fbpx
Visual Konten | Source pict: unsplash

Iklanmu Dilewatin? Bisa Jadi Visual Kurang Menarik!

Halo, Alan Lovers! Pernah enggak sih kamu habis bikin iklan, udah jalan di Instagram atau TikTok, tapi impresinya kecil dan engagement nya nyaris nol? Padahal, copy udah bagus, diskon udah gede. Nah, mungkin masalahnya bukan di kata-kata, tapi di visualnya!

Di era scroll cepat seperti sekarang, visual adalah garda terdepan. Kalau tampilan iklan kamu nggak menarik dari detik pertama, orang bakal langsung skip gitu aja.

Baca ini: Intip Penggunaan Visual Storytelling dalam Konten Media Sosial

Kenapa Visual Penting dalam Iklan?

Content | Source pict: Freepik
  • Visual adalah “hook” pertama, tau enggak sih kalau otak manusia itu memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Dalam waktu kurang dari 3 detik, audiens yang melihat iklan kita, mereka akan memutuskan untuk lanjut lihat atau skip.
  • Persaingan di feed sangat ketat, Setiap hari orang terpapar ratusan konten. Pastinya dong bikin lelah, nah visual yang datar atau generik akan tenggelam di antara keramaian dari konten atau iklan yang visualnya lebih mantap.
  • Emosi bisa ditangkap dari visual, kamu juga harus tau bahwa warna, ekspresi wajah, gerakan, bahkan font bisa membangun emosi seperti senang, lapar, penasaran, takut kehilangan, dll.

Ciri-ciri Visual Iklan Tidak Menarik

  • Desain yang terlalu ramai atau malah terlalu kosong.
  • Warna tidak kontras, membaur dengan background.
  • Tidak ada fokus utama (objek atau pesan utama tenggelam).
  • Terlalu banyak teks dalam satu frame.
  • Gambar buram atau kualitas rendah.
  • Tidak sesuai dengan target audiens (contoh: produk anak muda tapi desainnya kaku).

Lalu, Gimana Sih Bikin Visual Iklan yang menarik?

Visual Storytelling
Visual Storytelling | Source pict: Freepik
  1. Gunakan warna yang kontras dan cerah. Punya warna yang unik dan udah sesuai branding bisnis kamu? Terapkan semuanya karenaa pemilihan palet warna yang bagus bikin visual konten makin standout dan menarik.
  2. Pastikan ada fokus utama. Tampilkan produk dan pesan call to action yang jelas, jangan semua elemen minta perhatian.
  3. Optimalkan untuk mobile first. Mayoritas orang-oramg itu ngelihat iklan di ponsel jadi sesuaikan dari segi ukuran rasio, fontnya, dan elemennya.
  4. Gunakan visual yang relevan dan berkualitas. Kalau bisa nih pakai art/ilustrasi yang benar-benar mewakili branding bisnis kamu, hindari foto yang generik karena itu kurang menarik.
  5. Tambahkan elemen gerak. Gerakan kecil pada elemen, font, zoom bisa banget bikin yang nonton iklan bertahan lama.

Nah, dari penjelasan di atas sekarang kalian sudah tahu dong ciri-ciri visual iklan yang kurang menarik serta tips bikin visual iklan yang menarik. Mulai sekarnag coba buat iklan gambar atau iklan video yang lebih menarik lagi dari segi visual.

Buat kamu yang mempunyai bisnis, tapi bingung nih karena enggak punya skill mengedit yang oke. Tenang aja, ada Alan Creative yang bisa banget ngebantu kamu dari pembuatan konten, pembuatan desain visual yang menarik, hingga stratetgi marketingnya juga, lho! Komplit! 3 in 1 dan itu semua ada di Alan Creative.

Tunggu Apalagi? Yuk, segera hubungi Alan Creative sekarang juga!.

Baca juga: Intip Penggunaan Visual Storytelling dalam konten Media Sosial

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi dengan Expert Alan Creative biar OMZETmu meroket!!!

Konsultasi sekarang bersama Alan Creative mengenai pembuatan website agar omzetmu meroket.