fbpx
marketing analytics tools

Cara Mengukur Hasil Pemasaran dengan Marketing Analytics Tools

Hi Alan Lovers, pengukuran hasil pemasaran merupakan salah satu aspek kunci dari strategi pemasaran yang sukses. Tanpa adanya pengukuran yang tepat, sulit bagi perusahaan untuk mengetahui seberapa efektif kampanye pemasaran yang dilakukan dan apakah tujuan bisnis telah tercapai.

Oleh karena itu, penggunaan alat analitik pemasaran (marketing analytics tools) sangat penting untuk mengukur efektivitas kampanye pemasaran dan mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Marketing Analytics Tools

Marketing analytics tools adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan, mengukur, dan menganalisis data pemasaran dalam rangka mengoptimalkan kampanye pemasaran. Alat ini membantu perusahaan untuk memahami perilaku konsumen, menganalisis pesaing, dan menemukan peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan.

Metrik pemasaran adalah data atau angka yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu kampanye pemasaran. Beberapa contoh metrik pemasaran yang perlu diukur adalah jumlah kunjungan ke situs web, tingkat konversi, nilai rata-rata pesanan, dan biaya per klik (CPC). Dengan mengukur metrik pemasaran, perusahaan dapat memahami efektivitas kampanye pemasaran mereka dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

KPI adalah metrik pemasaran yang paling penting dan berguna dalam mengukur kesuksesan kampanye pemasaran. KPI biasanya berkaitan dengan tujuan bisnis, seperti meningkatkan penjualan atau meningkatkan kesadaran merek. Dalam pemasaran, KPI dapat berupa angka seperti ROI (Return on Investment), jumlah pelanggan baru, atau persentase konversi.

Dengan memahami pengertian marketing analytics tools, metrik pemasaran yang perlu diukur, dan KPI dalam pemasaran, kamu bisa mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Marketing Analytics Tools yang Umum digunakan

Berikut adalah beberapa contoh alat analitik pemasaran yang populer:

Google Analytics

Google Analytics adalah salah satu alat analitik pemasaran terpopuler yang digunakan untuk melacak dan mengukur lalu lintas situs web. Alat ini juga dapat membantu perusahaan memahami perilaku pengunjung situs web mereka, seperti halaman yang paling sering dikunjungi, lama tinggal di situs, dan lain sebagainya.

SEMRush

SEMRush adalah alat yang berguna untuk melacak kinerja kata kunci dan menganalisis pesaing dalam strategi SEO (Search Engine Optimization). Dengan SEMRush, perusahaan dapat mengidentifikasi kata kunci yang paling efektif dalam kampanye pemasaran mereka dan memantau kinerja pesaing.

Ahrefs

Ahrefs adalah alat yang mirip dengan SEMRush, tetapi fokus pada backlink dan profil pengaruh. Alat marketing ini membantu perusahaan untuk memahami bagaimana backlink mempengaruhi kinerja SEO mereka dan memantau profil backlink pesaing.

Mixpanel

Mixpanel adalah alat analitik yang fokus pada analisis perilaku pengguna aplikasi. Alat ini membantu perusahaan memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi mereka, mengidentifikasi pola penggunaan yang berbeda, dan mengukur kesuksesan fitur tertentu.

HubSpot

HubSpot adalah alat yang menyediakan analitik pemasaran yang lengkap, mulai dari SEO hingga pemasaran email. Alat ini juga dilengkapi dengan fitur CRM (Customer Relationship Management) dan dapat membantu perusahaan memperoleh wawasan tentang perilaku pelanggan mereka.

Kissmetrics

Kissmetrics adalah alat analitik pemasaran yang berfokus pada pelanggan dan memantau interaksi mereka dengan produk atau layanan perusahaan. Alat ini membantu perusahaan untuk memahami apa yang membuat pelanggan kembali dan bagaimana meningkatkan retensi pelanggan.

Facebook Insights

Facebook Insights adalah alat analitik pemasaran gratis yang disediakan oleh Facebook untuk memantau kinerja halaman Facebook. Alat ini membantu perusahaan memahami perilaku pengguna yang berbeda dan mengetahui jenis konten yang paling efektif dalam menarik perhatian audiens.

Baca Juga: Cara Membangun Branding yang Kuat melalui Digital Marketing?

marketing analytics tools
Ilustrasi Cara Mengukur Hasil Pemasaran dengan Marketing Analytics Tools | Sumber: Pexels

Cara Mengukur Hasil Pemasaran

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti antara lain:

  • Menentukan tujuan bisnis yang jelas:
    Sebelum dapat mengukur efektivitas kampanye pemasaran, perusahaan harus memiliki tujuan bisnis yang jelas. Tujuan bisnis harus spesifik, terukur, dan realistis agar dapat digunakan sebagai acuan dalam mengukur hasil pemasaran.
  • Menetapkan KPI yang sesuai:
    Setelah menetapkan tujuan bisnis, perusahaan harus menetapkan KPI yang sesuai. KPI adalah ukuran kinerja yang digunakan untuk mengukur kemajuan dalam mencapai tujuan bisnis. KPI yang sesuai dapat bervariasi tergantung pada jenis bisnis, tetapi umumnya meliputi metrik seperti penjualan, lalu lintas situs web, dan konversi.
  • Membuat laporan dan analisis menggunakan marketing analytics tools:
    Setelah menetapkan tujuan bisnis dan KPI, perusahaan dapat menggunakan marketing analytics tools untuk membuat laporan dan analisis yang terkait dengan kampanye pemasaran mereka. Alat analitik pemasaran dapat membantu perusahaan memahami perilaku pelanggan, mengidentifikasi tren, dan menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif.
  • Melakukan perbaikan berkelanjutan:
    Setelah membuat laporan dan analisis, perusahaan harus melakukan perbaikan berkelanjutan untuk memastikan kampanye pemasaran tetap efektif. Hal ini dapat meliputi perbaikan pada strategi pemasaran, perbaikan pada produk atau layanan yang ditawarkan, atau perbaikan pada proses bisnis secara keseluruhan.

Cara Penggunaan Marketing Analytics Tools

Berikut adalah beberapa contoh:

Contoh Penggunaan Google Analytics:

Google Analytics adalah alat analitik yang populer digunakan untuk mengukur kinerja situs web. Dalam sebuah contoh kasus, perusahaan menganalisis data dari kampanye pemasaran mereka menggunakan Google Analytics dan menemukan bahwa tingkat konversi situs web mereka meningkat sebesar 25% setelah mengubah tata letak halaman.

Selain itu, mereka juga menemukan bahwa iklan yang diarahkan ke halaman yang tepat dapat meningkatkan konversi hingga 50%.

Contoh Penggunaan SEMRush:

SEMRush adalah alat analitik yang digunakan untuk menganalisis kinerja pesaing dalam mesin pencari. Dalam sebuah contoh kasus, perusahaan menggunakan SEMRush untuk menganalisis kata kunci yang digunakan oleh pesaing mereka dalam mesin pencari. Setelah menganalisis data, perusahaan menemukan kata kunci yang dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas mereka di mesin pencari dan mengalahkan pesaing.

Simpulan

Dalam bisnis saat ini, penting bagi perusahaan untuk dapat mengukur kinerja pemasaran mereka dengan cara yang efektif. Dalam hal ini, marketing analytics tools dapat membantu perusahaan dalam mengukur hasil pemasaran mereka dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Nah, itu tadi adalah bagaimana cara melihat marketing analytics tools bekerja. Jika kamu masih kebingungan seputar marketing tools, kamu bisa menanyakannya di Alan Creative. Alan Creative adalah jasa ahli seputar dunia marketing. Kami juga bisa membantu kamu dengan layanan terbaik seperti jasa pembuatan konten dan artikel SEO. Tunggu apa lagi? Yuk hubungi kami sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

tips berpuasa

Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Hi Alan Lovers, berpuasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim dalam menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan. Namun, bagi penderita diabetes, berpuasa dapat menjadi hal

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative