fbpx
Web capture_8-5-2023_205328_www.bing.com

Teknologi Mutakhir Anggar, Menyambut SEA Games 2023

Halo, Alan Lovers! Sejak Jumat, 5 Mei 2023 lalu, berbagai cabang olahraga dipertandingkan, mulai dari cabang atletik hingga olahraga tradisional Kamboja. Ya, SEA Games 2023, pesta olahraga bagi negara Asia Tenggara telah dimulai.

Salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan adalah anggar. Dalam artikel ini, kita akan membahas teknologi mutakhir dalam anggar. Wah, gimana tuh teknologinya? Yuk, kita bahas tuntas dalam artikel ini.

Sekilas Mengenai Anggar

Anggar atau fencing sering disebut sebagai permainan catur fisik karena membutuhkan kekuatan fisik dan kemampuan mental. Pedang yang digunakan dalam fencing diyakini sebagai objek yang bergerak paling cepat kedua di Olimpiade. Dengan ini, atlet fencing harus memiliki reaksi yang sangat cepat.

Olahraga anggar adalah sebuah olahraga yang menggunakan senjata pedang untuk bertarung dalam pertandingan. Olahraga ini melibatkan dua orang atau tim yang saling bertanding untuk mencetak poin dengan memukul lawan menggunakan pedang yang telah dilengkapi dengan sistem elektronik untuk mendeteksi tabrakan.

Terdapat tiga jenis senjata yang digunakan dalam olahraga anggar, yaitu foil, epee, dan sabre, masing-masing dengan peraturan dan target area yang berbeda. Olahraga anggar membutuhkan kelincahan fisik dan mental, teknik yang baik, serta reaksi yang cepat. Olahraga anggar termasuk dalam program Olimpiade dan sering dipraktikkan di seluruh dunia sebagai olahraga kompetitif maupun rekreasi.

Anggar di Era Tradisional

Sebelum adanya teknologi, hit atau score dalam olahraga anggar ditentukan oleh juri atau wasit yang bertugas memantau pertandingan secara langsung. Wasit akan memeriksa apakah terdapat kontak antara pedang dan lawan, serta apakah kontak tersebut memenuhi syarat untuk mendapatkan poin.

Pada awalnya, wasit menggunakan sistem yang disebut “poin lampu”, di mana terdapat sebuah sistem kabel yang menghubungkan pedang dengan lampu kecil di atas layar skor. Ketika terjadi tabrakan antara pedang, maka sirkuit listrik akan terputus dan lampu akan menyala untuk menunjukkan bahwa hit telah terjadi. Namun, sistem poin lampu ini masih mengandalkan interpretasi wasit untuk menentukan poin yang valid, sehingga seringkali terjadi perselisihan antara atlet dan wasit.

Dalam perkembangan selanjutnya, teknologi semakin diterapkan dalam olahraga anggar, di mana sistem elektronik mulai digunakan untuk mendeteksi hit dengan lebih akurat dan konsisten. Pada sistem ini, senjata anggar dilengkapi dengan sensor elektronik yang terhubung dengan komputer yang akan menghitung dan menampilkan skor secara otomatis. Hal ini meminimalkan kesalahan penilaian dan membuat hasil pertandingan menjadi lebih adil dan transparan.

Teknologi Mutakhir Anggar

Teknologi terbaru yang digunakan dalam olahraga anggar adalah sistem yang disebut dengan “video referee” atau wasit video. Sistem ini digunakan untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan yang sulit dan kontroversial selama pertandingan.

Wasit video terdiri dari beberapa kamera yang dipasang di sekitar arena pertandingan untuk merekam semua gerakan dan aksi yang terjadi selama pertandingan. Saat terjadi kejadian yang dipertanyakan, wasit dapat memutar rekaman ulang dari berbagai sudut pandang untuk memeriksa dengan cermat apa yang terjadi dan memutuskan keputusan yang tepat.

Sistem wasit video digunakan terutama dalam situasi seperti apakah terdapat hit di luar area target, apakah lawan sudah terkena hit sebelum atau setelah terdapat perintah penghentian pertandingan (panggilan stop), atau apakah salah satu atlet melakukan pelanggaran dalam pertandingan. Sistem ini membantu wasit untuk mengambil keputusan yang lebih akurat dan mengurangi risiko keputusan yang salah.

Selain itu, pengembangan teknologi juga memungkinkan penggunaan sensor yang lebih kecil dan lebih sensitif pada pedang anggar, sehingga dapat memperbaiki ketepatan deteksi hit dan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan penilaian. Teknologi ini terus berkembang dan diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pertandingan dan keadilan dalam olahraga anggar.

Kesimpulan

Dengan berkembangnya teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dalam dunia anggar akan selalu mengalami pembaruan. Pembaruan ini tentu akan berdampak baik terhadap keberlangsungan olahraga ini yang lebih baik lagi, khususnya dalam penilaiannya.

Bagi kalian yang tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya, ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing.

Setelah baca, kalian tertarik untuk mengembangkan aplikasi tapi bingung gimana caranya gak? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan pembuatan web maupun mobile apps dengan profesional dan terjangkau. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

react native

React Native: Pengembangan Aplikasi Mobile

Hi Alan Lovers, React Native adalah sebuah framework open-source untuk mengembangkan aplikasi mobile cross-platform yang memungkinkan developer untuk membuat aplikasi native dengan menggunakan bahasa pemrograman

mongodb

Apa itu MongoDB?

Hi Alan Lovers, kamu mungkin sering mendengar istilah MongoDB, tapi apakah kamu tahu apa itu MongoDB? Jika belum, maka kami akan membantu kamu memahami konsep

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative