Halo, Alan Lovers! Gimana sih cara mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk promosi bisnis di bulan Ramadan? Terutama untuk para penjual, ini juga momen yang pas untuk meningkatkan penjualan bisnis kuliner lho! Banyak banget orang-orang yang mencari menu berbuka puasa yang lezat, takjil yang segar, atau makanan khas Ramadan lainnya. Untuk kamu para penjual, jangan lewatkan kesempatan Ramadan kali ini dengan mencoba untuk memaksimalkan media sosial agar promosi kuliner kamu makin laris! Gimana cara maksimalinnya? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Gunakan Foto dan Video yang Bikin Ngiler!
Hal yang pertama kali orang liat saat melihat suatu produk adalah visualnya! Untuk itu, kamu harus memastikan bahwa foto dan video yang kamu buat itu memiliki kualitas yang tinggi. Kalau bisa gunakan pencahayaan yang baik, angle yang menarik, dan edit sedikit agar lebih menggugah selera. Kalau mau lebih menarik, buat video singkat tentang proses pembuatan makanan atau sebuah review dari pelanggan.
2. Manfaatkan Fitur Instagram & TikTok
Instagram dan TikTok adalah platform yang paling banyak digunakan dan diminati sekarang ini bahkan ada banyak bisnis atau konten kreator yang melakukan promosi di kedua platform ini terutama para influencer. Kenapa kok mereka memilih platform ini? Karena fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini menarik-menarik banget dan beda dari yang lain! Cobalah untuk memakai Instagram Stories, Reels, Video TikTok, dan lainnya untuk menjangkau lebih banyak audiens. Cobalah ikut tren yang sedang viral agar konten kamu lebih mudah ditemukan.
Baca Ini: Hashtag yang Bikin Konten Reels Muncul di Explore! Sudah Coba?
3. Gunakan Hashtag yang Tepat
Hashtag bisa membanyu postingan kamu untuk lebih mudah ditemukan. Gunakan kombinasi hashtag populer dan spesifik, misalnya: #TakjilRamadan #KulinerBerbuka #MenySahur #JajananRamadan #BisnisKuliner
Dengan hashtag yang relevan, calon pelanggan bisa menemukan bisnis kamu dengan jauh lebih mudah.
4. Tawarkan Promo Menarik
Siapa di sini yang suka diskon? Pasti banyak dong! Yap, orang-orang suka diskon apalagi di bulan Ramadan! Berikan promo spesial seperti diskon beli dua gratis satu, paket hemat berbuka, atau cashback khusus pelanggan baru. Jangan lupa buat postingan promosi yang jelas dan menarik agar pelanggan langsung tertarik dengan penawaran kamu.
5. Ajak Influencer dan Food Blogger
Kerjasama dengan Influencer atau Food blogger bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan, lho! Hah, masa sih? Iyap, mereka akan membantu mereview dan memperkenalkan produk kamu kepada audiens yang telah loyal menjadi penonton. Tips memilih influencer yabg tepat adalah pilih influencer yang sesuai dengan target pasar kamu, lalu ajak mereka untuk mencoba dan mengulas menu yang kamu tawarkan. Pastikan mereka membuat konten yang natural dan menggugah selera!
Kalian sudah menerapkan cara-cara diatas, tapi hasilnya stuck dan nggak ada peningkatan? Waduh! Ada cara tambahan nih! Kalau ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing seperti Alan Creative. Kami siap membantu untuk membuat bisnis kamu meningkat pesat dengan pemasaran digital yang tepat, mulai dari pembuatan konten, optimasi media sosial, hingga kampanye iklan berbayar.
Baca Juga: Cara Menyusun Strategi untuk Bisnis Baru di TikTok