Halo, Alan Lovers! Kamu pembisnis yang ingin memanfaatkan momen Ramadan dengan membuat konten-konten yang relevan? Mau punya feeds instagran penuh dengan nuansa estetik? Kamu bisa menggunakan warna-warna pastel, font kaligrafi, sampai video cinematic bertema Ramadan. Tapi, jangan cuma fokus bikin konten yang cantik aja, pastikan juga konten kamu bisa mendatangkan cuan!
Nah, biar konten Ramadan kamu enggak cuma enak dilihat tapi juga bikin Penjualan naik, simak rahasianya di bawah ini!

1. Mulai dengan Insight yang Kuat
Konten yang bagus bukan cuma yang menarik secara visual, tapi juga yang relevan dengan audiens. Sebelum bikin konten, coba pikirkan dulu mengenai:
- Apa yang sedang dicari atau dibutuhkan audiens selama Ramadan??
- Masalah apa yang mereka hadapi dan gimana produk kamu bisa jadi solusinya?
- Jenis konten apa yang biasanha mereka konsumsi?
Misalnya aja nih, kalau kamu jual produk makanan, audiens kamu pasti lagi sibuk cari inspirasi menu sahur dan berbuka. Jadi, daripada sekadar posting foto makanan yang estetik, coba buat konten yang memberi tips seputar bulan Ramadan agar lebih engaging dan menarik.
2. Gunakan Format yang Lagi Naik Daun
Setiap platform punya format favoritnya. Jangan terpacu pada feed instagram aja! Saat ini, konten berbasis video pendek sedang booming. Jadi, kamu bisa manfaatkan format ini buat konten yang lebih interaktif. Misalnya:
- Unboxing Hampers Ramadan buat produk gift set.
- Behind the scenes Produksi buat brand fashion.
- Before-After Pakai Produk buat skincafe atau makeup.
- Challenge Ramadan buat meningkatkan interaksi, seperti 30 Hari berbagi Kebaikan.
Baca Ini: Branding atau Iklan? Mana yang Lebih Penting untuk Bisnis?

3. Manfaatkan Momen dan Tren
Ramadan punya banyak momen spesial yang bisa kamu manfaatkan untuk bikin konten. Dari awal puasa, ngabuburit, malam lailatul qadar, hingga persiapan lebaran. Nah, setiap fase punya peluang buat kamu masuk dengan strategi yang tepat.
4. Call to Action yang Jelas
Sebagus apa pun kontennya, kalau enggak ada CTA alias Call to Action yang jelas, bakal sulit buat mengonversi viewers jadi pembeli. Gunakan CTA yang langsung mengarahkan audiens buat bertindak, misalnya:
- “Beli sekarang sebelum kehabisan!” Kalau ada promo terbatas.
- “Klik link di bio buat cek koleksi terbaru!” Kalau jual fashion.
- “Gunakan kode RAMADAN10 buat diskon spesial!” Buat promo Ramadan.
Bikin CTA yang sesuai dengan karakter brand kamu, biar audiens merasa lebih dekat dan nyaman buat action.
Pengen konten yang enggak cuma estetik tapi juga efektif mendatangkan pembeli? Alan Creative siap bantu kamu! Dari konsep, produksi, sampai strategi pemasaran digital, kami siap bikin konten Ramadan yang impactful. Yuk, konsultasi sekarang dan bikin Ramadan tahun ini penuh berkah dan cuan!
Hubungi Alan Creative untuk info lebih lanjut! Klik di sini!
Baca Juga: 3 Kesalahan yang Dilakukan saat Membuat Content marketing