fbpx
gojek react native

Kenapa Gojek Menggunakan React Native?

Hi Alan Lovers, di era digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan teknologi yang mencari cara agar produk mereka dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh pengguna. Salah satu solusi yang sering digunakan adalah dengan mengembangkan aplikasi mobile. Namun, membuat aplikasi mobile bukanlah hal yang mudah. 

Ada banyak platform yang berbeda, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, banyak perusahaan teknologi seperti Gojek memilih untuk menggunakan React Native. Mengapa? Mari kita bahas.

Gojek adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia. Mereka memiliki banyak produk, termasuk aplikasi ride-hailing, delivery, dan digital payment. Untuk dapat menjangkau pengguna yang lebih luas, Gojek harus memastikan bahwa aplikasi mereka dapat diakses oleh sebanyak mungkin pengguna. Oleh karena itu, Gojek memilih untuk menggunakan React Native untuk mengembangkan aplikasi mobile mereka.

Apa itu React Native?

React Native adalah sebuah framework untuk mengembangkan aplikasi mobile. Framework ini dikembangkan oleh Facebook dan dirilis pada tahun 2015. React Native memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi mobile menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Dengan React Native, pengembang dapat membuat aplikasi mobile yang dapat dijalankan di iOS dan Android dengan menggunakan kode yang sama.

Kelebihan Framework ini

Cross-platform

Salah satu kelebihan React Native adalah bahwa framework ini memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi mobile yang dapat dijalankan di iOS dan Android dengan menggunakan kode yang sama. Dengan menggunakan React Native, pengembang tidak perlu mengembangkan aplikasi mobile untuk setiap platform secara terpisah. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya pengembangan.

Memiliki komunitas yang besar

React Native memiliki komunitas pengembang yang sangat besar dan aktif. Hal ini membuat pengembangan aplikasi menggunakan React Native menjadi lebih mudah. Pengembang dapat dengan mudah menemukan tutorial, dokumentasi, dan library yang dibuat oleh pengembang lain di komunitas.

Kode yang lebih bersih

React Native memungkinkan pengembang untuk menggunakan komponen-komponen yang sudah ada untuk membuat aplikasi. Hal ini membuat kode yang dihasilkan menjadi lebih bersih dan mudah untuk dipelajari.

Mudah untuk diintegrasikan dengan library lain

React Native memungkinkan pengembang untuk dengan mudah mengintegrasikan library lain ke dalam aplikasi yang sedang mereka buat. Hal ini dapat mempercepat proses pengembangan dan membuat aplikasi menjadi lebih baik.

Baca Juga: 10 Fitur MariaDB yang Harus Diketahui

gojek react native
Ilustrasi Kenapa Gojek Menggunakan React Native? | Sumber: Vecteezy

Kenapa Gojek memilih React Native?

Menghemat waktu dan biaya pengembangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, React Native memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi mobile yang dapat dijalankan di iOS dan Android dengan menggunakan kode yang sama. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya pengembangan. Gojek memilih React Native karena mereka ingin mempercepat proses pengembangan aplikasi mobile mereka.

Lebih mudah untuk diimplementasikan

Gojek memiliki banyak produk, termasuk aplikasi ride-hailing, delivery, dan digital payment. Untuk dapat membuat aplikasi yang lebih mudah diimplementasikan dan memiliki pengalaman pengguna yang konsisten di semua platform, Gojek memilih untuk menggunakan React Native. Dengan menggunakan React Native, Gojek dapat memastikan bahwa aplikasi mereka memiliki konsistensi dan kecepatan yang sama baik di iOS maupun di Android.

Mendapatkan dukungan dari komunitas yang besar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, React Native memiliki komunitas pengembang yang sangat besar dan aktif. Hal ini membuat pengembangan aplikasi menggunakan React Native menjadi lebih mudah. Gojek memilih React Native karena mereka dapat memperoleh dukungan dari komunitas pengembang yang besar dan aktif. Hal ini memungkinkan Gojek untuk mempercepat proses pengembangan aplikasi dan membuat aplikasi mereka menjadi lebih baik.

Kesimpulan

Dalam era digital yang semakin maju seperti sekarang, mengembangkan aplikasi mobile yang dapat diakses oleh sebanyak mungkin pengguna sangat penting bagi perusahaan teknologi seperti Gojek. Oleh karena itu, Gojek memilih untuk menggunakan React Native karena memiliki banyak kelebihan, seperti cross-platform, memiliki komunitas pengembang yang besar, kode yang lebih bersih, dan mudah untuk diintegrasikan dengan library lain. Selain itu, Gojek juga dapat menghemat waktu dan biaya pengembangan serta memperoleh dukungan dari komunitas pengembang yang besar dan aktif.

Tertarik untuk pengembangan website anti ribet? Yuk percayakan saja pada layanan web development dari Alan Creative. Kamu bisa tanya-tanya dulu jika masih merasa ragu. Hubungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan informasi selengkapnya dan juga promo menarik dari kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Pengalaman Belajar Menggunakan Khan Academy

Halo, Alan Lovers! Kegiatan belajar mengajar bukan hanya berbicara mengenai transfer of knowledge atau menyampaikan informasi. Tetapi harus dilihat sebagai seni untuk menyampaikan informasi agar

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative