fbpx
Web capture_29-3-2023_153016_www.bing.com

Versi Doa Buka Puasa Ramadhan Lengkap

Halo, Alan Lovers! Saat bulan Ramadhan, salah satu hal yang ditunggu-tunggu adalah waktu iftar atau berbuka puasa. Setelah menahan lapar dan haus selama puasa, kita bisa minum dan menyantap makanan yang enak.

Tapi, sebelum kita berbuka, ada etika yang harus dilakukan yaitu berdoa. Namun, terdapat berbagai versi doa buka puasa yang dijelaskan dari berbagai keterangan hadits.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 2 versi doa buka puasa yang umum kita jumpai. Simak artikel ini sampai selesai!

Versi 1: Riwayat sahabat Mu’adz bin Zuhrah

 اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu 

“Ya Allah hanya untuk-Mu kami berpuasa dan atas rezeki yang Engkau berikan kami berbuka.”

Versi 2: Riwayat Sahabat Abdullah bin ‘Umar

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Dzahabadzh dzhama-u wabtallatil-‘uruqu wa tsabatal-ajru insyaa-Allah

“Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala tetap, insyaallah.”

Pembahasan

Kedua versi tersebut sebenarnya dapat digunakan dan dibenarkan. Namun ada pendapat di dalam Kitab Fathul Mu’in juz 2 halaman 279. Dijelaskan, ketentuan doa berbuka puasa yang baik adalah membaca doa sesuai dengan lafal doa dalam hadits riwayat Mu’adz bin Zuhrah. 

Sementara lafal doa dalam hadits yang diriwayatkan Abdullah bin Umar ditambahkan ketika seseorang berbuka dengan menggunakan air.

Berikut penjelasannya: 

وَيُسَنُّ أَنْ يَقُوْلَ عَقِبَ الْفِطْرِ: اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَيَزِيْدُ – مَنْ أَفْطَرَ بِالْمَاءِ -: ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ تَعَالَى.

“Disunnahkan membaca doa setelah selesai berbuka ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika aftharthu’ dan bagi orang yang berbuka dengan air ditambahkan doa: ‘Dzahabadzh dzhama-u wabtallatil-‘uruqu wa tsabatal-ajru insyaa-Allah’.”

Namun demikian, nyaris tak ada orang berbuka puasa hanya berupa makanan tanpa minuman, kecuali sangat terdesak. Sehingga, bacaan yang sering kita dapati adalah penggabungan doa dari hadits tersebut: اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ Artinya, “Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

Sumber: https://islam.nu.or.id/ramadhan/doa-buka-puasa-dibaca-sesudah-berbuka-atau-sebelumnya-NKzEr

Kesimpulan

Versi doa buka puasa tersebut sebenarnya dapat digunakan, baik yang manapun. Namun yang menjadi perbedaan pendapat adalah waktu untuk mengucapkannya. Terlepas dari perbedaan itu, semoga artikel ini dapat memberikan sedikit pencerahan bagi kita semua.

Kalau kalian membutuhkan jasa pembuatan website profesional, hubungi saja Alan Creative. Yuk jangan ragu untuk mempercayakan website bisnis kamu pada kami. Desain menarik, performa terbaik, dan tentunya ramah di kantong. Hubungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan website bisnis mulai dari 1jutaan aja!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

daerah terpencil

Transformasi Teknologi di Daerah Terpencil

Hi Alan Lovers, daerah terpencil seringkali diabaikan dalam perencanaan dan pengembangan teknologi. Padahal kebutuhan teknologi di daerah ini tak kalah penting dengan daerah-daerah perkotaan. Tantangan

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative