Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang punya bisnis kuliner? Udah siap-siap belum buat Ramadan tahun ini? Kalau belum, jangan sampai kelewatan, ya! Bulan Ramadan adalah momen yang pas buat bisnis kuliner bisa melonjak karena banyak orang mencari makanan enak buat berbuka dan sahur. Tapi, kalau cuma mengandalkan jualan biasa tanpa strategi digital marketing, bisa-bisa bisnis kuliner kamu tenggelam di antara ribuan pesaing lainnya. Untuk itu, kamu harus membuat strategi promosi yang gacor nih. Lalu, kenapa sih digital marketing itu penting banget buat bisnis kuliner di bulan Ramadan? Yuk, simak alasan berikut!

1. Banyak Orang Cari Makanan via Online
Coba deh perhatiin teman-teman kamu, sekarang kalau orang lapar atau mau cari makanan favorit, pasti langsung buka internet. Entah itu lewat Google, Instagram, atau marketplace makanan. Ada pula yang membuka aplikasi pesan antar seperti Gofood, Shopeefood. Nah, penting banget nih agar produk makanan kamu bisa mudah dicari. Kalau bisnis kamu nggak muncul di pencarian, ya susah deh dapat pelanggan. Dengan digital marketing yang tepat, kamu bisa memastikan bisnis kamu mudah ditemukan dan menarik perhatian calon pembeli.
2. Persaingan Ketat, Harus Lebih Kreatif!
Bulan Ramadan itu surga bagi bisnis kuliner, tapi juga penuh tantangan lho. Banyak banget penjual makanan yang berlomba-lomba menarik perhatian pelanggan. Dengan strategi digital marketing yang pas, kamu bisa coba bikin konten menarik, mulai dari foto yang menarik perhatian orang, video ASMR makanan, sampai promo spesial yang bikin pelanggan nggak bisa nolak.
3. Bisa Jangkau Lebih Banyak Pelanggan
Kalau hanya mengandalkan toko offline atau warung makan, pelanggan yang datang mungkin terbatas. Tapi kalau pakai digital marketing? Peluangnya bisa jauh lebih luas, lho! Kamu bisa pasang iklan di media sosial, kolaborasi dengan influencer, atau optimasi marketplace biar makanan kamu makin dikenal banyak orang.
4. Bisa Promosi dengan Budget Fleksibel
Nggak perlu modal gede buat iklan! Digital marketing memungkinkan kamu buat promosi sesuai budget yang kamu punya. Misalnya, dengan Facebook Ads atau Instagram Ads, kamu bisa menentukan target audiens yang spesifik, mulai dari lokasi, usia, hingga minat mereka. Jadi, uang yang dikeluarkan nggak sia-sia karena iklan kamu tepat sasaran.
5. Meningkatkan Repeat Order dengan Strategi Retargeting
Salah satu keuntungan digital marketing adalah bisa bikin pelanggan yang pernah beli jadi balik lagi! Dengan menerapkan strategi retargeting, kamu bisa menampilkan iklan ke mereka yang sudah pernah lihat atau beli produk kamu, jadi kemungkinan mereka repeat order makin besar.
Mau bisnis kuliner Ramadan kamu makin laris? Jangan biarkan peluang ini lewat begitu saja! Alan Creative siap bantu kamu dari pembuatan konten menarik, optimasi media sosial, sampai strategi iklan yang tepat. Yuk, konsultasi sekarang dan maksimalkan potensi bisnis kamu di bulan Ramadan ini! Tunggu Apalagi? Segera hubungi Alan Creative sekarang juga!
Baca Juga: 3 Alasan Digital Marketing Penting di Era Digital