Halo, Alan Lovers! Kira-kira lebih baik TikTok Shop atau Instagram Shop yang digunakan untuk berjualan? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!
Seperti yang kita ketahui, kedua platform tersebut saat ini sedang banyak digunakan oleh para pebisnis online. Dengan beragam fitur yang ditawarkan, tak heran TikTok Shop maupun Instagram Shop banyak dijadikan pilihan untuk berjualan.
Akan tetapi, masih banyak yang bingung dalam memilih platform mana yang tepat untuk bisnis mereka. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membedakan dari hal-hal berikut ini.
Perbedaan TikTok Shop dan Instagram Shop
Berikut merupakan perbedaan dari TikTok Shop dan Instagram Shop yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk dijadikan platform berjualan:
1. Demografi
Perbedaan pertama, Instagram Shop dan TikTok Shop memiliki demografi pengguna yang berbeda. Berdasarkan hasil riset, sebagian besar pengguna Instagram berusia dari 25 hingga 44 tahun.
Sementara itu, pengguna TikTok hampir setengahnya berada di bawah usia 30 tahun, 25% berada di bawah usia 20 tahun, dan 11% berusia 50 tahun ke atas.
Berdasarkan hal tersebut, TikTok sangat berpotensi untuk digunakan sebagai platform berjualan jika segmentasi pasar Anda adalah generasi muda.
Sedangkan, Instagram cocok digunakan untuk berjualan jika segmentasi pasar Anda merupakan generasi yang lebih dewasa.
Baca Juga: Cara Membuat Kampanye PPC (Pay-per-Click) yang Ampuh
2. Integrasi dengan Media Sosial lain
Jika Anda menginginkan produk bisa ditawarkan dengan jangkauan yang luas, Instagram Shop bisa dijadikan pilihan.
Hal ini karena, Instagram merupakan salah satu media sosial yang kini satu ekosistem dengan Meta. Yang berarti, produk Anda juga memiliki kemungkinan untuk bisa muncul di media sosial lain seperti Facebook.
Di lain sisi, TikTok masih menjadi perusahaan tunggal yang tidak terintergarasi dengan media sosial lain. Sehingga, produk yang ditawarkan hanya bisa ditayangkan di platform TikTok saja.
3. User Experience
Selanjutnya, dari user experience pun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Di Instagram, audiens akan diarahkan ke website brand, e-commerce, ataupun marketplace dimana tempat produk tersebut dijual. Sehingga, audiens memerlukan beberapa langkah untuk membeli produk.
Sementara itu, TikTok bekerja sama dengan Shopify untuk menjual produk melalui TikTok Shop. Dengan begitu, audiens bisa membeli secara langsung produk melalui aplikasi TikTok.
Baca Juga: Contoh Kampanye Digital Marketing yang Sukses
Lebih Baik TikTok Shop atau Instagram Shop untuk Berjualan?
Berdasarkan pemaparan di atas, Anda bisa menentukan sesuai dengan preferensi. Jika produk Anda ditargetkan untuk generasi muda, TikTok Shop bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika produk Anda dikhususkan untuk generasi lebih dewasa, Instagram Shop bisa dijadikan pilihan alternatif.
Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa Anda bisa menggabungkan kedua platform tersebut untuk berjualan.
Hal ini dikarenakan, keberhasilan Anda dalam berjualan tidak hanya bergantung pada platform yang dipilih. Terdapat hal lain yang dijadikan pertimbangan seperti kualitas produk, strategi pemasaran, hingga kualitas pelayanan pelanggan.
Baca Juga: Cara Daftar TikTok Affiliate Program Terbaru di 2023
Kesimpulan
Sebelum memutuskan, penting bagi Anda untuk memutuskan dengan cermat target audiens serta tujuan bisnis yang dijalankan. Selain itu, buat rencana pemasaran yang sesuai dengan platform yang dipilih.
Butuh layanan digital ads yang terpercaya? Alan Creative jawabannya! Sebagai software house dan digital agency di Jakarta, kami berpengalaman membuat campaign yang sukses selama 7 tahun! Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!