fbpx
Analitik Prediktif

Apa Itu Analitik Prediktif dalam Digital Marketing? Bisa Ramal Tren?

Halo, Alan Lovers! Pernah tidak sih kamu berpikir mengenai “Gimana ya caranya brand besar tahu tren sebelum tren itu meledak?” Nah, jawabannya bisa jadi ada di analitik prediktif! Meskipun, namanya terdengar seperti teknologi, tapi sebenarnya ini udah banyak dipakai di dunia digital marketing, termasuk oleh brand-brand yang sering muncul di timeline kamu!

Baca Ini: Analitik Media Sosial dalam Mengukur Kampanye Pemasaran!

Apa Itu Analitik Prediktif?

Analitik Prediktif | Source pict: Freepik

Analitik Prediktif adalah proses menggunakan data, algoritma, dan machine learning apa yang kemungkinkan besar akan terjadi di masa depan. Sebagai gambaran, misalnya, kalau kamu pernah belanja online dan tiba-tiba muncul rekomendasi produk yang “kayak ngerti banget kamu lagi butuh” nah, itu salah satu hasil dari analitik prediktif.

Dalam digital, marketing, analitik ini dipakai buat nebak-nebak (tapi dengan data ya, bukan pakai firasat) perilaku konsumen, tren pasar, hingga performa kampanye iklan. Seru, kan?

Bisa Ramal Tren?

Analitik Prediktif
Analitik Prediktif | Source pict: Freepik

Yes, bisa banget! Karena analitik prediktif dapat mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti:

  • kebiasaan pengguna,
  • waktu paling sering buka media sosial,
  • preferensi konten,

Nah, kebiasaan-kebiasaan itulah yang menjadi data lalu mengolahnya menjadi insight yang bisa diandalkan. Jadi, seorang marketer bisa nih lebih mempersiapkan untuk menyusun strategi yang on point, baahkan sebelum tren itu viral.

Misalnya, ada tren warna tertentu yang mulai sering muncul di feed pengguna. Dengan analitik prediktif, kamu bisa tahu lebih dulu dan mulai memasukkan warna itu ke desain konten, biar kelebihan up to date. Atau, kamu bisa tahu kapan waktu terbaik buat posting konten, supaya engagement nya naik.

Buat kalian yang mau marketingnya enggak cuma asal posting saja, terutama buat UMKM, startup, bahkan instansi pemerintahan sekalipun, analitik prediktif bisa bantu bikin keputusan lebih cepat dan akurat. Daripada buang-buang waktu dan budget buat strategi yang belun tentu efektuf, mending pakai data yang udah “ngomong duluan”.

Tapi, ribet nggak sih?

Tenang, kamu enggak harus jadi ahli data dulu kok. Sekarang banyak tools dan tim profesional yang siap bantu mengolah data dan menerjemahkannya ke strategi marketing yang lebih terukur.

Kalau kamu masih bingung harus mulau dari mana, atau butuh tim yang bisa bantu handle semua dari A sampai Z, dari riset data, desain konten, sampai pubpikasi, Alan Creative siap jadi partner digital marketing kamu.

Kami punya tim yang nggak cuma jagi teknis, tapi juga ngertu how to speak to your audience. Jadi brand kamu nggak cuma kelihatan keren, tapi juga tepat sasaran. Yuk, ngobrol bareng Alan Creative dan mulai optimalkan digital marketing kamu dengab strategu berbasis data!

Tunggu apalagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Baca Juga: Analitik Media Sosial dalam Mengukur Kampanye Pemasaran!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative