fbpx
OIP (4)

Membuat Website Gratis? Bisa Kok, Ikuti Cara Ini!

Halo, Alan Lovers! Website merupakan salah satu kebutuhan penting di era digital saat ini. Mengapa? Karena website menjadi hal pertama yang dicari oleh seseorang, misalnya jika kalian menyediakan pelayanan sebuah jasa.

Namun, yang menjadi permasalahan adalah kita berpikir biaya membuat website itu mahal. Padahal gak selalu lho. Dalam artikel ini, kita akan membahas gimana cara membuat website gratis. Yuk simak sampai selesai!

1. Tentukan Tujuan dan Jenis Website

Saat kalian memulai untuk membuat website gratis, sangat penting untuk menentukan tujuan dan jenis website yang ingin kalian buat. Hal ini akan membantu kalian merencanakan dan mengembangkan website kalian dengan lebih baik.

Pertama-tama, kalian perlu menentukan tujuan dari website kalian. Apakah website kalian dibuat untuk tujuan pribadi atau bisnis? Apakah tujuannya untuk memperkenalkan produk atau jasa yang kalian tawarkan atau untuk membagikan informasi kepada orang lain? Apapun tujuan kalian, pastikan kalian memiliki tujuan yang jelas sehingga kalian bisa menentukan konten, desain, dan fungsi website yang sesuai.

Setelah menentukan tujuan, kalian perlu memilih jenis website yang ingin kalian buat. Berikut adalah beberapa jenis website yang mungkin bisa kalian pilih:

  1. Website portofolio: Jenis website ini cocok untuk kalian yang ingin memamerkan hasil karya kalian seperti desain grafis, fotografi, atau karya seni lainnya. Kalian bisa menampilkan portofolio karya kalian dalam bentuk galeri gambar atau video.
  2. Website pribadi: Jenis website ini cocok untuk kalian yang ingin membagikan cerita atau pengalaman pribadi kalian. Kalian bisa menulis artikel atau blog tentang topik yang kalian minati, menambahkan foto atau video, dan berinteraksi dengan pembaca melalui komentar.
  3. Website bisnis: Jenis website ini cocok untuk kalian yang ingin mempromosikan bisnis atau produk kalian. Kalian bisa menambahkan informasi tentang produk atau jasa yang kalian tawarkan, testimoni pelanggan, harga, dan cara untuk memesan produk atau jasa.
  4. Website e-commerce: Jenis website ini cocok untuk kalian yang ingin menjual produk atau jasa secara online. Kalian bisa menambahkan katalog produk, keranjang belanja, sistem pembayaran online, dan integrasi dengan penyedia layanan pengiriman barang.

Setelah menentukan tujuan dan jenis website yang ingin dibuat, langkah selanjutnya adalah memilih platform website gratis yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Beberapa contoh platform website gratis yang bisa kalian gunakan antara lain Wix, WordPress, Weebly, Google Sites, dan masih banyak lagi.

2. Memilih Platform Membuat Website Gratis yang Tepat

Setelah kalian menentukan tujuan dan jenis website yang ingin dibuat, langkah selanjutnya adalah memilih platform website gratis yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Ada banyak pilihan platform website gratis yang bisa kalian gunakan, tetapi beberapa platform yang populer dan mudah digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Wix: Platform website gratis yang sangat populer dan mudah digunakan. Kalian bisa memilih dari berbagai template desain yang menarik dan memodifikasinya sesuai dengan keinginan kalian. Wix juga menyediakan fitur drag-and-drop sehingga mudah untuk menambahkan elemen-elemen pada website kalian.
  2. WordPress: Platform website gratis terpopuler di dunia. Meskipun awalnya dikembangkan untuk blog, WordPress kini dapat digunakan untuk membuat website apapun. Kalian bisa memilih dari berbagai tema dan plugin yang tersedia untuk membuat website kalian menjadi lebih fungsional.
  3. Weebly: Platform website gratis lainnya yang mudah digunakan dan populer. Weebly menyediakan berbagai fitur seperti drag-and-drop builder, tema yang responsif, integrasi e-commerce, dan masih banyak lagi.
  4. Google Sites: Platform website gratis yang disediakan oleh Google. Platform ini sangat cocok bagi kalian yang ingin membuat website sederhana untuk keperluan bisnis atau pendidikan. Google Sites menyediakan berbagai template yang mudah dikustomisasi.

Setelah kalian memilih platform website gratis yang sesuai dengan kebutuhan kalian, kalian bisa mulai merancang dan membangun website kalian. Pastikan kalian memilih platform yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan kalian sehingga kalian bisa membuat website yang profesional tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

3. Memilih Desain dan Template Website

Setelah kalian memilih platform membuat website gratis yang sesuai dengan kebutuhan kalian, langkah selanjutnya adalah memilih template dan desain untuk website kalian. Template dan desain yang menarik dan profesional akan memberikan kesan positif pada pengunjung website kalian.

Pada umumnya, setiap platform membuat website gratis menyediakan berbagai template dan desain yang bisa kalian pilih. Beberapa template dan desain bahkan dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan kalian. Pilihlah template dan desain yang sesuai dengan tujuan dan jenis website yang kalian buat.

Jika kalian membuat website bisnis atau e-commerce, pastikan desain website kalian mencerminkan identitas merek kalian. Gunakan warna, font, dan gambar yang konsisten dengan merek kalian agar website kalian mudah dikenali dan diingat oleh pengunjung.

Jika kalian membuat website portofolio, pastikan kalian menampilkan karya-karya kalian dengan jelas dan menarik. Pilihlah template dan desain yang dapat menampilkan gambar atau video kalian dengan baik.

Sementara jika kalian membuat website pribadi, pilihlah template dan desain yang cocok dengan kepribadian kalian dan topik yang ingin kalian tulis. Pilihlah warna dan font yang sesuai dengan gaya kalian.

Pastikan juga template dan desain website kalian responsif atau mobile-friendly, artinya website dapat diakses dengan baik melalui berbagai perangkat seperti laptop, tablet, atau smartphone. Hal ini akan meningkatkan pengalaman pengunjung website kalian.

Dalam memilih template dan desain website, perlu diingat bahwa sederhana dan profesional lebih baik daripada terlalu ramai dan berlebihan. Jangan terlalu banyak menggunakan efek dan animasi yang memperlambat loading website dan mengganggu pengalaman pengunjung. Pilihlah template dan desain yang simpel namun elegan dan profesional.

4. Membuat Konten Website

Setelah kalian memilih platform, template, dan desain website yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kalian, langkah selanjutnya adalah membuat konten website. Konten website adalah elemen penting yang akan menarik perhatian pengunjung dan memberikan informasi yang dibutuhkan.

Pertama-tama, buatlah struktur konten yang jelas dan mudah diikuti. Bagi konten kalian menjadi beberapa bagian, seperti halaman utama, tentang kami, produk/jasa, portofolio, blog, atau kontak. Pastikan informasi yang disajikan dalam setiap bagian sesuai dengan tujuan dan jenis website kalian.

Ketika membuat konten, perhatikan juga bahasa dan tata bahasa yang digunakan. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan target audiens kalian. Pastikan juga tata bahasa dan ejaan yang digunakan sudah benar dan sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.

Jangan lupa juga untuk menyertakan gambar atau video yang menarik dan relevan dengan konten yang disajikan. Gunakan gambar atau video yang memiliki resolusi tinggi agar tampilan website kalian semakin menarik.

Jika kalian membuat website bisnis atau e-commerce, jelaskan produk atau jasa yang ditawarkan dengan jelas dan detail. Sertakan juga informasi harga, diskon, dan cara pembayaran yang tersedia. Jangan lupa sertakan juga testimoni atau ulasan dari pelanggan yang sudah menggunakan produk atau jasa kalian.

Jika kalian membuat website portofolio, tampilkan karya-karya kalian dengan baik dan detail. Berikan deskripsi singkat mengenai setiap karya yang ditampilkan dan sertakan gambar atau video yang menunjukkan hasil akhir dari karya tersebut.

Terakhir, pastikan konten website kalian selalu up-to-date dan relevan dengan tren atau perkembangan terbaru dalam bidang atau topik yang kalian bahas. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pengunjung pada website kalian.

5. Mempublikasikan Website

Setelah kalian menyelesaikan semua tahapan pembuatan website, langkah selanjutnya adalah mempublikasikan website kalian agar bisa diakses oleh pengunjung. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mempublikasikan website kalian:

Pilihlah nama domain dan hosting website. Nama domain adalah alamat website kalian di internet, sedangkan hosting adalah tempat di mana website kalian akan disimpan dan diakses oleh pengunjung. Kalian bisa membeli nama domain dan hosting dari penyedia jasa hosting terpercaya.

Upload file website kalian ke hosting. Setelah membeli nama domain dan hosting, selanjutnya adalah mengunggah file website kalian ke dalam hosting. Caranya bisa dilakukan melalui FTP atau file manager di cPanel.

Uji website kalian. Setelah file website sudah diunggah ke hosting, uji website kalian untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Pastikan website kalian bisa diakses dari berbagai perangkat dan browser.

Promosikan website kalian. Setelah website kalian sudah online, promosikan website kalian melalui berbagai cara, seperti media sosial, blog, atau iklan online. Hal ini akan membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke website kalian.

Lakukan pemeliharaan website secara teratur. Setelah website kalian sudah online, pastikan untuk melakukan pemeliharaan website secara teratur. Lakukan backup data, update software, dan pastikan website kalian bebas dari malware atau virus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, website kalian sudah siap untuk dipublikasikan dan diakses oleh pengunjung. Pastikan untuk selalu memperbarui dan mengembangkan website kalian agar tetap menarik dan relevan bagi pengunjung.

Tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya? Ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing.

Cari semua kebutuhan konten digital hingga teknologi untuk bisnis dan pemerintah hanya di Alan Creative! Termasuk pembuatan website profesional dengan harga terjangkau!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Mengapa Website Mobile Friendly Penting?

Mengapa Website Mobile Friendly Penting?

Halo, Alan Lovers! Mengapa website mobile friendly penting di era digital saat ini? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel berikut ini. Pastikan menyimak hingga tuntas,

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative