fbpx
copywriting-basics

7 Elemen Penting Dalam Copywriting, Apa Saja?

Halo, Alan Lovers! Copywriting adalah seni menulis teks dengan tujuan mengajak orang untuk mengambil sebuah tindakan, misalnya membeli sebuah produk atau layanan. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, ada beberapa elemen penting yang harus diperhatikan dalam menulis copywriting yang apik. Sehingga, kita tidak bisa sembarangan dalam menulis sebuah copywriting, karena bisa-bisa tujuannya tidak tercapai.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan 7 elemen penting dalam copywriting yang harus kamu tau. Apa saja elemen tersebut? Yuk, simak terus artikel ini biar kamu lebih jago nulis copywritingnya!

Sekilas Mengenai Copywriting

Copywriting adalah seni atau keterampilan menulis teks promosi atau iklan dengan tujuan untuk mempromosikan produk, layanan, atau ide tertentu. Tujuannya, untuk menghasilkan teks yang menarik, persuasif, dan meyakinkan bagi target audiens atau pembaca untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mendaftar layanan.

Copywriting dapat digunakan dalam berbagai bentuk media, seperti iklan cetak, iklan televisi, brosur, situs web, dan konten media sosial. Para copywriter berusaha untuk menciptakan teks yang menarik dan membangun hubungan emosional dengan pembaca, sehingga dapat meningkatkan penjualan atau konversi untuk produk atau layanan yang dipromosikan.

Baca Juga: Content Writing vs Copywriting, Sudah Tahu Bedanya?

Elemen Penting Dalam Copywriting

Headline

Headline menjadi salah satu kunci penting dalam sebuah copywriting, kenapa? Karena headline pada dasarnya berfungsi untuk menarik perhatian yang biasanya memiliki ukuran besar dan tebal. Headline harus kamu tulis dengan singkat, jelas, dan tentunya meningkatkan rasa penasaran dan motivasi mereka untuk membaca tulisan hingga selesai.

Misalnya:

“Bikin website mudah?”

“Sewa apartemen tahunan?”

“Spotify premium, lewati lagu sesukamu!”

Biar kamu lebih paham, coba deh baca artikel berikut ini: Mengenal Website Scanning Pattern, Meningkatkan Keterbacaan Informasi

Value Proposition

Selanjutnya, karena tujuan copywriting adalah mempersuasi pembaca, maka perlu dijelaskan juga value propositionnya. Singkatnya, value proposition adalah  kelebihan atau keunggulan sebuah produk/bisnis yang menjadi alasan mengapa calon pelanggan atau konsumen perlu membeli atau menggunakannya. Menulis value proposition ini harus spesifik, relevan, dan menarik perhatian.

Body Copy

Bagian ini menjelaskan manfaat atau solusi yang ditawarkan, fitur produk atau layanan, testimoni, dan sebagainya. Body copy harus mudah dipahami, menarik, dan terfokus pada kebutuhan dan keinginan target pasar.

Misalnya:

“Bikin website mudah? Alan Creative solusinya.”

“COD Shopee, bisa bayar di tempat. Khusus pelanggan baru. Gratis ongkir Rp. 0, dijamin aman.

“Sewa apartemen tahunan? Di Travelio, sewa apartemen bisa dicicil tanpa kartu kredit.”

Call-to-Action

Kamu pernah gak sih liat kalimat kaya gini?

“Download aplikasinya sekarang!”

“Daftar sekarang!”

“Coba gratis selama 30 hari!”

“Tersedia di minimarket terdekat!”

Itu semua disebut dengan Call-to-Action (CTA), sebuah frasa yang isinya mengajak orang untuk melakukan tindakan. Jadi, setelah mereka dikasih tau sebelumnya mengenai kelebihan produk dan lainnya, kita langsung ajak mereka.

Tone of Voice

Gaya bahasa dan nada yang digunakan untuk menulis teks. Tone of voice harus sesuai dengan merek dan target pasar, menyampaikan pesan dengan jelas dan menarik perhatian. Misalnya, target audiens kamu orang tua, gak mungkin kan pake “Guys” atau “Bro/Sis”? Nah, itulah pentingnya tone of voice biar pesan yang kamu sampaikan bisa relate dan diterima sama audiensnya.

Unique Selling Proposition

Kalo value proposition menunjukan keunggulan produk/bisnis kamu, USP membedakan produk/bisnis dari pesaing. USP harus spesifik, menarik, dan relevan dengan kebutuhan dan keinginan target pasar. Di sini, kamu seakan-akan mengombang-ambingkan audiens di tengah lautan bisnis. Sampe mereka bilang, “Mending beli dimana ya? Ah kayaknya mending di sini aja deh”.

Kesimpulan

Kamu tertarik untuk mengembangkan artikel SEO buat website atau bisnis kamu tapi masih bingung caranya gimana? Tenang, ada Alan Creative yang bakal bantuin kamu. Alan Creative menyediakan berbagai kebutuhanmu terkait teknologi dan marketing, termasuk penulisan artikel SEO friendly. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative