Halo, Alan Lovers! Media sosial telah menjadi alat pemasaran yang penting bagi banyak pebisnis di era digital. Namun, jika kamu tidak memiliki strategi yang tepat, maka kesalahan-kesalahan umum pada social media marketing akan menghambat efektivitas bisnis-mu. Untuk menghindari kekeliruan dalam ber-social media marketing, yuk simak artikel ini hingga akhir.
Kekeliruan Social Media Marketing yang Biasa Dilakukan Pebisnis
1. Tidak Merespons Komentar atau Pertanyaan Pengguna
Gambar Ilustrasi
Sering kita ketahui bahwa banyak brand banyak yang lebih berfokus pada promosi dan penjualan produk ketika penerapan strategi social media marketing. Kenyataanya, media sosial merupakan tempat yang paling efektif untuk saling terhubung dan berinteraksi satu sama lain.
Supaya terjadi interaksi yang baik dengan audiens, maka kamu perlu merespons komentar ataupun pertanyaan yang pelanggan atau calon pelanggan berikan. Dengan begitu, kamu akan berhasil menumbuhkan kedekatan dan meningkatkan kesetiaan dan loyalitas pelanggan.
2. Mengabaikan Kritik
Gambar Ilustrasi
Banyak sekali pebisnis yang mengabaikan kritik yang mereka peroleh, padahal kritik yang diberikan orang lain bisa saja menjadi keuntungan bagi bisnis kita. Dengan mengelola kritik secara baik, maka kamu akan berhasil menyembuhkan kekecewaan audiens dan meningkatkan reputasi dan loyalitas pelanggan terhadap produk maupun jasa yang kamu miliki.
3. Tidak Memperdulikan Trend
Dengan menggunakan media sosial sebagai platform untuk memasarkan produk atau jasa, maka kamu perlu memahami trend apa saja yang related dan sedang diminati oleh audiens. Banyak sekali pebisnis yang tidak memahami trend, dengan begitu target audience yang menonton konten mu akan merasa jenuh dan bosan lebih buruknya mereka akan berpindah ke pesaing-mu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu up to date terhadap trend yang sedang berkembang.
4. Tidak Melakukan Evaluasi Terhadap Strategi Pemasaran
Gambar Ilustrasi
Kesalahan terakhir yang sering dilakukan pebisnis ialah tidak melakukan evaluasi. Jika tidak melakukan evaluasi, kita tidak akan pernah tau penyebab kegagalan dari strategi pemasaran yang kita lakukan. Melakukan evaluasi, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:
- Melakukan perbaikan pada kinerja bisnis yang kamu miliki di masa depan.
- Dapat memperbaiki kesalahan dan mengetahui strategi social media yang cocok bagi bisnis kita.
Nah, jika kamu ingin hasil social media marketing mu berhasil, kamu harus menghindari tiga kekeliruan di atas ya Alan Lovers! Namun, jika kamu masih kesulitan mengenai social media marketing yang baik, kamu dapat menggunakan jasa Agency seperti Alan Creative. Alan Creative berpengalaman dalam membuat strategi yang tepat. Jadi, Jangan ragu untuk untuk mempercayakan perkembangan bisnis mu pada jasa social media marketing di Alan Creative. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga!
Baca Juga: Jasa Social Media Marketing: Kunci Bisnis Sukses di Dunia Digital