fbpx
Branding

Apa Pentingnya Branding Bagi UMKM?

Halo, Alan Lovers! Kamu memiliki atau menjalankan bisnis sebagai UMKM? Di era sekarang, pasti kamu sadar kalau banyak orang yang mulai merintis bisnis. Tentunya, hal itu menciptakan persaingan yang sangat ketat. Kamu tau gak kata yang penting untuk bisa membantu kamu bertahan dalam persaingan? Yaitu branding. Yuk simak artikel ini biar kamu lebih tau apa pentingnya branding bagi UMKM!

Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media digital dan internet. Seperti halnya periklanan lainnya, ide pemasaran digital adalah untuk meningkatkan penjualan produk merek menggunakan perkembangan teknologi. Pemasaran digital adalah metode pemasaran yang sekarang diprioritaskan oleh banyak perusahaan dan organisasi seiring dengan teknologi terbaru.

Strategi bisnis tidak lagi konvensional seperti beriklan di media cetak atau memasang billboard. Keunggulan layanan pemasaran digital dibandingkan metode pemasaran tradisional terletak pada pemasaran barang atau jasa yang terarah, terukur, dan interaktif. Mengapa bisa disebut terarah, terukur, dan interaktif? Karena digital marketing dilakukan melalui media digital yang mana penggunanya bisa melakukan berbagai hal mulai dari perancangan hingga monitoring-evaluasi secara langsung.

Baca Juga: Apa Itu Guerilla Marketing? Ketahui Manfaatnya!

Ap Itu Branding

Istilah branding berasal dari kata brand yang berarti merek. JBranding adalah visualisasi agar produk yang ditawarkan dapat menarik konsumen dan tetap melekat dalam benak mereka. Dapat dikatakan bahwa branding dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi perusahaan dengan konsumen yang dituju.

Tujuan utama branding adalah untuk menunjukkan brand perusahaan. Selain itu, branding bertujuan untuk membangun citra dan reputasi positif perusahaan agar selalu baik di mata konsumen. Citra yang diciptakan oleh perusahaan ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan tersebut.

Branding dapat diketahui melalui nama perusahaan, logo, serta slogan yang melekat dalam persepsi konsumen. Branding biasanya dilakukan oleh perusahaan baru yang namanya belum banyak dikenal. Tujuannya tidak lain adalah untuk memamerkan produk perusahaan dan menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya. Jika perusahaan memiliki brand yang baik, maka perusahaan akan mudah menjual produknya. Oleh karena itu perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari banyak keuntungan. Salah satunya mendapatkan banyak penghasilan. 

Sebagai contoh, jika kita mendengar nama Starbuck, yang teringat adalah sebuah brand yang menawarkan kopi secara premium. Mulai dari produk hingga suasana yang ditawarkan ketika melakukan dine in. Itulah contoh dari branding yang sudah melekat di dalam benak konsumen, di sanalah branding bekerja secara otomatis.

Apa Pentingnya Branding Bagi UMKM

Setelah mengetahui pengertian dari konsep yang berkaitan dengan topik utama artikel ini, lalu apa pentingnya branding bagi UMKM itu sendiri?

Menjadi Diferensiasi Dari Bisnis Lain

Branding adalah citra diri. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana citra diri tersebut memiliki keunikan dan ciri khas dibadingkan yang lainnya. Sehingga, bisnis kamu bisa lebih dikenal dan diingat oleh orang lain.

Penargetan Pasar Lebih Sesuai

Dengan menggunakan berbagai tools pemasaran digital yang dirancang sedemikian rupa, kamu bisa mendapatkan informasi akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna di segmen pasar tertentu atau produk dan layanan yang kamu tawarkan. Dari sini kamu bisa menyusun strategi yang paling tepat untuk target pasar sehingga eksekusinya lebih efektif. 

Meningkatkan Harga Jual

Masih ingat dengan contoh Starbuck tadi? Apa sih yang bikin orang-orang rela bayar mahal buat dapetin kopi yang bisa didapetin dari coffee shop biasa dengan harga 10-20 ribu aja? Yaitu branding. Kamu bisa ningkatin harga jual dari yang sebelumnya kalau kamu bisa menciptakan citra bahwa produk yang kamu jual itu memiliki keunggulan baik dari produknya itu sendiri ataupun dari persepsi orang-orang.

Meningkatkan Daya Tarik

Hal pertama yang menjadi keunggulan branding adalah daya tarik konsumen. Dengan branding yang baik dan tepat, maka produk atau jasa UMKM paling banyak menarik perhatian. Jika ada dua produk yang persis sama, UMKM dengan branding yang lebih baik memiliki peluang bagus untuk menarik pelanggan baru. 

Bisa Menjangkau Pasar yang Luas

Seperti yang kamu ketahui, dunia online tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan sepanjang tahun, jaringan digital ini selalu terkoneksi ke berbagai belahan dunia.

Jadi, pemasaran digital adalah jalan yang harus ditempuh karena kamu bisa menjangkau dan terhubung dengan pelanggan dari seluruh dunia kapan saja dan di mana saja. Alhasil, layanan atau produk yang kamu tawarkan selalu tersedia dan dapat dibeli pelanggan kapan saja. 

Nah, sekarang kamu udah tau kan pentingnya branding bagi UMKM? Kalau kamu butuh tim, hubungin kami. Alan Creative menyediakan jasa pembuatan website, konten media sosial, management KOL dan influencer, hingga branding kitYuk Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

ROI facebook ads

Tips Meningkatkan ROI di Facebook Ads

Hi Alan Lovers, Facebook Ads adalah salah satu alat pemasaran digital yang paling efektif dan populer yang digunakan oleh bisnis untuk menjangkau calon pelanggan. Namun,

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative