fbpx
Strategi Social Media Efektif Untuk Bisnis di Gempuran Era Digital

Strategi Social Media Efektif Untuk Bisnis di Gempuran Era Digital

Halo, Alan Lovers! Populernya social media membuat persaingan bisnis menjadi ketat. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi social media efektif agar bisnis yang Anda jalankan menjadi cuan.

Penggunaan social media sebagai lahan bisnis sudah menjadi strategi yang umum untuk digunakan di berbagai perusahan. Selain bisa menjangkau pasar lebih luas, berbisnis menggunakan social media juga dinilai lebih efektif dan efisien.

Akan tetapi, bisnis yang dijalankan menggunakan social media tanpa strategi yang tepat bisa mendatangkan kerugian daripada keuntungan.

Lantas, apa saja strategi social media yang efektif? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!

Baca Juga: Ketahui Sosial Media Manajemen yang Tepat untuk Bisnis Kamu!

Strategi Social Media Efektif Untuk Bisnis di Gempuran Era Digital
Strategi Social Media Efektif Untuk Bisnis di Gempuran Era Digital (Sumber: Unsplash)

Strategi Social Media Efekif untuk Bisnis

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah strategi yang bisa Anda gunakan untuk berbisnis melalui social media:

Strategi Social Media Efektif dengan Target Audiens yang Jelas

Hal yang pertama harus Anda lakukan ketika terjun di social media untuk berbisnis adalah menentukan target audiens. Lebih lanjut, Anda bisa menentukan target audiens berdasarkan demografi, profesi, minat, usia, dan sebagainya.

Sayangnya, masih banyak yang melewati tahap ini. Sehingga, produk atau jasa yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan audiens.

Riset Kebutuhan Audiens

Setelah Anda menemukan target audiens, langkah selanjutnya adalah melakukan riset kebutuhan audiens. Contohnya, Anda menjual produk elektronik termasuk salah satunya adalah kamera. Tentunya, kamera sangat dibutuhkan oleh audiens yang memiliki minat fotografi.

Selanjutnya, Anda bisa membuat konten terkait ‘tips-tips fotografi’ ataupun ‘kamera yang cocok digunakan untuk fotografi’. Dengan cara ini, peluang produk Anda untuk dilirik konsumen menjadi lebih tinggi.

Pantau Strategi Kompetitor

Strategi selanjutnya adalah dengan memantau strategi yang digunakan oleh kompetitor. Adapun, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menganalisis frasa kunci yang sering digunakan, apa saja konten yang belum pernah diunggah, serta siapa yang mereka targetkan.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kelemahan dan juga kelebihan dari kompetitor untuk diterapkan di bisnis yang Anda jalankan.

Berinteraksi dengan Audiens

Ketika Anda sudah berhasil menaikkan engagement melalui konten yang menarik, jangan lupa untuk berinteraksi dengan audiens. Berikan respon yang cepat terhadap komentar, pertanyaan atau umpan balik dari audiens.

Tentunya, hal tersebut dapat membantu membangun hubungan yang kuat dengan audiens serta menarik konsumen untuk melalukan repeat order.

Konten Sesuai Social Media yang Digunakan

Selanjutnya, Anda juga harus memikirikan konten yang sesuai dengan social media yang digunakan. Misalnya, Anda menggunakan Instagram sebagai lahan bisnis. Maka, buatlah konten dengan visual yang eye catching.

Sementara itu, jika Anda memprioritaskan komunikasi secara profesional dengan target bisnis, maka LinkedIn bisa menjadi pilihan yang tepat.

Evaluasi Rutin

Strategi yang terakhir adalah selalu melakukan evaluasi secara rutin. Anda bisa melakukan analisis terhadap konten produk atau jasa yang diunggah dengan melihat seberapa banyak like, comment dan share. Dengan begitu, Anda bisa menemukan jenis konten seperti apa yang cocok untuk audiens.

Alan Creative hadir untuk menjadi partner bisnis Anda melalui Sosial Media Marketing & Management. Mulai dari Rp200.000 saja, Anda sudah bisa memulai bisnis melalui media sosial dengan layanan riset hastag, ide konten, jadwal posting, voice over, hingga kebutuhan talent.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Tips Menulis Evergreen Content yang Tepat

Halo, Alan Lovers! Dalam dunia pemasaran konten, terdapat satu jenis konten yang sangat bernilai dan selalu relevan—evergreen content. Apa itu evergreen content? Ini adalah jenis

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative