fbpx
long tail keyword

Long Tail Keyword: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya bagi SEO

Hi Alan Lovers, Penggunaan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis online. Salah satu kunci dalam penggunaan teknik SEO yang efektif adalah dengan menggunakan kata kunci (keyword) yang tepat.

Terdapat dua jenis kata kunci dalam SEO yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Seberapa pentingkah LTK terhadap SEO.

Apa itu Long Tail Keyword?

Long tail keyword merupakan kata kunci (keyword) yang terdiri dari tiga atau lebih kata yang spesifik dan terperinci. Sedangkan, short tail keyword terdiri dari satu atau dua kata yang umum dan lebih populer. 

Dalam SEO, penggunaan long tail keyword dianggap lebih efektif karena kata kunci tersebut lebih spesifik. Target audiens yang lebih terarah, sehingga dapat menghasilkan lalu lintas yang lebih tinggi ke situs web dan juga dapat menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

Dalam perbandingan antara long tail keyword dengan short tail keyword. Short tail keyword lebih umum dan bersaing ketat dengan banyak situs web, sehingga lebih sulit untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari. Sedangkan long tail keyword cenderung memiliki persaingan yang lebih rendah dan dapat menjangkau audiens yang lebih tepat sasaran.

Meskipun jumlah pengguna yang mencari kata kunci panjang mungkin lebih rendah, tetapi pengguna tersebut lebih cenderung untuk melakukan tindakan konversi karena kata kunci yang digunakan lebih spesifik dan terarah pada tujuan mereka.

Mengapa Long Tail Keyword Penting untuk SEO?

Penggunaan long tail keyword sangat penting dalam teknik SEO. Ini memberikan beberapa keuntungan dalam meningkatkan visibilitas dan performa situs web pada mesin pencari. Beberapa keuntungan menggunakan kata kunci panjang dalam teknik SEO antara lain:

  • Lebih Spesifik: kata kunci panjang lebih spesifik dan terperinci, sehingga dapat menjangkau target audiens yang lebih terarah dan spesifik, yang lebih mungkin untuk melakukan tindakan konversi.
  • Persaingan Lebih Rendah: Karena kata kunci panjang lebih spesifik, persaingan pada kata kunci tersebut cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kata kunci pendek, sehingga lebih mudah untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari.
  • Lebih Terarah: LTK dapat membantu mengarahkan lalu lintas pengguna yang lebih terarah pada halaman situs web yang relevan dengan topik yang dicari, sehingga meningkatkan peluang konversi.

Contoh Penggunaan Kata Kunci Panjang

Berikut beberapa contoh LTK untuk beberapa industri tertentu:

  • Industri Fashion: “Baju pesta wanita lengan panjang“, “Sepatu olahraga Adidas ukuran 42“, “Tas selempang kulit pria warna hitam
  • Industri Kesehatan: “Obat herbal untuk sakit kepala migrain“, “Suplemen untuk menurunkan kolesterol tinggi“, “Latihan pernapasan untuk asma
  • Industri Travel: “Paket liburan Bali murah bulan November“, “Hotel di Paris dengan view menakjubkan“, “Tiket pesawat ke New York harga promo

Untuk menemukan kata kunci panjang yang tepat, pertama-tama lakukan riset kata kunci dengan menggunakan alat bantu seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, atau Semrush. Kemudian fokus pada kata kunci yang lebih spesifik dan terperinci yang terkait dengan industri atau niche bisnis kamu.

Analisis pesaing kamu dan cari tahu kata kunci yang digunakan pada situs web mereka. Selanjutnya, gunakan kata kunci tersebut pada judul, deskripsi, dan konten situs web kamu untuk meningkatkan performa SEO.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan SEO WordPress Untuk Website

long tail keyword
Ilustrasi Mencari Long Tail Keyword | Sumber: Freepik

Bagaimana Menggunakan Long Tail Keyword dalam Strategi SEO”

Untuk menggunakan LTK dalam strategi SEO, ada beberapa taktik yang dapat diterapkan:

  • Integrasi LTK dalam konten: Gunakan kata kunci panjang secara alami dalam konten, seperti dalam judul, subjudul, paragraf, dan tag gambar. Namun, pastikan untuk tidak melakukan spamming dengan menggunakan kata kunci berlebihan yang dapat merusak kualitas konten.
  • Optimalisasi LTK pada Meta Deskripsi dan Title Tag: Meta deskripsi dan title tag pada halaman situs web harus mengandung kata kunci panjang yang relevan dengan halaman tersebut. Hal ini akan membantu mesin pencari memahami konten halaman dan meningkatkan kemungkinan halaman tersebut muncul pada hasil pencarian yang relevan.
  • Menjalankan kampanye PPC menggunakan LTK: Kampanye PPC dapat menjadi strategi yang efektif untuk mempromosikan situs web menggunakan kata kunci panjang. Pastikan untuk memilih kata kunci yang relevan dan spesifik, dan menargetkan audiens yang sesuai dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Simpulan

Dengan penggunaan long tail keyword yang tepat, bisnis online dapat memperoleh traffic yang lebih banyak dan kualitas serta meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi bisnis online untuk memperhatikan pentingnya penggunaan LTK untuk memaksimalkan potensi situs web dan meningkatkan keberhasilan bisnis online.

Melalui layanan profesional tentunya dapat mempermudah untuk meningkatkan SEO website. Kami menyediakan layanan jasa pembuatan website terbaik khusus untuk kamu dengan biaya terjangkau. Hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website bisnis kamu disini.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

seo-on-page

Apa Itu SEO On Page? Penting Untuk Website!

Halo Alan Lovers, bagaimana peringkat website Anda hari ini? Pemeringkatan website membuat para pebisnis berpotensi mendapatkan traffic tinggi dan transaksi yang melimpah. Untuk itu, Anda

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative