fbpx
UMKM Manfaatkan E-Commerce

Manfaatkan E-Commerce, Strategi UMKM Hadapi Pasar Digital

Halo Alan Lovers, apakah kalian merupakan pelaku UMKM? Hadirnya pasar digital membawa tantangan tersendiri nih untuk UMKM. Oleh karena itu, perlu strategi khusus untuk UMKM tetap eksis dan menghasilkan keuntungan optimal. Nah, salah satunya adalah dengan memanfaatkan e-commerce.

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) memang identik dengan penjual layanan jasa atau produk kecil-kecilan. Beberapa diantaranya bahkan memproduksi barang jualannya sendiri di rumah. Hal ini yang menyebabkan UMKM cukup menghadapi kesulitan ketika pasar berubah menjadi serba digital. Dengan perkembangan teknologi saat ini, UMKM dituntut untuk aktif dan kreatif.

Apa Itu Pasar Digital?

Pasar digital adalah pasar yang terjadi secara online di platform digital seperti website, aplikasi, atau platform media sosial. Dalam pasar digital, transaksi jual beli dilakukan melalui internet dan pembayaran sering kali dilakukan secara elektronik. Pasar digital dapat mencakup berbagai produk atau layanan, dan sering kali melibatkan interaksi antara pembeli dan penjual melalui perangkat elektronik.

Dampak Kehadiran Pasar Digital untuk UMKM

Hadirnya pasar digital memiliki dampak yang signifikan pada UMKM. Berikut ini merupakan beberapa dampak dari pasar digital bagi UMKM.

1 . Memperluas Jangkauan Pasar

Pasar digital memungkinkan UMKM untuk menjangkau pelanggan di seluruh dunia dengan biaya terjangkau. Tentunya sebelumnya hal ini sulit dicapai karena lingkup transaksi UMKM cukup kecil.

2. Mempermudah Proses Pemasaran

UMKM dapat memasarkan produk atau layanan mereka dengan lebih mudah dan efisien melalui platform digital. Beberapa media yang digunakan biasanya adalah media sosial, marketplace, atau website.

3. Menekan Biaya Operasional

Dengan mengoperasikan bisnis secara online, UMKM dapat mengurangi biaya operasional. Contohnya seperti biaya sewa toko fisik, listrik, air, atau biaya staf.

4. Meningkatkan Efisiensi

Pasar digital memungkinkan UMKM untuk mempercepat proses transaksi dan pengiriman barang. Tidak hanya itu, pasar digital juga membantu untuk memantau stok barang dengan lebih efisien.

Namun, di sisi lain, hadirnya pasar digital juga menghadirkan tantangan baru bagi UMKM, seperti persaingan yang lebih ketat, perlunya pengetahuan teknologi yang memadai, dan risiko keamanan informasi. Oleh karena itu, UMKM perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada di pasar digital.

Strategi UMKM Manfaatkan E-Commerce

Strategi UMKM Manfaatkan E-Commerce, Bagaimana Caranya?

UMKM dapat melakukan kolaborasi dengan e-commerce dengan beberapa cara, antara lain adalah sebagai berikut ini.

1 . Mendaftar Sebagai Penjual

UMKM dapat mendaftar sebagai penjual di platform e-commerce yang diinginkan. Setelah mendaftar, UMKM dapat memasarkan produknya di platform tersebut dan mengelola transaksi jual beli dengan pelanggan.

2. Menjual Produk secara Eksklusif di E-Commerce

UMKM dapat menjalin kesepakatan untuk menjual produk secara eksklusif di platform e-commerce tertentu. Dalam hal ini, UMKM akan memperoleh manfaat seperti promosi lebih maksimal dan bantuan dari pihak e-commerce.

3. Menjadi Mitra Program Dukungan UMKM

Beberapa e-commerce menawarkan program dukungan khusus untuk UMKM, seperti bimbingan, pelatihan, atau fasilitas pembiayaan. UMKM dapat bergabung dengan program-program tersebut untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal.

4. Menjadi Mitra Strategis

UMKM dapat menjalin kemitraan strategis dengan e-commerce untuk mengembangkan produk atau layanan yang lebih baik. Hal ini juga berguna meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Dalam melakukan kolaborasi dengan e-commerce, UMKM perlu memperhatikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku di setiap platform. Strategi ini sekaligus memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk kolaborasi UMKM dengan e-commerce. Strategi ini berguna untuk mempersiapkan UMKM menghadapi pasar digital. Kalian juga dapat menggunakan layanan promosi profesional untuk optimalkan transaksi penjualan.

Ingin membuat website bisnis atau media sosial terhubung dengan e-commerce? Yuk jangan ragu untuk menggunakan berbagai layanan menarik dari Alan Creative. Semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan, target dan budget kalian loh. Ingin tahu informasi lebih lengkap? Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Mengenal Apa Itu PostgreSQL

Halo, Alan Lovers! Siapa yang lagi atau mau ngembangin aplikasi web? Kalau gitu, pas banget nih kita bahas bahas salah satu sistem yang yang harus

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative