Halo, Alan Lovers! Sebagai media sosial favorit bagi anak muda, membuat Instagram menempati posisi kedua dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Instagram juga memiliki banyak fitur yang inovatif sehingga dapat digunakan untuk marketing. Karena hal inilah, Instagram menjadi peluang yang besar bagi pebisnis untuk melakukan pemasaran dan promosi untuk produk yang mereka miliki.
Hadirnya kemudahannya inilah yang membuat kamu harus berhati-hati, hal itu dilakukan agar kegiatan marketing bisnis mu dapat berhasil. Berikut beberapa penyebab kegagalan Instagram marketing yang wajib ketahui.
1. Target Audiens yang Salah
Hal pertama yang yang perlu kamu ketahui mengapa Instagram marketing gagal ialah salah menargetkan audiens. Oleh karena itu, pentingnya melakukan riset pasar terlebih dahulu. Kamu dapat melakukan riset audiens untuk mengetahui mengenai apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka benar-benar inginkan. Kamu juga dapat menciptakan produk jika melakukan riset yang tepat.
2. Konten yang Membosankan
Kesalahan selanjutnya yang harus kamu hindari ialah menciptakan konten yang membosankan. Kamu dapat mencari beberapa inspirasi dari beberapa konten orang lain dan memasukkannya sebagai ide untuk konten selanjutnya. Namun perlu diingat untuk memasukkan pesan yang ingin kamu sampaikan kepada audiens dan jangan berfokus pada produksi konten yang homogen.
3. Lebih Terfokus pada Penjualan
Perlu kamu ketahui, audiens Instagram justru lebih tertarik pada brand yang memberikan konten yang menyenangkan. Dengan cara inilah, nantinya mereka akan lebih mengenal brand tersebut dibanding dengan brand yang lain. Jika kamu melakukan promosi dengan gencar dan tidak berusaha membangun kedekatan dengan calon pelanggan, maka audiens tidak akan tertarik dengan brand yang kamu miliki.
4. Tidak Memperhatikan Komunikasi
Setelah mengunggah konten di Instagram, kamu perlu memperhatikan komunikasi yang masuk dari audiens-mu. Mulai dari like, komentar, share, save, hingga direct message. Dengan memperhatikan hal tersebut, kamu dapat mengumpulkan data dan nantinya mengasikan promosi yang tepat.
Itulah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kegagalan dalam Instagram marketing. Walau terlihat sederhana, justru hal itulah yang akan menjadi tantangan besar bagi bisnis yang kalian miliki. Kamu juga dapat meningkatkan penjualan Instagram mu dengan memperhatikan cara diatas.
Namun, jika kamu ragu dan khawatir mengenai social media marketing, kamu dapat menggunakan jasa Agency seperti Alan Creative. Alan Creative berpengalaman dalam membuat strategi yang tepat dalam social media marketing. Jadi, Jangan ragu untuk untuk mempercayakan perkembangan bisnis mu pada jasa social media marketing di Alan Creative. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang juga!
Baca Juga: 3 Alasan Pentingnya Menetapkan Target Audiens di Media sosial