Halo, Alan Lovers! Sebagai pengguna sosial media, pastinya kamu pernah melihat postingan dari public figure yang sedang menceritakan pengalaman mereka selama menggunakan produk maupun brand tertentu. Di Akhir cerita postingan, biasanya mereka akan mengajak kita untuk mencoba produk tersebut. Kegiatan itulah yang biasanya kita sebut dengan endorsement. Namun kira-kira tahukah kamu mengenai ragam endorsement?
Jika kamu ingin mencoba mempromosikan produk atau brand-mu menggunakan metode endorse, pastikan kamu mengetahui mengenai macam-macam jenis endorsement. Dalam artikel ini, kamu akan membaca mengenai jenis-jenis endorsement. Jadi jangan lupa untuk menyimaknnya hingga akhir ya Alan Lovers.
Jenis-Jenis Endorsement Dalam dunia Promosi
Endorsement sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu berdasarkan pembayaran dan tokoh public figure yang nantinya digunakan. Berikut untuk penjelasan lebih lengkapnya.
Berdasarkan Pembayaran
1. Endorsement Berbayar
![](https://alan.co.id/wp-content/uploads/2024/12/image-105.png)
Endorse berbayar ini biasanya perusahaan atau brand yang akan membayar public figure untuk melakukan promosi. Biaya yang dikeluarkan dalam endorse ini bervariasi, tergantung dengan rate card yang digunakan oleh public figure yang akan meng-endorse produk-mu.
2. Endorsement Tidak Berbayar
![](https://alan.co.id/wp-content/uploads/2024/12/image-106.png)
Endorse tidak berbayar ini biasanya hanya akan memberikan sampel produk atau mencoba layanan yang disediakan. Endorse jenis ini biasanya perusahaan atau brand tidak perlu membayar karena kegiatan ini berjenis promosi yang tidak mengikat. Jika endorser menyukai produk tersebut, maka mereka akan memberikan testimoni hingga rekomendasi untuk audiens.
Berdasarkan Endorser
1. Celebrity
![](https://alan.co.id/wp-content/uploads/2024/12/image-109.png)
Pertama ada jenis endorsement celebrity, promosi jenis ini nantinya akan melibatkan selebriti atau tokoh terkenal. public figure ini biasanya sudah dikenal secara luas dan memiliki pengaruh yang kuat di masyarakat, Oleh karena itu, dengan menggunakan mereka sebagai endorser kemungkinan meningkatkan kesadaran mereka dan penjualan akan semakin besar.
2. Influencer
![](https://alan.co.id/wp-content/uploads/2024/12/image-108.png)
Jenis kedua ialah endorsement influencer, promosi ini nantinya akan melibatkan influencer yang memiliki jumlah pengikut yang besar dan loyal di media sosial mereka. Dengan menggunakan influencer, kamu dapat meningkatkan brand awareness produk-mu.
3. Expert
Endorsement jenis ini menggunakan ahli dalam bidang tertentu sebagai endorser mereka. Tokoh yang biasanya digunakan biasanya memiliki pengetahuan dan keahlian yang sudah teruji dalam bidannya. Dengan demikian, mereka akan memberikan dukungan yang meyakinkan untuk produk yang sedang ditawarkan.
4. Customer
![](https://alan.co.id/wp-content/uploads/2024/12/image-110.png)
Jenis ini biasanya menggunakan customer sebagai endorser. Nantinya mereka akan memberikan testimoni yang positif mengenai pengalaman mereka menggunakan produk. Cara ini juga dinilai efektif untuk mendorong konsumen baru dalam mencoba produk tertentu.
5. Employee
![](https://alan.co.id/wp-content/uploads/2024/12/image-111.png)
Terakhir, endorsement employee ini melibatkan pegawai perusahaan sebagai endorser. Pegawai yang memiliki pengetahuan lebih mengenai produk inilah yang nantinya akan digunakan.
Itudia jenis-jenis endorsement dalam dunia promosi yang dapat kamu gunakan untuk bisnismu. Kira-kira endorse jenis apa yang cocok untuk produk kamu?
Jika kamu masih kesulitan dalam membangun logo dan branding kit untuk bisnismu, kamu dapat memanfaatkan jasa Agency seperti Alan Creative! Alan Creative telah berpengalaman lebih dari 7 tahun dan telah bekerja sama dengan berbagai brand besar mulai dari Paramadina, Telkomsel, Wika, hingga MRT Jakarta. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi situs website atau hubungi kami sekarang juga!