fbpx
teknik copywriting

Cara Menggunakan Teknik Copywriting dalam Content Writing

Hi Alan Lovers, copywriting adalah seni dan ilmu dalam menulis teks persuasif dengan tujuan untuk mempromosikan atau menjual suatu produk atau layanan. Teknik copywriting adalah kunci untuk membuat konten tulisan yang efektif dalam mempengaruhi dan memotivasi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu.

Dalam konteks bisnis, teknik copywriting adalah salah satu strategi pemasaran yang penting untuk menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan dan meningkatkan konversi penjualan. Menerapkan teknik copywriting dalam konten tulisan sangat penting untuk memastikan konten yang dihasilkan mampu memenuhi tujuan pemasaran kamu.

Menentukan Tujuan

Sebelum mulai menulis konten, sangat penting untuk menentukan tujuan dari konten tulisan yang ingin kamu buat. Tanpa tujuan yang jelas, konten tulisan yang dihasilkan mungkin tidak akan memiliki pengaruh atau dampak yang diinginkan. Ada beberapa tujuan yang dapat diinginkan dari konten tulisan. Seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan jumlah pengunjung website, meningkatkan awareness merek, dan banyak lagi.

Setelah menentukan tujuan dari konten tulisan, langkah selanjutnya adalah membuat tujuan yang spesifik dan terukur. Tujuan yang spesifik akan memungkinkan kamu untuk fokus pada target yang ingin dicapai. Sementara tujuan yang terukur memungkinkan kamu untuk menilai apakah tujuan tersebut telah tercapai atau tidak.

Contohnya, jika tujuan kamu adalah meningkatkan penjualan, maka tujuan yang spesifik dan terukur dapat berupa “meningkatkan penjualan produk A sebesar 20% dalam 3 bulan ke depan”.

Mengetahui Audiens

Langkah pertama untuk mengetahui audiens adalah dengan mengidentifikasi siapa yang akan membaca konten tulisan kamu. Apakah audiens kamu adalah konsumen atau pelanggan, profesional di industri tertentu, atau mungkin orang yang tertarik pada topik tertentu. kamu juga perlu mempertimbangkan faktor seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, pendidikan, pekerjaan, dan minat mereka.

Setelah mengidentifikasi audiens, langkah selanjutnya adalah membuat profil audiens yang lebih detail. Profil audiens akan membantu kamu memahami motivasi, kebutuhan, dan keinginan mereka. kamu dapat membuat profil audiens dengan mengumpulkan data dan informasi seperti survey, data perilaku, analisis media sosial, atau melakukan wawancara dengan audiens kamu.

Menentukan Keywords yang Tepat

Memilih kata kunci yang tepat sangat penting untuk membuat konten tulisan yang SEO-friendly dan mudah ditemukan oleh audiens kamu di mesin pencari. Kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna mesin pencari untuk mencari informasi di internet. Dengan memilih kata kunci yang relevan dengan topik dan audiens, konten tulisan kamu akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Menulis Headline yang Menarik Perhatian

Headline atau judul adalah elemen penting dalam konten tulisan kamu. Headline yang menarik perhatian dapat meningkatkan kemungkinan audiens kamu membaca seluruh konten tulisan kamu. Oleh karena itu, penting untuk membuat headline yang memikat dan menarik perhatian pembaca.

Beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk membuat headline adalah:

  • Menggunakan angka: Headline yang menggunakan angka seringkali lebih menarik perhatian pembaca karena memberikan kesan yang spesifik dan terukur. Misalnya, “10 Tips Menulis Headline yang Menarik Perhatian.”
  • Menggunakan kata sifat: Headline yang menggunakan kata sifat yang kuat seperti “amazing“, “terbaik“, atau “luar biasa” dapat membuat headline kamu terlihat lebih menarik dan memikat.
  • Menggunakan pertanyaan: Headline yang menggunakan pertanyaan seringkali membuat pembaca tertarik untuk membaca konten tulisan kamu. Pertanyaan yang berkaitan dengan masalah atau kebutuhan audiens kamu dapat meningkatkan kemungkinan mereka membaca seluruh konten tulisan kamu.
  • Menggunakan kalimat yang pendek: Headline yang terlalu panjang atau rumit dapat membuat pembaca kehilangan minat. Pastikan headline kamu mudah dibaca dan dipahami.

Menulis Pengantar yang Bersifat Mengajak

Pengantar atau introduksi dalam konten tulisan adalah bagian penting untuk menarik perhatian pembaca. Pengantar yang persuasif dapat membantu membujuk pembaca untuk terus membaca seluruh konten tulisan kamu.

Beberapa teknik yang dapat kamu gunakan membuat pengantar yang persuasif adalah:

  • Membuat pengantar yang relevan dengan topik: Pastikan pengantar kamu berkaitan langsung dengan topik yang akan dibahas dalam konten tulisan kamu. Hal ini akan membantu membujuk pembaca untuk tetap membaca seluruh konten tulisan kamu.
  • Menjelaskan manfaat: Sebuah pengantar yang menjelaskan manfaat dari membaca konten tulisan. Kamu dapat membujuk pembaca untuk melanjutkan membaca seluruh konten tulisan kamu.
  • Menjelaskan masalah atau tantangan: Pengantar yang menjelaskan masalah atau tantangan yang dihadapi pembaca. Kamu dapat membujuk pembaca untuk melanjutkan membaca seluruh konten tulisan kamu.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami: Pastikan pengantar kamu menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga pembaca dapat memahami pesan yang ingin kamu sampaikan.

Menggunakan Teknik Storytelling

Teknik storytelling adalah sebuah teknik menulis yang memanfaatkan cerita atau narasi untuk memaparkan pesan atau informasi dalam sebuah konten tulisan. Teknik ini efektif digunakan dalam konten tulisan karena dapat membuat pembaca lebih terlibat dan terhubung secara emosional dengan topik yang dibahas.

Beberapa teknik storytelling yang dapat digunakan antara lain:

  • Menggunakan struktur cerita yang jelas: Cerita yang efektif biasanya memiliki struktur yang jelas, seperti pendahuluan, puncak konflik, dan penyelesaian.
  • Menjaga konsistensi dan kesesuaian dengan topik: Pastikan cerita yang kamu pilih konsisten dan relevan dengan topik yang akan dibahas dalam konten tulisan.
  • Memanfaatkan detail dan deskripsi yang kaya: Gunakan deskripsi yang kaya dan detail untuk membantu pembaca membayangkan adegan atau situasi dalam cerita.
  • Menggunakan gaya bahasa yang sesuai: Pilih gaya bahasa yang sesuai dengan jenis cerita dan audiens kamu.

Menjaga Fokus pada Manfaat

kamu perlu menjelaskan manfaat dari produk atau layanan tersebut secara jelas dan terperinci kepada pembaca. Untuk menjelaskan manfaat dengan efektif, gunakan teknik highlight manfaat. Teknik ini melibatkan menjelaskan manfaat dari produk atau layanan secara spesifik dan jelas, dan membandingkan manfaat tersebut dengan produk atau layanan sejenis yang ada di pasar.

Beberapa teknik highlight manfaat yang efektif antara lain:

  • Fokus pada kebutuhan audiens: Jelaskan manfaat produk atau layanan kamu dengan fokus pada kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh audiens kamu.
  • Gunakan data dan statistik: Menyajikan data dan statistik dapat membantu memperkuat klaim tentang manfaat yang ditawarkan.
  • Gunakan testimoni dan pengalaman nyata: Menggunakan testimoni dari pelanggan atau cerita pengalaman nyata dapat membantu mengilustrasikan manfaat yang ditawarkan.
  • Membandingkan dengan produk sejenis: Membandingkan manfaat produk atau layanan kamu dengan produk sejenis di pasar dapat membantu menunjukkan keunggulan dan nilai tambah yang ditawarkan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Facebook Pixel

teknik copywriting
Ilustrasi Cara Menggunakan Teknik Copywriting dalam Content Writing | Sumber: Vecteezy

Menyertakan Bukti Sosial

Bukti sosial dapat berupa testimoni dari pelanggan, review produk, atau data statistik yang relevan dengan topik yang dibahas. Untuk menggunakan bukti sosial dengan efektif, gunakan teknik menulis bukti sosial yang tepat, seperti:

  • Gunakan sumber yang terpercaya: Pastikan bukti sosial yang kamu sertakan berasal dari sumber yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Fokus pada bukti sosial yang relevan: Hanya sertakan bukti sosial yang benar-benar relevan dengan topik yang dibahas dan dapat membantu memperkuat klaim atau pernyataan kamu.
  • Gunakan testimoni dan review yang spesifik: Gunakan testimoni atau review yang spesifik dan terperinci, dan sertakan nama, lokasi, atau informasi lain yang dapat membantu membuktikan kebenaran klaim kamu.
  • Sertakan data dan statistik: Sertakan data dan statistik yang dapat membantu membuktikan kebenaran klaim kamu, dan pastikan sumber data tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

Menulis Call-to-Action yang Jelas

Call-to-action (CTA) adalah elemen penting dalam konten tulisan yang dapat membantu kamu mengarahkan pembaca ke tindakan yang kamu inginkan, seperti mendaftar, membeli produk, atau menghubungi kamu. Untuk membuat CTA yang efektif, ada beberapa teknik menulis CTA yang dapat kamu gunakan:

  • Gunakan kata kerja yang aktif: Gunakan kata kerja yang aktif dan langsung, seperti “Daftar sekarang” atau “Beli sekarang“, untuk memotivasi pembaca untuk melakukan tindakan yang kamu inginkan.
  • Buat CTA yang menarik perhatian: Buat CTA yang menarik perhatian dengan menggunakan warna yang mencolok atau font yang berbeda.
  • Beri insentif: Berikan insentif atau keuntungan bagi pembaca yang melakukan tindakan yang kamu inginkan, seperti diskon atau hadiah.
  • Gunakan frasa yang mendesak: Gunakan frasa yang mendesak, seperti “Jangan lewatkan kesempatan ini” atau “Waktu terbatas“, untuk memotivasi pembaca untuk melakukan tindakan segera.
  • Buat CTA yang sesuai dengan tujuan: Sesuaikan CTA dengan tujuan konten tulisan kamu, dan pastikan tindakan yang diminta konsisten dengan pesan dan tujuan konten tulisan kamu.

Simpulan

Nah itu dia teknik copywriting yang diterapkan dalam content writing. Menurut kamu apakah ada yang kurang dari cara-cara diatas? Kamu juga bisa menggunakan jasa layanan di Alan Creative untuk menerapkan teknik-teknik copywriting diatas. Gunakan layanan artikel SEO dari Alan Creative dan temukan manfaatnya sekarang juga.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Tips Menulis Evergreen Content yang Tepat

Halo, Alan Lovers! Dalam dunia pemasaran konten, terdapat satu jenis konten yang sangat bernilai dan selalu relevan—evergreen content. Apa itu evergreen content? Ini adalah jenis

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative