fbpx

Menilik Pemanfaatan Teknologi AI Google

Halo Alan Lovers, siapa sih yang tidak pernah menggunakan Google? Mesin pencari (search engine) ini merupakan yang paling populer digunakan oleh seluruh masyarakat global. Salah satu produk andalan yaitu Google Chrome saja memiliki lebih dari 3 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Popularitas ini tentunya dikarenakan pemanfaatan teknologi AI Google.

Artificial Intelligence (AI) sendiri merupakan teknologi kecerdasan buatan yang semakin marak digunakan. Baru-baru ini, salah produk AI yaitu Chat GPT terus mencuri perhatian masyarakat global dan mengundang lebih dari 100 juta pengguna aktif. Lalu bagaimana perusahaan raksasa seperti Google memanfaatkan AI? Yuk simak informasi lebih lanjutnya lewat artikel yang satu ini.

Baca juga: Perkembangan Teknologi AI

Teknologi AI Google

Google menggunakan kecerdasan buatan dalam berbagai produk dan layanannya, termasuk mesin pencari, penerjemah bahasa, pengenalan wajah dan gambar, serta asisten virtual seperti Google Assistant. Berikut ini merupakan beberapa contoh pemanfaatan AI di Google.

1. Google Search (Mesin Pencari)

Google menggunakan AI untuk meningkatkan hasil pencarian dan memperbaiki pengalaman pengguna dengan menampilkan konten yang lebih relevan dan berguna. Teknologi AI seperti RankBrain membantu mesin pencari memahami maksud pengguna di balik kata kunci yang dimasukkan dan menyesuaikan hasil pencarian sesuai dengan konteks yang relevan.

2. Google Translate (Penerjemah)

Google Translate memanfaatkan teknologi AI untuk menerjemahkan teks dan suara antara berbagai bahasa. Model deep learning yang kompleks digunakan untuk memahami konteks kalimat dan menyesuaikan terjemahan agar lebih natural dan mudah dipahami.

Google Photos menggunakan teknologi AI untuk mengenali dan mengelompokkan gambar berdasarkan wajah, tempat, dan objek. Teknologi ini memudahkan pengguna untuk mencari dan menemukan gambar yang ingin mereka lihat.

4. Google Assistant

Selanjutnya, ada Google Assistant yaitu dukungan asisten virtual yang menggunakan teknologi AI untuk memahami permintaan pengguna dan memberikan jawaban yang sesuai. Asisten virtual ini juga dapat melakukan tugas seperti mengatur pengingat atau menjawab panggilan telepon.

5. Google Cloud Platform

Contoh pemanfaatan AI pada Google yang terakhir adalah Google Cloud Platform. Fitur ini menyediakan berbagai layanan yang memungkinkan pengguna untuk membangun dan menjalankan aplikasi yang menggunakan teknologi AI, seperti pembelajaran mesin dan pengolahan bahasa alami.

Selain contoh-contoh di atas terdapat beberapa penerapan AI Google yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya adalah fitur live view di Google Maps, akses informasi melalui gambar di Google Lens dan lain sebagainya.

Google Bard: Teknologi AI Terbaru Jadi Saingan Chat GPT

Google Bard adalah sistem AI (Artificial Intelligence) terbaru yang dikembangkan oleh Google untuk menghasilkan teks yang lebih terstruktur, seperti artikel berita atau deskripsi produk. Sistem ini menggunakan teknologi pembelajaran mesin yang canggih untuk menghasilkan teks yang lebih alami dan manusia.

Google Bard mampu menghasilkan teks dengan cara yang lebih terstruktur karena sistem ini dirancang untuk memahami topik tertentu dengan lebih mendalam dan menghasilkan teks yang lebih koheren dan terstruktur. Dalam beberapa contoh, Google Bard dapat menghasilkan teks yang mirip dengan teks yang dibuat oleh manusia dalam hal kualitas dan struktur.

Dalam pengembangannya, Google Bard didasarkan pada teknologi yang mirip dengan GPT (Generative Pre-trained Transformer) yang digunakan dalam sistem Chat GPT dan sistem AI lainnya yang digunakan untuk menghasilkan teks yang lebih alami dan manusia. Namun, Google Bard memiliki pendekatan dan teknologi yang lebih terfokus pada menghasilkan teks yang terstruktur dan lebih formal.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, Google Bard diharapkan dapat membantu menghasilkan teks yang lebih baik dan efektif dalam berbagai aplikasi, seperti dalam penulisan artikel berita atau deskripsi produk yang lebih terstruktur dan koheren.

Nah, itulah tadi informasi mengenai teknologi AI Google yang perlu Anda ketahui. Pada perusahaan pencipta mesin pencari lainnya seperti Safari pun juga memanfaatkan AI untuk optimalisasi penggunaan. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi AI sendiri sudah sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tidak heran apabila tren menciptakan, menggunakan hingga pengujian AI pun terus menjadi topik yang hangat.

Bisa nggak sih memanfaatkan AI untuk dukung perkembangan bisnis? Dengan bantuan profesional, tentunya AI bisa jadi saran tepat untuk optimalkan keuntungan bisnis. Alan Creative siap membantu kalian lewat berbagai layanan dan promo menarik nih. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Cara Membuat Splash Screen di Flutter

Halo, Alan Lovers! Ketika mengembangkan sebuah aplikasi, tentu banyak sekali komponen yang harus dikembangkan. Salah satu komponen penting dalam meningkatkan estetika sebuah aplikasi adalah splash

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative