fbpx
OIP (5)

Apa Perbedaan Deep Web dan Dark Web?

Halo, Alan Lovers! Deep web dan dark web seringkali digunakan antara satu sama lain karena dianggap sebagai sesuatu yang sama. Memang, keduanya memiliki konotasi dan dipersepsikan sebagai sesuatu yang mengerikan. Tetapi, sebenarnya ada perbedaan antara deep web dan dark web. Simak artikel ini untuk mendapatkan jawabanny!

Apa Itu Deep Web?

Istilah ‘deep web’ tidak berarti ada sesuatu yang jahat – diperkirakan mencakup sekitar 99% dari seluruh web. Ini mengacu pada basis data web yang tidak terindeks dan konten lainnya yang tidak dapat dicrawl dan dikatalog oleh mesin pencari. Deep web seperti sebuah arsip yang berisi tumpukan situs web dan sumber daya yang sebagian besar tidak dapat diakses oleh pengguna normal.

Ini bisa mencakup situs yang tidak tersedia secara otomatis untuk umum, seperti yang memerlukan kata sandi. Contoh dari ini mungkin adalah akun email atau forum hanya untuk anggota yang terdaftar.

Ada juga jutaan server yang hanya menyimpan data yang tidak dapat diakses melalui halaman web publik. Data broker seperti LocalBlox, misalnya, mengcrawl web dan menyimpan informasi tentang bisnis dan konsumen untuk dijual untuk tujuan pemasaran.

Situs Deep juga termasuk intranet perusahaan dan situs web pemerintah, seperti situs web Uni Eropa. Kamu mungkin dapat mencari halaman seperti itu tetapi melakukannya dengan menggunakan fungsi pencarian internal mereka sendiri, bukan mesin pencari seperti Bing atau Yahoo. Ini berarti konten dari situs tersebut tidak dapat diakses oleh crawler web.

Deep web juga mencakup sebagian besar konten akademik yang ditangani langsung oleh universitas. Bayangkan mencari buku perpustakaan menggunakan file indeks sendiri – kamu mungkin harus berada di perpustakaan untuk mencari di sana.

Apa Itu Dark Web?

Kata “dark web” meski banyak diperbincangkan media, sebenarnya hanya menjadi bagian kecil dari deep web.

Terminologi ini sangat umum, karena sebenarnya ada beberapa ‘darknets’ seperti ‘Freenet’ dan ‘I2P’, tetapi jaringan TOR telah menjadi yang paling populer. Jadi, ketika kebanyakan orang merujuk pada dark net, mereka maksudkan Tor.

Dark web adalah bagian dari internet yang tidak dapat diakses dengan mudah melalui mesin pencari seperti Google atau Bing dan hanya dapat diakses melalui perangkat lunak khusus yang menyembunyikan identitas pengguna dan lokasinya.

Sebagian besar situs web di dark web memiliki alamat yang berakhir dengan “.onion” dan seringkali digunakan untuk aktivitas ilegal seperti penjualan obat-obatan terlarang, senjata, atau informasi pribadi. Meskipun ada beberapa situs legal di dark web, sebaiknya digunakan dengan hati-hati karena potensi risiko yang terkait dengan aktivitas di dark web.

Lalu, Apa Perbedaan Deep Web dan Dark Web?

Deep web dan dark web adalah dua istilah yang berbeda, meskipun keduanya terkait dengan internet.

Deep web mengacu pada bagian dari internet yang tidak terindex oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Bagian ini mencakup data dan halaman web yang tidak terlihat oleh pengguna rata-rata dan tidak dapat diakses secara umum.

Contohnya termasuk halaman web yang memerlukan kata sandi atau yang hanya dapat diakses melalui jaringan pribadi atau intranet perusahaan. Ada juga bagian-bagian dari deep web yang diakses melalui jaringan privat seperti database pemerintah, akademik, dan bisnis.

Sementara itu, dark web adalah bagian dari deep web yang diketahui digunakan untuk aktivitas ilegal atau berbahaya seperti perdagangan narkoba, senjata, informasi pribadi, dan layanan kriminal lainnya. Dark web tidak dapat diakses secara umum dan pengguna harus menggunakan perangkat lunak khusus, seperti Tor, untuk mengaksesnya. Tor menyediakan koneksi yang dilindungi dan anonim sehingga pengguna dapat browsing secara privat dan tidak terlacak.

Jadi, intinya adalah bahwa deep web mencakup semua halaman web yang tidak terlihat oleh mesin pencari. Sementara dark web hanya mencakup bagian-bagian deep web yang tersembunyi dan digunakan untuk aktivitas ilegal atau berbahaya.

Tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya? Ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing.

Cari semua kebutuhan konten digital hingga teknologi untuk bisnis dan pemerintah hanya di Alan Creative! Termasuk pembuatan website profesional dengan harga terjangkau!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Apa Itu Key Opinion Leader (KOL)?

Halo, Alan Lovers! Dalam era digital yang terus berkembang, konsumen memiliki lebih banyak kekuatan dan kontrol daripada sebelumnya. Mereka dapat mencari informasi tentang produk atau

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative