Halo, Alan Lovers! Sebagai platform yang menyediakan video pendek, membuat Instagram reels dan Youtube short menjadi salah satu tempat berselancar paling asik hingga lupa waktu bagi banyak orang. Platform ini juga ternyata dapat menjadi media pemasaran yang cocok bagi bisnismu loh. Namun, kira-kira mana yang paling efektif antara Instagram Reels dan YouTube Short?
Dalam artikel ini, nantinya kamu akan menemukan jawaban mengenai platform apa yang paling efektif. Jadi, jangan lupa untuk simak artikel ini hingga akhir ya Alan Lovers!
Pengertian Instagram Reels
Instagram Reels merupakan salah satu fitur Instagram yang memungkinkanmu membuat video singkat 15 detik dengan menggunakan audio, efek dan tools kreatif yang telah disediakan. Instagram reels juga dapat menggabungkan beberapa video menjadi satu klip video singkat. Mirip dengan Tiktok, reels juga menghadirkan berbagai macam tema video dari seluruh dunia yang dapat kamu tonton.
Pengertian YouTube Short
YouTube Short adalah tempat merekam, berbagi ataupun menonton video pendek yang dapat dibuat oleh content creator dalam mobile app YouTube. Short sendiri biasanya digunakan untuk membuat konten cepat dan menarik perhatian audiens, video Short diketahui dapat berdurasi hingga 60 detik.
Instagram Reels vs Youtube Short, Kira-Kira Mana yang Paling Efektif?
- Sebagai platform yang menyediakan video pendek, Instagram reels diketahui memiliki jumlah penonton terbanyak dibandingkan dengan YouTube Shorts. Hal ini dikarenakan, reels memanfaatkan pengikut Instagram sebagai penontonnya.
- Jika Instagram reels cocok untuk berbagi merek dengan jumlah audiens yang besar, YouTube Short justru lebih berfungsi sebagai alat penemuan konten. Hal itu dikarenakan, YouTube shorts menggunakan halaman utama untuk tayangannya. Dengan begitulah shorts berhasil meningkatkan jumlah pelanggan, tayangan dan daya tariknya.
Kesimpulan
Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Instagram reels memiliki jumlah penonton terbanyak dibandingkan dengan YouTube Shorts. Meskipun begitu, penggunaan YouTube shorts juga dapat kalian manfaatkan sebagai alat penentuan konten.
Jadi gimana Alan Lovers? Apakah mau tertarik menggunakan kedua platform ini sebagai media promosi atau sekedar hanya berbagai video lucu? Jika artikel ini menarik, jangan lupa share ke seluruh akun media sosialmu ya! Kamu juga dapat membaca artikel menarik lainya mengenai perkembangan teknologi, media sosial hingga digital marketing. Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi website kami sekarang juga!
Baca Juga: TikTok vs Instagram Reels: Mana yang Paling Efektif?