Halo, Alan Lovers! Dalam dunia pemasaran digital terdapat salah elemen terpenting, yaitu mengukur hasil kinerja. Dengan memiliki data yang akurat mengenai kampanye, menjadikan cara terbaik untuk menentukan apakah anggaran yang telah kita keluarkan digunakan dengan baik serta dapat membantu tim pemasaran dalam membuat keputusan yang lebih tepat lagi.
Terdapat berbagai cara untuk mengukur hasil kinerja, salah satu platform yang dapat kamu gunakan ialah Google Analytics. Menggunakan Google Analytics, kamu dapat melacak performa dan mendapatkan data dengan cepat mengenai kinerja situsmu. Namun, apakah kamu tahu apa saja sasaran penting dari Google Analytics untuk bisnismu? dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkapnya.
1. PendapatanÂ
Sasaran pertama ialah pendapatan, dengan mengetahui sasaran pendapatan memungkinkan mu dalam melacak pembelian yang telah selesai maupun permintaan pra-pemesanan. Meskipun pendapatan menjadi tujuan utama. Namun sebagai tim pemasaran, kita juga perlu melihat tindakan-tindakan yang mengarah ke penjualan untuk menjadi gambaran yang lengkap terhadap keberhasilan. Dengan memperhatikan tindakan sebelum penjualan, kita dapat mengetahui hal apa yang menghambat pengunjung untuk membeli dan kemudian dapat mencari cara untuk memperbaikinya.
2. AkuisisiÂ
Kedua ialah sasaran akuisisi, dengan ini kita dapat melacak pembuatan ataupun pendaftaran akun di situs web mu. Walau tidak memberikan dampak sebesar sasaran pendapatan, namun dengan adanya pembuatan akun membuat niat pengunjung untuk kembali ke situs web mu dan melakukan pembelian akan mungkin terjadi.
3. Penyelidikan
Selanjutnya ialah strategi penyelidikan. Dengan melakukan penyelidikan pengunjung, kita akan dapat memahami mengenai perilaku yang mereka lakukan di situs web kita. Hal itu menjadi salah satu hal yang dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan.
4. Keterlibatan
Sasaran terakhir ialah sasaran keterlibatan. Dengan sasaran ini memungkinkan mu untuk melacak interaksi pengunjung yang terjadi di situs mu. Interaksi ini dapat berupa, perbandingan produk, menyimpan produk ke kerandang, berbagi konten hingga mendaftar untuk menerima promo menarik. Dengan melacak sasaran ini, dapat membantumu dalam menentukan jumlah pengunjung yang akan menjadi pelanggan.
Itu dia empat sasaran penting Google Analytic untuk Bisnismu. Dengan memperhatikan pendapatan, akuisisi, penyelidikan, dan keterlibatan. Kamu dapat meningkatkan strategi pemasaran yang sesuai dengan calon pelanggan dan juga mengetahui hambatan yang diperoleh calon pelanggan.
Btw, kamu sedang membutuhkan jasa promosi yang profesional namun menarik di sosial media untuk bisnismu? Tenang, Alan Creative hadir untuk membantu kalian! Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang juga untuk penawaran harga yang menarik!