Halo, Alan Lovers! Kalau kalian sadar banyak bisnis yang memanfaatkan momen Ramadan untuk beriklan, kamu termasuk juga enggak? Dengan beriklan, bisnis kamu berkesempatan untuk bisa melejit dan dikenal banyak orang, tapi kalau iklan kamu gitu-gitu aja bakal kalah saing lho sama brand lain! Nah, biar iklan Ramadan kamu tetap standout dan tidak tenggelam dengan banjir promosi, yuk coba terapkan cara-cara di bawah ini!

1. Ceritakan Kisah yang Menyentuh
Tahu enggak sih kalau iklan yang mengandung storytelling jauh lebih mudah diingat dan membekas ke audiens? Coba deh angkat cerita inspiratif seputar Ramadan, seperti:
- Perjalanan seseorang dalam berbagi kebaikan di Bulan Ramadan.
- Keluarga yang berjauhan karena salah satunya sedang bekerja atau merantau.
- Momen kebersamaan keluarga saat sahur dan berbuka.
2. Gunakan Visual yang Fresh dan Menarik
Desain iklan yang menarik bisa bikin audiens berhenti scroll dan akan berlama-lama menonton konten kamu. Gunakan elemen-elemen yang berhubungan dengan tema Ramadan tanpa menghilangkan ciri khas branding dari brand kamu. Lalu pastikan juga desain tetap simpel dan pesan bisa tersampaikan dengan jelas.
Baca Ini: Iklan Digital Bikin Cuan! Strategi Jitu Bisnis Kuliner Ramadan!

3. Tawarkan Promo yang Unik dan Limited
Kalau beli sesuatu audiens bakal mengecek terlebih dahulu mengenai promo. Siapa coba yang tidak suka promo? Biasanya di momen-momen yang berarti seperti bulan Ramadan ini, banyak orang-orang yang mencari promo Ramadan. Nah, bisnis kamu juga bisa nerapin strategi ini, tapi dengan perhitungan yang matang ya. Contoh promonya:
- Diskon 50% untuk yang sahur lebih awal! (promo berlaku di jam tertentu)
- Flash Sale Spesial Ngabuburit! (diskon hanya berlaku menjelang berbuka)
- Paket Amal Ramadan, Belanja Sekalian Berdonasi!
4. Manfaatkan Tren Media Sosial
Di media sosial pasti banyak tren-tren baru yang berkaitan dengan Ramadan, pastikan kamu mengikuti tren tersebut, tetapi sesuaikan dengan produk dari bisnis kamu ya dan ingat harus tetap relevan agar tidak terlihat seperti maksa banget kontennya demi mengikuti tren. Akan ada banyak bentuk tren baru seperti hashtag, sounds, challenge, dan lain-lain. Kamu bisa memanfaatkan dengan menerapkam strategi:
- Membuat TikTok atau Instagram Reels dengan tema Ramadan
- Menggunakan hashtag populer seperti #RamadanBerkah #PuasaHappy #NgabuburitSeru
- Mengajak audiens untuk berpartisipasi dalam challenge interaktif
Mau iklan Ramadan kamu nggak biasa dan lebih impactful? Bikin iklan yang berbeda dengan yang lain? Alan Creative siap bantu kamu, lho! Dari konsep kreatif, desain visual, hingga eksekusi strategi digital marketing, semuanya ada untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.
Baca Juga: Tips Membuat Konten yang Berbeda di Setiap Media Sosial