fbpx
gamification

Gamifikasi dan Peningkatan Prestasi Siswa

Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang berprofesi sebagai guru? Kalau gak di sekolah formal pun, mungkin di tempat kursus? Kami mau sharing tips meningkatkan prestasi siswa dengan gamifikasi. Prestasi yang dimaksud bisa berupa prestasi akademis maupun non-akademis lho. Yuk simak artikel ini!

Apa Itu Gamifikasi?

Gamifikasi merupakan sebuah konsep dimana game atau permainan digunakan dalam hal lain selain untuk hiburan belaka. Misalnya dalam pembelajaran ataupun dalam digital marketing. Ibaratnya, kita bermain sebuah video game namun tujuannya untuk mempelajari konten dari video game tersebut, seperti Age of Empire series. Kita bisa belajar materi sejarah dari berbagai masa dan aspek, mulai dari ekonomi hingga politik.

Dalam digital marketing, contoh yang bisa digunakan adalah Gojek. Di sana kita akan mendapatkan experiences ketika melakukan transaksi dan mendapatkan reward ketika mencapai experiences tertentu. Hal ini menjadi sebuah stimulus untuk meningkatkan motivasi seseorang dalam melakukan sebuah tindakan. Bahkan, lebih jauh dari itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Aletha Shahisa didapatkan temuan bahwa fitur GoClub dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

Sehingga, dapat kita simpulkan bagaimana gamifikasi dapat meningtkatkan hal-hal positif dalam diri dan tindakan seseorang. Oleh karenanya, penting untuk mempertimbangkan penggunaan gamifikasi dalam dunia pendidikan. Lalu, bagaimana caranya?

Gamifikasi dan Prestasi Siswa

Siswa di sekolah seringkali ingin melakukan sesuatu atas dasar reward yang diberikan. Contoh paling sederhananya, ketika menjawab pertanyaan guru di kelas, reward yang didapat adalah poin keaktifan serta pujian dari guru. Hal ini dapat diimplementasikan ke dalam skala yang lebih luas dan terstruktur lagi. Bagaimana jika ada ranking atau leaderboard di sekolah mengenai prestasi siswa?

Leaderboard Game Paladin yang Menunjukan Pemain Paling Tinggi Rating-nya

Dengan menggunakan sistem leaderboard, setiap siswa akan terpacu untuk berada dalam peringkat paling tinggi. Mengapa? Karena secara psikologis, seorang manusia memiliki desire atau keinginan atas pengakuan dari orang lain. Hal ini pun akan meningkatkan self esteem diri mereka dan menjadi siswa yang aktif dalam berprestasi.

Alan School hadir untuk membantu sekolah dalam melakukan transformasi digital. Salah satu fiturnya adalah poin siswa. Alan School bisa membantu sekolah dalam menghadirkan fitur ini yang tentunya akan membantu siswa dan guru serta pegawai dalam melakukan tugasnya.

Oleh karenanya, jika kalian tertarik untuk menggunakan layanan Alan School, dapat menghubungi kami dan dapatkan layanan terbaik dan profesional.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

fitur mariadb

10 Fitur MariaDB yang Harus Diketahui

Hi Alan Lovers, MariaDB adalah salah satu sistem manajemen database yang populer dan digunakan oleh banyak perusahaan. Dibangun oleh komunitas pengembang dan dikembangkan sebagai pengganti

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative