fbpx

7 Tips Copywriting, Buat Tulisanmu Makin Menarik!

Halo Alan Lovers, tahukah kalian kalau copywriting ternyata sangat berpengaruh pada peningkatan transaksi bisnis? Sebagai salah satu cara perusahaan dalam melakukan soft selling, copywriting jadi strategi marketing yang prospektif loh. Lalu, gimana sih cara menyajikan copywriting yang menarik? Kamu dapat mengetahui beberapa tips copywriting lewat artikel ini.

Baca juga: Content Writing vs Copywriting, Sudah Tahu Bedanya?

Apa Pentingnya Copywriting untuk Bisnis?

Copywriting adalah seni menulis teks promosi atau iklan untuk mempromosikan produk atau layanan suatu bisnis. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa copywriting penting untuk bisnis.

1. Meningkatkan Penjualan

Manfaat pertama dari sebuah tulisan soft selling adalah dapat memotivasi calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Akhirnya, hal tersebut dapat meningkatkan penjualan bisnis.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Copywriting yang efektif dapat membantu meningkatkan brand awareness. Pasar akan lebih mengetahui posisi bisnismu dan tentunya membantumu untuk membangun citra positif.

3. Meningkatkan Konversi

Alasan pentingnya copywriting untuk bisnis yang selanjutnya adalah mampu meningkatkan konversi pelanggan. Para pembaca tulisanmu dapat tergerak untuk melakukan tindakan pembelian atau pemesanan.

Baca juga: Cara Menggunakan Teknik Copywriting dalam Content Writing

7 Tips Copywriting Buat Tulisan Makin Menarik

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat copywriting. Tidak hanya tentang tulisan, copywriting adalah salah satu cara sebuah bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Kamu mungkin perlu mencoba menerapkan beberapa tips copywriting di bawah ini untuk membuat tulisanmu makin menarik.

1. Pahami Audiens

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami siapa target audiensmu. Tulis copywriting sesuai dengan segmenmu, misalkan generasi Z yang suka menggunakan bahasa gaul. Bisa juga menambahkan jokes bapak-bapak saat menulis copywriting di target pembaca yang tepat.

2. Prioritaskan Metode Soft Selling

Tips selanjutnya adalah jangan memberikan penawaran berlebih. Copywriting adalah salah satu metode soft selling, jadi lakukan secara halus dan tepat. Usahakan untuk tidak memberikan penawaran bisnis di awal.

3. Fokus pada Masalah

Tulisan yang menarik biasanya dapat “memancing” perhatian audiens, ini lah yang dibutuhkan. Lalu, bagaimana caranya? Cobalah untuk memberikan masalah yang relate dengan audiens dan dapat membuat mereka merasakan tulisanmu. Misalnya adalah “Lagi enak-enak streaming tapi internet malah lemot. Nyebelin banget nggak sih?”. Pancingan tersebut mungkin cocok untuk bisnis provider internet.

4. Gunakan Brand Voice

Ada cara lain untuk membuat tulisanmu memberikan good feeling bagi audiens. Gunakan brand voice, misalkan seperti Sobat Masak, Warga Twitter dan lain sebagainya. Brand voice dapat membuat pembaca merasa lebih dekat dengan tulisanmu, relate dengan apa yang kamu sampaikan.

5. Sesuaikan Tulisan dengan Platform

Copywriting biasanya digunakan untuk berbagai macam platform. Nah, jangan menyamakan penggunaan bahasa di tiap platform tersebut ya. Pengguna TikTok merupakan generasi Z yang pastinya lebih menyukai bahasa yang gaul dan viral. Berbeda dengan Facebook dengan banyak pengguna bapak-bapak atau ibu-ibu, lebih menyukai bahasa yang jelas.

6. Highlight Benefit

Kemudian, jangan lupa untuk menonjolkan benefit dari produk atau layanan bisnis yang kamu tawarkan. Ini dapat berpengaruh pada tujuan marketing dari copywriting. Misalnya adalah memberikan highlight seperti, “Sudah pakai kartu X, tapi internet masih lemot? Tenang, ada garansi khusus yang bikin anti rugi!”.

7. Perhatikan Pemilihan CTA

Tahu nggak sih kalau Call to Action (CTA) itu penting? Meskipun terletak di akhir, tapi kamu harus tetap memerhatikannya loh. Usahakan untuk jangan terlalu memaksa audiens menggunakan layananmu, sehingga mereka merasa lebih nyaman.

Baca juga: 7 Tips Optimasi Konten untuk Tingkatkan Traffic

Nah, itulah tadi beberapa tips copywriting yang dapat membuat tulisanmu semakin menarik. Jangan ragu untuk menggunakan bantuan tools agar membuat copywriting semakin menarik dan potensial.

Menggunakan layanan profesional copywriting mungkin juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk bisnismu loh. Tenang, kami juga menyediakan berbagai promo menarik khusus untukmu. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

tips berpuasa

Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Hi Alan Lovers, berpuasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim dalam menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan. Namun, bagi penderita diabetes, berpuasa dapat menjadi hal

10 Contoh Tema Foto Produk untuk Bisnis

10 Contoh Tema Foto Produk untuk Bisnis

Halo, Alan Lovers! Anda sedang mencari contoh tema foto produk untuk bisnis? Tenang! Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Pastikan Anda menyimaknya hingga tuntas,

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative