fbpx
react native paper

React Native Paper – Komponen Desain Material UI untuk Aplikasi React Native

Hi Alan Lovers, React Native telah menjadi pilihan populer dalam pengembangan aplikasi seluler. Namun, menghasilkan aplikasi yang menarik secara visual, tidak selalu mudah dilakukan dengan React Native. Solusi untuk masalah ini adalah React Native Paper, sebuah library komponen desain Material UI untuk aplikasi React Native.

Untuk itu, kita akan bahas lebih lanjut tentang library ini dan bagaimana mengimplementasikannya dengan menggunakan Hook.

Apa itu React Native Paper?

React Native Paper adalah library open-source yang menyediakan komponen desain Material UI yang siap pakai untuk aplikasi React Native. Library ini dikembangkan oleh tim dari Callstack.io, yang juga merupakan kontributor utama dalam pengembangan React Native.

Dengan React Native Paper, pengembang aplikasi tidak perlu menghabiskan waktu dan energi untuk membuat komponen desain mereka sendiri, yang memerlukan banyak pekerjaan dan pengujian. Sebagai gantinya, mereka dapat dengan mudah menggunakan komponen siap pakai yang telah diuji dan diuji coba secara menyeluruh untuk mempercepat pengembangan aplikasi.

Fitur Library ini

Library open-source ini menyediakan berbagai macam komponen desain Material UI, termasuk tombol, input teks, ikon, menu, dan banyak lagi. Semua komponen ini dirancang dengan baik dan dapat disesuaikan dengan mudah dengan tema aplikasi kamu.

Selain itu, library ini juga menyediakan dukungan untuk animasi, sehingga aplikasi kamu dapat menjadi lebih menarik secara visual. Ada juga dokumentasi yang lengkap dan mudah diikuti, serta demo aplikasi yang dapat diakses secara online.

Menggunakan Hook

Dalam React, Hook adalah fungsi khusus yang memungkinkan kita untuk menggunakan state dan fitur React lainnya tanpa harus menggunakan kelas. Dalam pengembangan React Native, Hook sangat membantu untuk membuat kode lebih bersih dan mudah dibaca.

Untuk menggunakan library open-source dengan Hook, pertama-tama kita perlu menginstal library dengan menjalankan perintah:

Bash

npm install react-native-paper

Setelah itu, kita dapat mengimpor komponen yang ingin kita gunakan dan menggunakannya dengan Hook. Contoh penggunaan Hook untuk membuat tombol dengan framework UI ini adalah sebagai berikut:

Javascript

import React from ‘react’;
import { Button } from ‘react-native-paper’;

const MyButton = () => {
  const [loading, setLoading] = React.useState(false);
  const onPress = () => {
    setLoading(true);
    // lakukan tindakan yang diperlukan
  };
  return (
    <Button mode=”contained” onPress={onPress} loading={loading}>
      Klik Saya
    </Button>
  );
};

export default MyButton;

Dalam contoh ini, kita menggunakan Hook useState untuk mengatur state loading, yang menunjukkan apakah tombol sedang dalam proses memuat. Kemudian, ketika tombol ditekan, kita mengatur state loading menjadi true dan melakukan tindakan yang diperlukan, seperti mengambil data dari server atau memperbarui data di aplikasi.

Baca Juga: Apa itu MariaDB?

Keuntungan Menggunakan Library ini untuk Aplikasi

Ada beberapa keuntungan yang dapat kamu dapatkan dengan menggunakan React Native Paper untuk aplikasi kamu, di antaranya:

Komponen yang siap pakai

Library open-source menyediakan banyak komponen siap pakai yang memungkinkan kamu untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan cepat dan mudah. kamu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk merancang tata letak dan desain dari awal, karena React Native Paper telah menyediakan berbagai macam komponen yang dapat kamu gunakan.

Mudah digunakan

React Native Paper sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Kode yang digunakan sangat intuitif dan mudah dipahami, sehingga kamu dapat dengan mudah mengedit dan menyesuaikan kode yang ada sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pengembangan cepat

Dengan menggunakan library ini, kamu dapat mengembangkan aplikasi mobile dengan cepat dan efisien. kamu tidak perlu membuang waktu dan sumber daya untuk mengembangkan kode dari awal karena banyak komponen yang telah tersedia.

Mudah disesuaikan

Aplikasi ini sangat fleksibel dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan kamu. kamu dapat dengan mudah mengubah gaya, warna, dan tampilan dari komponen yang ada, sehingga kamu dapat membuat aplikasi mobile yang unik dan menarik.

Terintegrasi dengan React Native

Library ini terintegrasi dengan baik dengan React Native, sehingga kamu dapat menggunakan semua fitur dan kemampuan React Native di dalam aplikasi mobile kamu. Ini memudahkan kamu untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan cepat dan efisien, tanpa harus belajar bahasa pemrograman baru.

Cara Kustomisasi Komponen React Native Paper

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengkustomisasi komponen React Native Paper untuk membuat aplikasi kamu terlihat lebih profesional dan khas:

Ganti Warna Tema

Salah satu cara termudah untuk membuat aplikasi kamu terlihat unik adalah dengan mengubah warna tema. Library ini memiliki beberapa tema bawaan yang dapat digunakan, namun kamu dapat membuat tema kustom dengan mudah menggunakan properti ‘theme’ pada komponen. kamu dapat menentukan warna primer, warna sekunder, dan warna teks kamu sendiri untuk mencocokkan dengan merek atau tema aplikasi kamu.

Modifikasi Font

Memilih jenis huruf yang tepat adalah bagian penting dalam desain aplikasi. Jadi, jika font bawaan di React Native Paper tidak cukup, kamu dapat dengan mudah menambahkan jenis huruf kustom kamu sendiri ke dalam aplikasi. kamu dapat menggunakan Google Fonts atau jenis huruf lain yang telah kamu buat sendiri.

Gunakan Gaya Tambahan

kamu juga dapat menambahkan gaya tambahan ke komponen library ini untuk membuatnya lebih unik. kamu dapat menambahkan padding, margin, border, dan efek bayangan ke komponen dengan mudah menggunakan CSS atau properti gaya bawaan React Native.

Kustomisasi ikon

Jika kamu ingin menambahkan ikon kustom ke aplikasi kamu, maka kamu dapat menggunakan React Native Vector Icons atau Font Awesome. Kedua paket ini memiliki banyak ikon yang dapat digunakan, atau kamu dapat membuat ikon kamu sendiri dan menambahkannya ke dalam aplikasi kamu.

Buat komponen kustom kamu sendiri

Jika komponen bawaan di React Native Paper tidak cukup untuk kebutuhan kamu, maka kamu dapat membuat komponen kustom kamu sendiri. Ini mungkin terlihat sulit, namun library ini memiliki banyak contoh komponen yang dapat kamu gunakan sebagai dasar untuk membuat komponen kamu sendiri.

Baca Juga: Apa itu Laravel dan Mengapa Kamu Harus Menggunakannya

react native paper
Ilustrasi React Native Paper – Komponen Desain Material UI untuk Aplikasi React Native | Sumber: Vecteezy

Perusahaan di Indonesia yang Menggunakan React Native Paper

React Native Paper adalah salah satu framework UI yang populer digunakan oleh para developer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dengan kelebihannya yang mudah digunakan dan memiliki banyak komponen yang siap pakai, tidak heran jika banyak perusahaan di Indonesia memilih library ini sebagai pilihan mereka untuk mengembangkan aplikasi mobile.

Tokopedia

Salah satu perusahaan di Indonesia yang menggunakan React Native Paper adalah Tokopedia, perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Dalam aplikasi Tokopedia, library ini digunakan untuk mengembangkan tampilan dan fungsionalitas pada bagian-bagian tertentu. Selain Tokopedia, Bukalapak juga menggunakan library ini dalam aplikasi mobile mereka. Framework ini memudahkan pengembang untuk membuat desain yang menarik dan responsif untuk pengguna aplikasi Bukalapak.

Shopee

Selain itu, Shopee, perusahaan e-commerce asal Singapura yang memiliki cabang di Indonesia juga menggunakan React Native Paper dalam aplikasi mobile mereka. Dengan menggunakan framework ini, pengembang Shopee dapat membuat tampilan aplikasi yang konsisten dan mudah digunakan oleh pengguna.

Traveloka

Tidak hanya perusahaan e-commerce, perusahaan-perusahaan startup di Indonesia juga banyak yang menggunakan React Native Paper dalam pengembangan aplikasi mobile mereka. Sebagai contoh, Traveloka, perusahaan yang menyediakan layanan perjalanan online, menggunakan framework ini untuk mengembangkan aplikasi mobile mereka.

Dengan banyaknya perusahaan di Indonesia yang menggunakan React Native Paper, dapat dikatakan bahwa framework ini menjadi salah satu pilihan populer bagi para pengembang aplikasi mobile di Indonesia. Dengan kemudahan penggunaannya, banyaknya komponen yang tersedia, dan kemampuan untuk membuat desain yang menarik, tidak heran jika library ini menjadi pilihan yang tepat bagi banyak perusahaan di Indonesia.

Kesimpulan

React Native Paper adalah pilihan yang sangat baik untuk mengembangkan aplikasi React Native yang menarik dan profesional. Dengan menyediakan komponen desain Material UI yang siap pakai dan mudah disesuaikan, pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat dan efisien. Namun, pengembang aplikasi tetap perlu memperhatikan desain secara keseluruhan untuk menciptakan aplikasi yang sukses dan menarik secara visual.

Tertarik untuk pengembangan website anti ribet? Yuk percayakan saja pada layanan web development dari Alan Creative. Kamu bisa tanya-tanya dulu jika masih merasa ragu. Hubungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan informasi selengkapnya dan juga promo menarik dari kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Dampak Artificial Intelligence

Halo, Alan Lovers! Artificial Intelligence merupakan hal yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Banyak aspek kehidupan yang menggunakan Artificial Intelligence sebagai support system atau bahkan substitusi.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative