Halo, Alan Lovers! Sering dianggap remeh, ternyata pengaruh hastag pada konten media sosial juga terbilang cukup besar. Apa saja kira-kira? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas ya!
Apa itu Hastag?
Secara singkat, hastag merupakan sebuah kata kunci yang digunakan di platform media sosial untuk mengkategorikan konten dan membuatnya lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari topik atau minat tertentu.
Misalnya, Anda membuat konten terkait pengelolaan media sosial. Maka, Anda bisa menggunakan hastag #mediasosial atau #tipsngelolasosialmedia, agar audiens bisa lebih mudah menemukan konten yang relevan.
Mengutip beragam sumber, hastag terbagi menjadi tiga jenis yaitu:
- Hastag trending – hastag ini memiliki volume pencarian yang sangat besar. Biasanya terkait momentum seperti #ThrowbackThursday
- Hastag industri – hastag yang memiliki spesifikasi sebuah industri tertentu, misalnya #travel #website #food
- Hastag brand – hastag yang mewakili nama brand, slogan bisnis, atau tempat bisnis seperti #alancreative #letsbuild
Baca Juga:
Bagaimana Pengaruh Hastag pada Konten Media Sosial?
Setelah Anda mengetahui apa itu hastag, berikut adalah pengaruh yang ditimbulkan pada konten media sosial Anda:
1. Meningkatkan Visibilitas
Pengaruh pertama, hastag membuat konten Anda ditemukan oleh lebih banyak orang, terutama oleh mereka yang mencari konten dengan topik atau minat tertenu. Tentunya, hal ini dapat meningkatkan peluang agar konten Anda mudah untuk dicari dan ditemukan.
2. Menghubungkan Target Audiens
Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat menggunakan hastag untuk menghubungkan konten Anda dengan target audiens. Dengan begitu, Anda bisa mencapai audiens yang lebih relevan.
3. Meningkatkan Engagement
Pengguna media sosial seringkali mencari dan mengikuti hastag yang menarik bagi mereka. Dengan menggunakan hastag yang relevan, Anda dapat menarik perhatian orang-orang yang berminat dengan topik yang Anda bahas.
Dengan begitu, hal tersebut memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan konten Anda seperti like, comment, share, dan save.
4. Meningkatkan Branding
Penggunaan hastag khusus seperti hastag brand dapat membantu dalam membangun branding perusahaan milik Anda. Sebagai contoh, Alan Creative menggunakan hastag #letsbuild sebagai upaya menawarkan para pengusaha untuk segera build bisnis mereka dengan beragam layanan teknologi digital.
5. Mengukur Kinerja
Terakhir, hastag juga dapat digunakan untuk melacak kinerja kampanye media sosial Anda. Adapun, Anda bisa menganalisis seberapa sering hastag Anda digunakan dan seberapa banyak interaksi yang dihasilkan dari penggunaan hastag tersebut.
Baca Juga:
- Apa itu Shadowban? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya
- Menghasilkan Uang dari HP, Emang Bisa? Yuk Cari Tahu!
Kesimpulan
Demikian penjelasan singkat terkait pengaruh hastag pada konten media sosial. Jangan terlalu banyak menggunakan hastag dalam satu postingan. Karena, bisa saja Anda terdeteksi sebagai spammer dan dapat mengakibatkan media sosial Anda terkena shadowban.
Gamau ribet ngurus konten untuk media sosial? Tenang! Alan Creative menyediakan jasa pengelolaan media sosial terlengkap satu-satunya di Indonesia.
Sebagai software house dan digital agency di Jakarta, Alan Creative hadir dengan layanan pengelolaan media sosial mulai dari pembuatan konten, strategi campaign, marketing, hingga manajemen secara profesional.
Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!