fbpx
Tiktok

Algoritma Terus Berubah! Strategi Marketing Harus Tetap Relevan!

Halo, Alan Lovers! Pernah merasa konten yang dulu gampang viral sekarang susah dapat engagement? Itu karena algoritma media sosial dan mesin pencari terus berubah! Kalau strategi digital marketing kamu nggak ikut menyesuaikan, bisa-bisa bisnis jadi tenggelam. Nah, biar tetap relevan, yuk simak strategi yang bisa bikin brand kamu tetap eksis di era algoritma yang selalu berubah!

Baca juga: Bongkar Cara Kerja Algoritma TikTok: Tips Viral Terbaru!

Konten Media Sosial
Konten Reels | Source pict: Freepik

1. Fokus pada Konten Berkualitas

Dulu, posting banyak konten bisa meningkatkan visibilitas. Sekarang? Kualitas lebih penting daripada kuantitas! Algoritma media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Youtube lebih memperioritaskan konten yang menarik dan engaging. Jadi, pastikan konten kamu relevan dan bermanfaat untuk audiens, memiliki storytelling yang kuat supaya lebih relatable, dan menggunakan format yang disukai algoritma seperti video pendek atau carousel.

2. Interaksi adalah Kunci

Sekarang, algoritma lebih suka konten banyak interaksi. Artinya, semakin banyak like, komen, dan share. Semakin besar peluang konten kamu muncul di feed lebih banyak orang. Coba trik ini:

  • Ajukan pertanyaan di caption untuk memancing komentar.
  • Gunakan polling atau quiz di Instagram Stories.
  • Respon cepat komentar dan DM dari followers.

Semakin aktif kamu berinteraksi, semakin tinggi engagement rate akun kamu!

Baca Ini: Bongkar cara Kerja Algoritma TikTok: Tips Viral Terbaru

3. SEO Gak Cuma Buat Website

SEO dulu hanya dikenal untuk website. Tapi sekarang, SEO juga penting di media sosial! Misalnya:

  • Gunakan kata kunci yang relevan di caption, bio, hashtag.
  • Manfaatkan alt text di instagram untuk optimasi gambar.
  • Pastikan judul dan deskripsi video YouTube mengandung kata kunci yang sering dicari.

4. Manfaatkan Iklan Berbayar

Meskipun organik masih penting, algoritma sering mengutamakan konten berbayar. Tapi, jangan asal pasang iklan! Supaya lebih efektif:

  • Targetkan audiens yang spesifik, misalnya berdasarkan minat atau lokasi.
  • Gunakan retargeting ads untuk menjangkau orang yang sudah pernah berinteraksi dengan brand kamu.
  • A/B testing untuk melihat format iklan mana yang paling efektif.

Algoritma boleh berubah, tapi kalau strategi digital marketing kamu fleksibel, brand kamu tetap bisa bertahan dan berkembang! Kalau butuh bantuan untuk mengoptimalkan strategi digital marketing, Alan Creative siap banget membantu kamu, lho! Yuk, buat bisnis kamu tetap relevan dan selalu unggul di era digital!

Baca Juga: Bongkar Cara Kerja Algoritma TikTok: Tips Viral Terbaru

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative