip di dalam perangkat keras. Sebaliknya, software disimpan di dalam media penyimpanan seperti hard drive atau solid-state drive.

Perbedaan 2: Penggunaan

Firmware biasanya digunakan untuk mengontrol fungsi dasar dari perangkat, seperti bagaimana perangkat berinteraksi dengan sistem operasi atau bagaimana perangkat berkomunikasi dengan perangkat lain. Software, di sisi lain, digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks seperti mengedit foto atau menjalankan permainan.

Baca Juga: Apa itu Ionic? Kelebihan dan Cara Menggunakannya!

perbedaan antara firmware dan software
Ilustrasi Perbedaan Antara Firmware dan Software: Apa yang Harus Kamu Ketahui | Sumber: Freepik

Perbedaan 3: Update

Firmware biasanya di update lebih jarang daripada software. Ini karena firmware bertanggung jawab untuk mengontrol fungsi dasar dari sebuah perangkat, dan perubahan terhadap fungsi dasar tersebut biasanya tidak terjadi terlalu sering. Di sisi lain, software perlu di update secara teratur untuk memperbaiki bug atau menambahkan fitur baru.

Perbedaan 4: Kemampuan untuk diubah

Firmware umumnya sulit untuk diubah, sedangkan software relatif mudah untuk dimodifikasi. Karena firmware adalah program yang tertanam dalam chip di dalam perangkat keras, mengubah firmware biasanya memerlukan perangkat lunak khusus dan pengetahuan teknis yang mendalam.

Kesimpulan

Meskipun firmware dan software sering digunakan secara bergantian, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Firmware adalah program yang tertanam dalam perangkat keras dan digunakan untuk mengontrol fungsi dasar dari sebuah perangkat, sedangkan software adalah program yang diinstal di atas perangkat keras dan digunakan untuk melakukan tugas yang lebih kompleks.

Menggunakan tenaga profesional mungkin dapat membantu kamu membuat aplikasi mobileĀ  secara tepat dan cepat. Alan Creative hadir sebagai solusi perancangan aplikasi mobile kamu jadi lebih optimal. Yuk, hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website dan mobile apps kamu disini!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative