Halo, Alan Lovers! Kamu tahu gak apa aja perbedaan PPC, PPA CPM, dan CPC? Yap, keempatnya istilah ini merupakan bagian dari digital marketing yang menggambarkan model pembayaran iklan yang ada. Untuk memahami perbedaanya, kita harus mengetahui pengertian dan contoh dari keempat model digital marketing ini.
Memangnya apa sih perbedaan PPC, PPA, CPM, dan CPC? Dilansir dari Venndy Blog, berikut beberapa perbedaan keempatnya ini.
1. PPC (Pay-per-click)
Sesuai namanya, pemilik bisnis harus membayar setiap klik yang pengguna lakukan di mesin pencari. Biasanya jenis ini digunakan untuk ke pentingan kampanye dan affiliasi.
Keuntungan menggunakan strategi pemasaran iklan ini yaitu, kamu bisa mendapatkan traffic secara cepat dan pengguna yang spesifik serta bisa dibilang hemat biaya dan pas untuk bisnis yang memiliki anggaran terbatas.
2. PPA ( Pay-per-Action)
Apabila pengguna melakukan tindakan seperti mengisi formulir, mengklik tautan dan bahkan melakukan pembelian, maka pengiklan harus membayar setiap tindakan yang pengguna lakukan.
Keunggulan dari metode ini yaitu pengiklan bisa membayar sesuai hasil yang sudah pasti artinya pengguna telah melakukan pembelian yang meningkatkan konversi. Berbeda dari PPC, yang hanya berfokus pada klik dari pengguna saja, tanpa memperdulikan aspek pengguna tersebut melakukan pembelian atau tidak.
Baca juga: Cara Membuat Iklan Digital yang Efektif dan Menarik
3. CPM (cost-per-mille)
Sederhannya, metode ini berfokus pada pembayaran iklan setiap 1000 kali tayang. CPM berfokus pada tayangan sedangkan PPC berfokus pada clik dan PPA berfokus pada tindakan. Oleh karena itu, model iklan CPM sangat cocok untuk iklan displai.
Baca juga: Mengetahui Perbedaan antara PPC dan CPM dalam Digital Ads
4. CPC (Cost-per-click)
Model ini menggunakan matriks berupa iklan yang harus dibayar berdasarkan jumlah klik. Sekilas CPC sangat mirip dengan PPC yang berfokus pada klik pengguna. Namun, CPC dan PPC memiliki konsep yang berbeda yaitu CPC berfokus pada penggambaraan biaya sedangan PPC merupakan model iklan.
So, itulah beberapa perbedaan PPC, CPM, CPC, dan PPA yang ada dalam digital marketing. Gimana, kamu tertarik coba yang mana?
Btw, buat kamu yang bingung mau baca banyak artikel secara gratis, kamu bisa banget nih berkunjung ke website Alan Creative. Di sini ada banyak sekali artikel informatif mulai dari digital marketing sampai sosial media. Yap, pas buat temenin kamu belajar seru dan kreatif. So, tunggu apa lagi besty? Buruan berkunjung sekarang, dijamin gak nyesel!