fbpx
Inbox Communication Notification E-mail Mail Concept

Jadi Strategi Bisnis, Apa Itu Email Marketing?

Halo Alan Lovers, pernah dengar tentang email marketing? Salah satu strategi pemasaran ini masih menjadi andalan pebisnis dan cukup efektif meraup keuntungan loh. Meskipun tidak semasif penggunaan sosial media, tetapi penerapan trik yang tepat dalam email marketing masih memberikan hasil yang menjanjikan. Yuk ketahui apa itu email marketing terlebih dahulu beserta manfaat, kelebihan dan kekurangannya.

Marketing sendiri menjadi salah satu aspek penting dalam mewujudkan kesuksesan bisnis. Bagaimana sebuah bisnis dikenal, memperoleh pelanggan hingga menghasilkan keuntungan bergantung pada strategi marketing yang diterapkan. Untuk itu, setiap bisnis rela mengeluarkan biaya besar guna menjalankan berbagai strategi marketing. Nah, email marketing ini jadi salah satu strategi yang patut untuk dicoba. Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu email marketing, kemudian apa saja kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan, bagaimana cara menerapkannya dan lain hal sebagainya.

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan email sebagai alat untuk mengirimkan pesan promosi atau informasi kepada pelanggan atau calon pelanggan. Tujuan dari email marketing adalah untuk mempromosikan produk atau layanan kepada orang-orang yang tertarik dan mungkin tertarik untuk membeli. Email marketing dapat mencakup berbagai aktivitas, seperti mengirimkan newsletter, mengirimkan pesan promosi langsung, atau mengirimkan pesan untuk mengundang orang ke acara atau mengajak mereka bergabung dengan program afiliasi.

Baca juga: Strategi Melakukan Email Marketing Yang Efektif Untuk Bisnis

Composite image of hand using laptop put on a desk with letter icons

Kelebihan Dan Kekurangan Email Marketing

Meskipun social media marketing memiliki hasil yang lebih memuaskan, mengapa email marketing masih menjadi andalan para pebisnis? Tentunya email marketing memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya masih efektif menjadi strategi bisnis dalam meraup pelanggan dan keuntungan.

Kelebihan Email Marketing

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan melakukan email marketing.

  • Biaya efektif: Email marketing merupakan salah satu cara pemasaran yang paling efektif secara biaya.
  • Mampu mencapai target audiens: Anda dapat mengirimkan email kepada orang-orang yang sudah terdaftar di daftar email Anda, sehingga Anda dapat yakin bahwa pesan Anda akan sampai kepada target audiens yang tepat.
  • Dapat diukur: Anda dapat mengukur efektivitas email marketing dengan menggunakan alat pengukuran seperti tingkat buka email, tingkat klik, dan tingkat konversi.
  • Dapat dijadikan alat promosi yang efektif: Anda dapat menggunakan email marketing untuk mempromosikan produk atau layanan baru atau mengirimkan tawaran khusus kepada pelanggan yang sudah terdaftar.
  • Dapat membangun hubungan dengan pelanggan: Dengan mengirimkan email yang bermanfaat dan menarik secara teratur, Anda dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda dan mempertahankan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

Kekurangan Email Marketing

Seiring dengan kelebihan dari melakukan email marketing, terdapat beberapa kekurangan yang mungkin perlu dipertimbangkan. Melalui beberapa kekurangan email marketing di bawah ini, Anda dapat merancang strategi seperti apa yang tepat untuk dilakukan.

  • Dapat dianggap spam: Jika Anda tidak memiliki izin dari orang yang menerima email Anda, pesan Anda dapat dianggap spam dan dihapus sebelum dibaca.
  • Kebutuhan untuk membangun daftar email: Anda harus membangun daftar email terlebih dahulu sebelum dapat melakukan email marketing. Ini bisa menjadi proses yang panjang dan memakan waktu.
  • Bisa diblokir oleh filter spam: Beberapa email dapat diblokir oleh filter spam, sehingga tidak sampai ke inbox penerima.
  • Kebutuhan untuk menyusun konten yang berkualitas: Anda harus membuat konten yang berkualitas dan menarik bagi penerima email agar mereka tertarik untuk membuka dan membaca pesan Anda.

Nah, itulah tadi informasi mengenai email marketing yang perlu Anda ketahui. Sebelum menerapkan strategi marketing yang satu ini, pastikan Anda telah mempertimbangkan apakah ini sesuai dengan kebutuhan bisnis dan juga budget. Efektivitas email marketing sendiri semakin meningkat seiring dengan banyaknya pekerja yang memanfaatkan email saat beraktivitas. Ini akan membuat potensi traffic membaca email promosi Anda lebih besar.

Apabila ingin email marketing lebih luas dalam meraup keuntungan, Anda dapat menautkannya pada website perusahaan. Jadi, Anda berpotensi mendapatkan keuntungan dari website dan email secara bersamaan. Gunakan jasa pembuatan website terpercaya guna menunjang kebutuhan bisnis Anda. Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan solusi pembuatan website dan konten SEO terbaik untuk bisnis Anda.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Ilustrasi Segmentasi Pasar (https://kledo.com)

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar

Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang lagi belajar digital marketing? Kamu tau gak apa salah satu hal dasar yang perlu diketahui ketika belajar digital

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative