fbpx
apa itu laravel

Apa itu Laravel dan Mengapa Kamu Harus Menggunakannya

Hi Alan Lovers, jika kamu seorang pengembang web, kamu mungkin sudah sering mendengar tentang Laravel. Laravel adalah kerangka kerja (framework) PHP yang populer, yang digunakan oleh jutaan pengembang di seluruh dunia. Namun, jika kamu belum pernah menggunakan Laravel sebelumnya, artikel ini akan memberi kamu pemahaman dasar tentang apa itu Laravel dan mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakannya dalam proyek kamu.

Apa itu Laravel?

Laravel adalah kerangka kerja PHP yang modern dan populer. Framework ini diciptakan oleh Taylor Otwell pada tahun 2011, dan sejak saat itu telah berkembang menjadi salah satu kerangka kerja PHP terpopuler di dunia. Laravel menggunakan pola desain MVC (Model-View-Controller) yang membantu pengembang dalam membangun aplikasi web yang dapat dengan mudah dikelola dan diperbarui.

Mengapa kamu Harus Menggunakan Laravel?

1. Laravel Memiliki Dokumentasi yang Sangat Bagus

Dokumentasi yang baik sangat penting bagi pengembang web. Dokumentasi Laravel sangat lengkap, jelas, dan mudah dipahami. Ini memudahkan pengembang dalam mempelajari dan menggunakan Laravel, terutama bagi mereka yang baru mulai menggunakan kerangka kerja PHP.

2. Laravel Memiliki Komunitas yang Besar Dan Aktif

Laravel memiliki komunitas pengembang yang besar dan aktif di seluruh dunia. Komunitas ini terdiri dari pengembang web berpengalaman yang siap membantu dan memberikan dukungan melalui forum, grup diskusi, dan media sosial. Dalam komunitas ini, pengembang dapat memperoleh pengetahuan baru, berbagi pengalaman, dan memperluas jaringan.

3. Laravel Menyediakan Fitur-Fitur yang Sangat Berguna

Laravel menyediakan banyak fitur yang sangat berguna bagi pengembang web. Salah satu fitur utama Laravel adalah fitur routing. Dalam Laravel, pengembang dapat dengan mudah menentukan rute URL dan menghubungkannya dengan fungsi yang sesuai. Selain itu, Laravel juga menyediakan fitur autentikasi dan autorisasi, pengelolaan file, koneksi basis data, dan banyak lagi.

Baca Juga: Perlukah Pebisnis Menggunakan WhatsApp Business API?

apa itu laravel
Ilustrasi Apa itu Laravel dan Mengapa Kamu Harus Menggunakannya | Sumber: Frepik

4. Framework ini Memiliki Kinerja yang Sangat Baik

Laravel dikembangkan dengan fokus pada kinerja yang optimal. Laravel dapat mengelola lalu lintas web yang tinggi dengan sangat baik. Selain itu, Laravel juga memiliki sistem cache yang sangat baik, yang memungkinkan pengembang untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi web mereka.

5. Framework ini Memiliki Keamanan yang Baik

Laravel menawarkan berbagai fitur keamanan yang membantu pengembang web untuk memastikan aplikasi web mereka aman dari serangan yang berbahaya. Laravel memiliki sistem autentikasi dan autorisasi yang sangat kuat dan juga menyediakan proteksi terhadap serangan SQL Injection, Cross-site Scripting (XSS), dan Cross-site Request Forgery (CSRF).

Kesimpulan

Dengan fitur-fiturnya yang lengkap, kinerja yang optimal, dokumentasi yang jelas, serta komunitas pengembang yang besar dan aktif, Laravel menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dalam proyek pengembangan web kamu. Jangan ragu untuk mencoba Laravel dan lihat sendiri bagaimana kerangka kerja ini dapat membantu kamu dalam membangun aplikasi web yang kamul dan efisien.

Apakah kamu butuh website bisnis dengan tampilan menarik dan performa optimal? Jangan ragu untuk menggunakan jasa pembuatan website profesional untuk memaksimalkan hasil yang didapat. Tentunya semua bisa disesuaikan dengan keinginan dan selera kamu. Hubungi Alan Creative sekarang dan konsultasikan kebutuhan website bisnis kamu disini.

Pertanyaan yang Sering ditanyakan!

1. Apakah Laravel mudah dipelajari bagi pemula?

Ya, Laravel sangat mudah dipelajari bagi pemula karena memiliki dokumentasi yang lengkap dan jelas.

2. Apa saja fitur utama yang disediakan oleh Laravel?

Fitur utama yang disediakan oleh Laravel antara lain fitur routing, autentikasi dan autorisasi, pengelolaan file, koneksi basis data, sistem cache yang baik, serta keamanan yang kuat.

3. Apakah Laravel gratis?

Ya, Laravel gratis dan open-source.

4. Apakah Laravel cocok untuk digunakan dalam proyek skala besar?

Ya, Laravel sangat cocok untuk digunakan dalam proyek skala besar karena mampu mengelola lalu lintas web yang tinggi dengan sangat baik.

5. Bagaimana cara menginstal Laravel?

kamu dapat menginstal Laravel menggunakan Composer, yang merupakan alat manajemen paket PHP.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

cara-membuat-wordpress

Cara Mudah Membuat Website Dengan WordPress

Halo Alan Lovers, sudah pernah menggunakan WordPress? Salah satu jenis Content Management System (CMS) ini memang populer menjadi solusi pembuatan website tanpa coding. Selain menawarkan

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative