fbpx
teknologi VAR

Video Challenge: Teknologi VAR yang ada di Bola Voli Sea Games 2023

Pada Sea Games 2023, ada teknologi mirip VAR (Video Assistant Referee) yang diterapkan di cabang olahraga bola voli. Teknologi ini akan membantu wasit dalam mengambil keputusan yang lebih akurat dan adil selama pertandingan. Apa itu teknologi VAR dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Teknologi VAR?

Teknologi VAR merupakan sebuah sistem bantuan wasit dalam memutuskan keputusan yang lebih akurat dan adil selama pertandingan berlangsung. Sistem ini menggunakan teknologi video yang dapat merekam setiap aksi dalam pertandingan dan menampilkannya secara langsung kepada wasit. Dengan teknologi ini, wasit dapat melihat kembali aksi yang terjadi dan memutuskan dengan lebih akurat apakah suatu keputusan yang telah diambil sebelumnya benar atau salah.

Cara Kerja Teknologi VAR

Teknologi VAR pada cabang olahraga bola voli menggunakan kamera yang dipasang di seluruh sudut lapangan. Setiap aksi yang terjadi selama pertandingan direkam dan ditampilkan secara langsung pada layar monitor yang terhubung dengan VAR. Wasit dapat melihat ulang aksi yang terjadi dengan kecepatan lambat atau bahkan dihentikan sehingga wasit dapat memutuskan dengan lebih tepat dan adil.

Contoh penggunaan teknologi ini pada bola voli adalah pada saat terjadi perdebatan apakah bola masuk atau keluar dari area permainan. Dengan teknologi ini, wasit dapat melihat ulang aksi tersebut dan memutuskan dengan lebih akurat apakah bola tersebut benar-benar masuk atau keluar dari area permainan.

Baca Juga: 4 Perbedaan Media Online yang Dibuat oleh Ahli dengan Amatiran: Panduan untuk Membedakan Kualitas Media Online

teknologi VAR
Ilustrasi Video Challenge: Teknologi VAR yang ada di Bola Voli Sea Games 2023 | Sumber: Freepik

Manfaat Teknologi VAR pada Bola Voli

Penggunaan teknologi VAR pada bola voli memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Mengurangi Kesalahan Wasit

Dengan adanya teknologi ini, wasit dapat memutuskan dengan lebih akurat dan adil. Hal ini dapat mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi dalam memutuskan keputusan di lapangan.

2. Meningkatkan Kualitas Pertandingan

Dengan wasit yang memutuskan dengan lebih tepat dan adil, kualitas pertandingan dapat meningkat. Hal ini dapat meminimalisir protes dari para pemain dan pelatih karena keputusan yang diambil wasit sudah dapat dipertanggungjawabkan secara akurat.

3. Menambah Pengalaman Penggemar

Teknologi ini juga dapat menambah pengalaman penggemar dalam menyaksikan pertandingan. Penggemar dapat melihat ulang aksi-aksi yang menarik dan memperjelas keputusan wasit dengan lebih jelas.

Penutup

Teknologi VAR pada bola voli di Sea Games 2023 merupakan sebuah inovasi yang dapat meningkatkan kualitas pertandingan dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para penggemar. Namun, teknologi ini juga masih memiliki kelemahan yang perlu diperbaiki agar dapat memberikan manfaat yang maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya konsistensi dan upaya yang berkelanjutan dalam penerapan teknologi ini di masa depan untuk memastikan keberhasilannya dalam olahraga.

Apabila kamu membutuhkan jasa pembuatan website, Alan Creative dapat menjadi solusi terbaik. Kami siap membantu membangun website yang user-friendly dan optimalkan kecepatan untuk SEO ranking. Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan websitemu bersama kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

ROI facebook ads

Tips Meningkatkan ROI di Facebook Ads

Hi Alan Lovers, Facebook Ads adalah salah satu alat pemasaran digital yang paling efektif dan populer yang digunakan oleh bisnis untuk menjangkau calon pelanggan. Namun,

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative