fbpx
Apa Saja Perbedaan Internal dan Eksternal Link SEO?

Apa Saja Perbedaan Internal dan Eksternal Link SEO?

Halo, Alan Lovers! Perbedaan internal dan eksternal link SEO menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Meskipun sudah bisa diketahui dari namanya, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang spesifik sesuai penggunaan dan tujuan.

Seperti yang kita ketahui, SEO (Search Engine Optimization) memiliki peranan penting untuk meningkatkan visibilitas website dalam mesin pencari. Di dalam SEO, banyak elemen-elemen yang harus diperhatikan, termasuk internal dan eksternal link.

Lantas, apa saja perbedaan internal dan eksternal link SEO? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!

Apa saja Perbedaan Internal dan Eksternal Link SEO?

Apa Saja Perbedaan Internal dan Eksternal Link SEO?
Apa Saja Perbedaan Internal dan Eksternal Link SEO? (Sumber: Freepik)

Untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya, kita akan membahas dalam berbagai macam aspek seperti pengertian, penggunaan, dan tujuan. Berikut penjelasannya:

Pengertian

Mengutip dari berbagai macam sumber, internal link merupakan sebuah tautan yang menghubungkan satu halaman dalam situs web Anda dengan halaman lain dalam situs yang sama.

Sementara itu, eksternal link (atau dikenal dengan backlink) adalah tautan yang menghubungkan halaman di situs web Anda dengan halaman di situs web lain.

Penggunaan

Dalam penggunaanya, internal link seringkali digunakan untuk membantu pengunjung menavigasi situs Anda dengan lebih mudah dan mengarahkan mereka ke konten terkait.

Oleh sebab itu, pastikan konten yang dijadikan internal link memiliki relevansi terhadap topik artikel yang Anda buat.

Lebih lanjut, eksternal link digunakan untuk membantu Anda dalam membangun koneksi serta memperluas jaringan di dunia web.  

Baca Juga:

Tujuan

Pada dasarnya, internal link bertujuan agar pengunjung bisa betah di dalam website Anda dalam waktu yang cukup lama.

Hal tersebut dikarenakan, internal link yang dibuat selalu mengarah ke halaman lain dengan topik yang serupa.

Tak hanya itu, adanya internal link juga dapat membantu Google dalam memberikan peringkat untuk website yang Anda kelola.

Di lain sisi, eksternal link bertujuan untuk menambah wawasan pengunjung saat membaca artikel yang Anda buat. Sebab, eksternal link biasanya berupa link yang berisi referensi dari topik yang Anda buat.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Buat Website Pakai AI, Mungkinkah

Buat Website Pakai AI, Mungkinkah?

Halo, Alan Lovers! Buat website pakai AI sekiranya apakah bisa? Mari temukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya! Di era yang serba canggih

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative