Halo, Alan Lovers! Sebelum membuat iklan untuk memasarkan brand kalian, pastikan untuk mengetahui bahasa yang benar dan menarik dalam pembuatan iklan. Mengapa demikian? Iklan sendiri merupakan salah pemberitahuan kepada masyarakat mengenai barang maupun jasa yang dijual kemudian dipasang di dalam media massa atau ditempat umum.
Sehingga, jika kamu tidak menggunakan bahasa yang benar maka masyarakat akan sulit mengerti dengan iklan dari produk atau jasa yang sedang kamu iklankan. Lebih buruknya, mereka akan mengabaikan iklanmu. Oleh karena itu, yuk cari tahu mengenai bahasa iklan yang baik dan benar agar iklan mu semakin menarik!
Ciri Bahasa Iklan yang Baik dan Benar
Iklan yang baik pastinya harus mempunyai bahasa yang mudah dimengerti. Maka dari itu, berikut ciri bahasa iklan yang baik dan benar.
1. Aplikasikan Slogan
Gambar Ilustrasi
Slogan ialah kalimat menarik, mencolok serta mudah diingat oleh masyarakat unruk menyampaikan sesuatu. Slogan sendiri biasanya terdiri dari empat hingga lima kata yang memiliki daya tarik. Hal itu berguna agar kalimat tersebut dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat ketika membaca iklan tersebut.
Slogan biasanya menggunakan kata persuasif yang mampu mengajak masyarakat untuk yakin dan percaya terhadap produk yang disarankan. Contoh kalimat persuasif yang dapat kamu gunakan ialah “Hubungi kami sekarang juga, untuk mendapatkan promo yang menarik!” atau “Jika tidak dimulai dari sekarang, Kapan lagi? Kunjungi website kami sekarang juga!”
2. Gunakan Subjek Orang Pertama
Gambar Ilustrasi
Iklan sering kali menggunakan subjek orang pertama seperti “aku, saya, ataupun kami”. Hal itu dikarenakan agar iklan dapat membangun koneksi emosional atau kata lainnya seolah-olah pengiklan berbicara langsung kepada masyarakat. Dengan cara ini, kamu akan menciptakan hubungan emosional dan rasa kepercayaan dari masyarakat.
Menggunakan subjek orang pertama, kamu juga dapat meningkatkan kredibilitas. Kamu dapat menambahkan pengalaman pribadi ataupun testimoni, contohnya: “Saya telah mencoba produk ini dan hasilnya menakjubkan!”
3. Bahasa Singkat, Padat dan Jelas
Gambar Ilustrasi
Menghasilkan iklan yang menarik, kamu perlu menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat. Oleh karena itu, gunakanlah bahasa yang memikat namun tetap objektif. Perlu kamu ingat! jangan lupa untuk menggunakan kata berkonotasi dan masukkan profil agar memiliki kredibilitas yang tinggi pada iklanmu.
Gimana? Udah paham kan sekarang ciri bahasa yang baik dan benar dalam pembuatan iklan? Jika kamu tidak menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat, kemungkinan iklan mu akan ditinggalkan oleh mereka. Oleh karena itu, pastikan bahasa yang digunakan dalam iklanmu sudah sesuai dan mudah dimengerti ya Alan Lovers!
Butuh konsultasi lebih lanjut mengenai Ads? Jangan sungkan untuk hubungi Alan Creative. Alan Creative merupakan software house dan creative agency yang akan membantumu dalam mengembangkan aplikasi mobile, enterprise web, manajemen konten, sosial media hingga branding produk.
Baca Juga: Strategi Efektif Agar Iklan Mendapatkan Kepercayaan Pembaca!