fbpx

Kelebihan dan Kekurangan Alibaba Cloud, Kamu Harus Tahu!

Halo Alan Lovers, apakah kalian cukup familiar dengan Alibaba Group? Jika iya, mungkin layanan cloud computingnya menjadi salah satu yang terpopuler. Sebelum kamu tertarik untuk menggunakannya, kenali lebih dulu seperti apa layanannya. Simak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Alibaba Cloud lewat artikel yang satu ini.

Baca juga: Mengenal Fitur dan Cara Kerja Alibaba Cloud

Apa Itu Alibaba Cloud?

Apa yang dikenal dengan Alibaba Cloud adalah layanan komputasi awan (cloud computing) yang disediakan oleh perusahaan teknologi Tiongkok, Alibaba Group. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data dan aplikasi secara online melalui infrastruktur yang dikelola oleh Alibaba Cloud.

Cloud computing yang satu ini menyediakan berbagai layanan termasuk pengolahan data, keamanan, database, jaringan, kecerdasan buatan, dan lain-lain. Layanan ini juga menyediakan platform untuk hosting situs web dan aplikasi, serta menyediakan layanan untuk mendukung transformasi digital bisnis.

Alibaba Cloud juga dikenal sebagai Aliyun, dan merupakan salah satu penyedia layanan komputasi awan terbesar di dunia. Alibaba sendiri bersaing dengan perusahaan seperti Amazon Web Services (AWS) dan Microsoft Azure.

Baca juga: Tips Menggunakan Alibaba Cloud

Apa Saja Kelebihan dari Alibaba Cloud?

Penggunaan yang cukup populer tentunya dilatarbelakangi oleh banyaknya kelebihan yang ditawarkan. Kamu perlu untuk mengetahui beberapa kelebihan dari Alibaba Cloud di bawah ini.

1. Skala yang Besar

Alibaba Cloud memiliki infrastruktur yang besar dan kuat, dengan pusat data tersebar di seluruh dunia. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan dari mana saja di dunia dan mengelola beban kerja dengan mudah.

2. Keamanan yang Tinggi

Cloud computing yang satu ini menyediakan berbagai layanan keamanan seperti enkripsi data, kontrol akses, dan pemantauan keamanan yang kuat. Hal ini dapat berguna untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap ancaman keamanan siber.

3. Kinerja yang Cepat

Alibaba Cloud menyediakan berbagai opsi jaringan dan kecepatan transfer data yang tinggi. Kelebihan tersebut membuatnya cocok untuk aplikasi yang memerlukan waktu respons yang cepat dan kinerja yang konsisten.

4. Harga yang Kompetitif

Harga layanan cloud computing ini sangat bersaing dengan penyedia layanan cloud lainnya. Dengan begitu, pengguna dapat lebih menghemat biaya dan memperoleh nilai yang lebih tinggi dari investasi mereka.

5. Mudah Digunakan

Cloud computing ini menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan. Hal tersebut akan bantu memudahkan pengguna untuk mengelola aplikasi dan beban kerja mereka tanpa keahlian teknis yang mendalam.

6. Dukungan Global

Alibaba Cloud menyediakan layanan dukungan pelanggan 24/7. Dengan begitu, layanan ini akan siap membantu pengguna dalam mengatasi masalah atau menjawab pertanyaan mereka, kapan saja dan di mana saja di dunia.

Apa Saja Kekurangan dari Alibaba Cloud?

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, tetapi cloud computing yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kamu mungkin perlu untuk memperhatikan beberapa kekurangan Alibaba Cloud di bawah ini sebelum memilih untuk menggunakannya.

1. Batasan Layanan

Beberapa layanan Alibaba Cloud tidak tersedia di semua wilayah. Kekurangan yang satu ini dapat membatasi kemampuan pengguna untuk memenuhi kebutuhan mereka.

2. Terbatasnya Dukungan Bahasa

Meskipun Alibaba Cloud menyediakan dukungan pelanggan 24/7, dukungan bahasa yang tersedia terbatas pada beberapa bahasa. Misalnya seperti bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang. Pengguna yang tidak fasih dalam bahasa ini mungkin menghadapi kesulitan dalam mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

3. Kompleksitas Konfigurasi

Antarmuka pengguna Alibaba Cloud memang mudah digunakan, tetapi beberapa layanan memerlukan konfigurasi yang rumit. Dengan tingkat kesulitan tersebut, kamu mungkin membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih mendalam.

Nah, itulah tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari Alibaba Cloud. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, pastikan melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu agar mengenai cocok atau tidaknya layanan ini untukmu. Tidak ada salahnya memanfaatkan layanan profesional untuk mengoptimalkannya.

Butuh bantuan terkait hosting ataupun web development? Yuk percayakan saja pada berbagai layanan yang tersedia di Alan Creative. Kamu bisa tanya-tanya dulu, sebelum menggunakan layanan kami. Hubungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan promo menarik khusus untukmu.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

5 Alasan Pentingnya Maintenance Aplikasi

5 Alasan Pentingnya Maintenance Aplikasi

Halo, Alan Lovers! Berikut merupakan beberapa alasan pentingnya maintenance aplikasi yang wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya, maintenance sangat penting agar aplikasi yang dibangun dapat berfungsi

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative