fbpx
cara meningkatkan keamanan website

12 Cara Meningkatkan Keamanan Website kamu. Penting!

Hi Alan Lovers, meningkatkan keamanan website penting bagi pemiliknya. Karena jika kamu memiliki website, pasti berisi banyak informasi dan file penting yang telah kamu peroleh dan kumpulkan selama ini. Selain itu, membuat website bukanlah hal yang mudah, selain itu, kamu harus memiliki banyak ide dan biaya.

Jadi, keamanan website penting untuk mencegah website diserang berbagai virus, hacker, dll. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengamankan website kamu seperti: memasang SSL, menggunakan password yang kuat, menggunakan layanan hosting yang handal, mengaktifkan 2FA, dll. 

Nah, kami sudah merangkuman berbagai cara untuk meningkatkan keamanan website. Yuk cek detailnya di artikel berikut.

1. Install SSL

Cara meningkatkan keamanan website yang pertama adalah dengan memasang SSL. SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol keamanan yang berguna untuk membuat tautan dalam bentuk terenkripsi antara server web dan browser web menggunakan komunikasi web.

SSL sangat penting untuk kelangsungan website, karena dengan bantuan sertifikat SSL, informasi pribadi, transaksi kartu kredit, transfer data hingga informasi login dapat dilakukan dengan benar dan tersimpan. Terutama untuk situs e-commerce yang mengandung banyak data sensitif pengguna. Itu sebabnya keberadaan SSL sangat penting. 

Jika kamu ingin melihat apakah sebuah website sudah memiliki sistem SSL, kamu bisa melihatnya langsung di browsermu. Ikon kunci hijau akan muncul di sebelah kiri alamat situs web di browser kamu. 

2. Update Website

Opsi selanjutnya dengan memperbaharui website yang kamu miliki. Jika kamu sudah memiliki website, terutama website perusahaan yang menampilkan profil, fitur, manfaat dan informasi lainnya, biasanya tidak diupdate secara berkala sehingga hanya diam saja tanpa menambahkan sesuatu yang baru. Sayangnya, dalam hal ini, keamanan situs web kamu tidak dapat dijamin.

Itu sebabnya kamu perlu memperbarui websitemu karena sistem CMS yang digunakan biasanya memberikan pembaruan terbaru pada waktu tertentu, yang juga memperkuat keamanan website kamu.

3. Password yang Kuat

Selain menggunakan SSL dan mengupdate website secara berkala, kamu pasti membutuhkan password jika ingin membuat website. Disarankan untuk menggunakan kombinasi kata sandi yang berbeda sebanyak mungkin untuk memastikan keamanan website. Cocokkan huruf besar, huruf kecil, angka, dan tanda baca. Cara ini penting agar pihak jahat lainnya tidak dapat dengan mudah menebak kata sandi.

4. Backup Website Secara Berkala

Dengan banyaknya data dan informasi yang ada pada website, jangan pernah lupa untuk backup website tersebut secara berkala. Namun, sebaiknya jangan dilakukan di server website karena masih mudah untuk diretas oleh pihak lain. Sebaiknya cadangkan ke server lain, sehingga sulit dilacak dan lebih aman.

5. Gunakan Jasa Hosting Terpercaya

Jika kamu punya website, kamu tidak dapat melakukannya tanpa layanan hosting. Dan sekarang banyak sekali layanan hosting di internet. Namun, jika memilih layanan hosting yang baru, kamu harus membiasakan diri terlebih dahulu dengan ulasan konsumen yang telah menggunakan layanan mereka.

Dengan menggunakan jasa penyedia layanan hosting yang terpercaya, kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas dan keamanan website. karena sudah pasti layanan hosting tersebut akan memberikan yang terbaik untukmu

6. Install Plugin Backup

Seperti yang diketahui, backup adalah tindakan pencegahan yang baik. Backup berguna saat memulihkan situs web ke keadaan semula dan memecahkan masalah kesalahan website. Plugin cadangan dapat membantu kamu mencadangkan data website. Beberapa plugin backup website WordPress yang bisa digunakan adalah:

– Backup Buddy

– UpdraftPlus

– BoldGrid Backup

– BlogVault

– Acronis Cloud Backup

cara meningkatkan keamanan website

6. Pasang Antivirus

Menggunakan software antivirus pada perangkat yang kamu gunakan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keamanan website.Selain website, perangkat yang kamu gunakan juga harus aman. 

Ini berguna untuk mencegah malware mengganggu browsermu dan bahkan website. File yang kamu unggah ke situs juga harus aman. Maka itu, pastikan menggunakan antivirus terbaik untuk memblokir berbagai malware berbahaya yang bisa menyerang. Beberapa program antivirus bisa kamu gunakan adalah:

– Bitdefender

– Norton Security

– Kaspersky

– Avira Antivirus

– Avast

7. Terapkan 2FA

Two Factor Authentication (2FA) adalah sebuah metode berupa fitur keamanan yang menggunakan verifikasi dua langkah di sebuah aplikasi, website, atau platform lainnya. Dengan menerapkan 2FA, dashboard WordPress akan diblokir sebelum user memasukkan kode unik tersebut.

Metode autentikasi ini mengharuskan pengguna untuk mengetikkan nama pengguna dan sandi secara normal. Kemudian akan muncul kolom di mana kamu harus memasukkan kode OTP (kata sandi satu kali) yang dikirim melalui SMS atau email pribadi. Ini berguna untuk mencegah penyusup atau orang lain mengakses situs web dan memeriksa login.

8. Setel Perlindung DDoS Attack

Saat ini, serangan dunia maya terjadi dengan berbagai cara. Salah satu ancaman kejahatan digital yang paling umum adalah DDoS Attack. DDoS Attack adalah serangan di mana lalu lintas palsu terus dikirim ke server atau sistem, membuat server tidak dapat menangani semua lalu lintas dan menyebabkan down.

Namun kamu tidak perlu khawatir, website kamu aman dari serangan DDoS saat menggunakan layanan hosting penyedia layanan. Website kamu akan menerima perlindungan DDoS berkualitas dari Cloudflare Magic Transit. Situs Web terlindungi dari semua jenis serangan DDoS tanpa penurunan performa sedikit pun!

9. Batasi Akses Login

Selain menggunakan beberapa metode keamanan di atas, kamu juga dapat mengkonfigurasi pengaturan pembatasan login. Ini berguna untuk mencegah serangan siber yang memungkinkan website dengan metode brute force.

Brute force attack adalah cara untuk masuk ke sistem melalui metode peretasan yang dilakukan melalui metode coba-coba untuk memecahkan kata sandi, kredensial, atau kunci enkripsi. Untuk mencegah serangan ini, kamu bisa mengatur batasan upaya login dengan mengubah URL login. Dengan mengubah url admin WP kamu dapat meningkatkan keamanan website.

10. Perhatikan Akses File Permission

Kamu juga perlu memperhatikan file permission jika ingin meningkatkan keamanan website. File permission adalah izin pengguna untuk membaca, menulis, dan mengeksekusi file di situs web. Situs web memiliki banyak pengguna, yaitu pemilik grup dan audiens.

Masing-masing pengguna ini memiliki pengaturan dan batasannya sendiri pada akses hak file. Tugas kamu adalah memastikan komposisi ketiga bagian ini sesuai sehingga tidak ada pengguna yang dapat mengakses file terlarang tersebut.

11. Logout Otomatis

Kamu juga dapat melakukannya dengan cara yang meningkatkan keamanan website. Mengatur logout otomatis mencegah berbagai kejahatan yang dapat merugikan website. Jika akun tidak aktif untuk waktu yang lama, itu akan secara otomatis keluar.

Untuk melakukan konfigurasi logout otomatis, kamu bisa menggunakan bantuan plugin, salah satunya adalah Inactive logout. Aktifkan ekstensi untuk mengeluarkan pengguna secara otomatis jika mereka tidak aktif selama jangka waktu tertentu.

12. Ganti Default CMS

Pengaturan default website CMS sangat berguna untuk memudahkan semua orang. Desainnya simple, pemakaiannya juga simpel dan cepat. Sayangnya, pengaturan default ini adalah salah satu celah keamanan website yang paling berbahaya.

Ini karena banyak serangan peretasan dilakukan secara otomatis menggunakan pengaturan CMS default. Oleh karena itu, mengubah sistem manajemen konten bawaan dapat melindungi website dari berbagai serangan dunia maya dan tentunya meningkatkan keamanan website kamu.

Ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan keamanan website kamu. Semoga dapat memberikan informasi yang dapat digunakan pada website kamu sendiri. Ikuti langkah-langkah di atas untuk mencegah berbagai kejahatan dunia maya yang dapat mengancam websitemu.

Yuk segera hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website bisnismu bersama kami. Alan Creative hadir sebagai solusi perancangan website kamu jadi lebih optimal.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

7 Fungsi Database Dalam Pengembangan Aplikasi (Sumber: Unsplash)

7 Fungsi Database Dalam Pengembangan Aplikasi

Halo, Alan Lovers! Beberapa fungsi database berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya, database memiliki peranan penting dalam pengembangan aplikasi. Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative